Apa yang Harus dilakukan di Saigon, Vietnam

Saigon bisa juga dibilang Ho Chi Minh City, walaupun kebanyakan orang lokal lebih sering menyebutkannya sebagai Saigon. Tempat ini penuh dengan hiruk pikuk kota dan pusat bisnis. Mirip lah sama Jakarta. Gue kira ini adalah Ibu Kota nya Vietnam, ternyata eng ing eng, ibukota nya adalah Hanoi. Sebuah kota gemas di utara Vietnam

 

Hal yang perlu kalian ketahui sebelum berkunjung ke Ho Chi Minh (Saigon)

  1. Tentukan dulu kalian mau yang ajojing, atau silent person. Kalau yang kedua, walaupun nih backpacker street itu murah bianget, plis hindarin nginep disana. Buset men, lo baru bisa tidur kalau udah pukul 4 pagi
  2. Jalan kaki is a must! Transportasi mudah banget sih, naik bis kemana-mana murah udah kayak naik metromini di Jakarta, tapi di pusat kota nya ini mau ke tempat-tempat turistik tuh serba dekat. Jadi jalan kaki aja ye kan
  3. Kamu mageran banget anaknya? Okelah ada hal yang  waw di Kota Saigon yaitu, ada grab bike. Kemageran mu akan segera teratasi, plus nya kamu nggak pelu panik kalau tersesat, babang grab akan siap sedia menjemputmu.
  4. Siapkan uang belanja! Yakin deh, asli bisa bahagia kalo mau shopping disini. Murce murce gitu, mulai dari produk lokal sampai yang brand internasional.

wisata saigon

Kalau punya waktu berlebih, coba untuk mengunjungi beberapa tempat disekitarnya, yaitu…..

  1. Muei : Nah ini adalah tempat padang pasir yang luas banget. Mirip lah sama gumuk pasir di parangtritis dengan versi lebih huge.
  2. Road Trip ke Hanoi : Gue merasa merugi, ke vietnam tapi melewatkan perjalanan darat ke Hanoi. Syedih men, itu kedengerannya seru banget, dan emang seru sih -kata para traveller lainnya.
  3. Cross Border ke Cambodia : Saigon itu deket banget sama Cambodia, daripada naik pesawat mending cobain lewat darat. Walaupun Pe-er banget di imigrasi nya tapi apa salahnya kan mencoba pengalaman berbeda? Anyway, bisa juga loh nyebrang via laut naik kapal.

Living Cost di Saigon

Mata uang Vietnam adalah Dong, dengan 1 dong = Rp 0.59. Jadi untuk kalian yang ingin travelling ke luar negeri yang lebih murah datanglah ke vietnam. Walaupun nggak langsung jadi kaya raya, tapi kalian bisa lebih makmur dikit disini, jadi turis serasa warga lokal.

Penginapan juga banyak banget, apalagi di backpacker street  (district one), budget hostel mulai dari USD 5 atau Rp 65.000, mungkin kalau kalian beruntung bisa dapet yang dibawah itu.

10199

Perjalanan kali ini merupakan serial dari perjalanaan keliling ASEAN, untuk itinerary nya bisa kalian baca disini. Jadilah yang pertama baca cerita gue saat publish, masukkan email kalian di kolom “subscribe atuh” di sidebar kanan.

Tempat yang Wajib dikunjungi di Saigon

  • Pos Office

Kebanyakan dari wisata yang gue kunjungi (dan juga direkomendasin oleh blogger lain) adalah wisata arsitektur nya Kota Saigon. Memang jelas negara bekas jajahan Perancis ini kental banget arsitektur nya, jadi keinget Kota Tua di Jakarta. Bangunan ini didesain dengan gaya arsitektur gothic, pas masuk ruanganya beuh berasa lagi di Eropa -padahal belum pernah ke Eropa.

Seperti post office pada umumnya, bangunan ini kegiatan utamanya adalah surat menyurat dan mengirim barang. Nah karena banyak dikunjungi turis, di koridor depannya bisa ditemukan etalase yang menjualkan oleh-oleh atau merchandise khas vietnam

  • Notre Dame Cathedral

Salah satu tempat wisata di Vietnam ini emang cantik banget, apalagi kamu yang cinta banget sama arsitektur. Gue nggak tau sih didalemnya gimana, soalnya waktu itu lagi dipake ada acara gitu. Nah lokasinya ini dekat banget sama Post Office tadi, tepat di depannya persis.

  • Saigon Opera House

Enggak cuman sydney nih yang punya Opera House, di Saigon juga ada Opera House dengan bentuk arsitektur yang menggemaykan sekali. Sayangnya gue berkunjung saat hari sudah gelap. Kamera HP alakadarnya kurang bisa mengabadikan gambar yang ciamik, pas besok siangnya berminat kesini lagi eh malah nyasar. Alamak.

  • Ho Chi Minh City Hall

Selama hilir mudik di Kta Saigon, gue udah beberapa kali melewati tempat ini, tapi nggak mampir. Sampai akhirnya, pada suatu malam yang indah gue diajak kesini sama Host CS gue. Bagi gue, ini semacam monas nya Kota Saigon sih, landmark nya kota ini banget.

Ternyata, Ho Chi Minh City Hall ini lebih indah saat malam hari, cahayanya bikin romantis, ditambah ada air mancur yang tiba-tiba aja nongol dari tempat gue berpijak. Andai kata gue bawa pasangan, bisa lari-larian sambil joget nih muter muterin air mancur ala-ala lalala land.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik lainnya yang bisa kalian kunjungi, mulai dari wisata sejarah kayak ke chu chi tunnel, wisata arsitektur, atau sekedar wisata santai ke taman-taman kota yang ‘berserakan’ dimana-mana. Sekali lagi, kalian emang harus menentukan sih mau ngapain dulu di Kota Saigon, karena emang banyak banget yang bisa dilakukan.

P1080822

Kalau kamu nggak mau ribet dengan segala transportasi umum dan beli tiket masuk masing-masing tempat, kamu bisa ikutan paket tour vietnam yang banyak dijajakan di hostel atau travel agen sepanjang jalan. Nah rekomendasi travel agen versi gue adalah Sinh Tour. Nanti gue akan menjelaskan lebih lanjut tentang pengalaman gue menggunakan travel agen ini di artikel selanjutnya.

Jadi gimana? udah siap wisata ke Vietnam?

 

6 Comments

  1. Iskan June 16, 2017
  2. Rahmi June 18, 2017
    • insalamina June 23, 2017
  3. Aliando Syarief June 29, 2017
    • insalamina July 1, 2017
  4. Sandra July 1, 2017

Leave a Reply