Budget Travelling ke Penang 4 Hari 3 Malam ala Kelas Menengah

Lucu juga ya, judulnya ada embel-embel kelas menengah nya. Mau dibilang liburan ke Penang ala backpacker tapi ya kok nggak ngerasa backpacker banget juga, apalagi dibilang liburan ala sultan. Jauuuh.

Trip ini terjadi dalam rangka menemani seorang teman yang belum pernah ke Luar negeri. Kenapa Penang? Entah lah request dari sang teman saja. Kebetulan gue juga belum pernah menginjakkan kaki di Penang.

Artikel kali ini akan ngebahas hal yang paling sensitive. DUIT. ehe. Berapa sih total pengeluaran selama jalan-jalan di Penang selama 4 hari 3 malam? Yuk cuss Mari

1. Tiket Pesawat Full Service Jakarta – Penang

Tentu saja pencarian harga tiket pesawat murah Jakarta – Penang menjadi fokus utama dalam liburan ke Penang kali ini, secara tiket pesawat menghabiskan mayoritas budget liburan.

Sejak tahun 2018, maskapai Citilink membuka rute baru yaitu Jakarta – Penang dengan fasilitas bagasi dan makanan. Dengan pertimbangan tersebut, kami memilih maskapai Citilink.

Gue dan teman-teman lainnya melakukan berbagai pencarian melalui beberapa Online Travel Agent (OTA) dengan segala promo nya. Akhirnya gue menemukan yang paling murah yaitu melalui website resmi Citilink.

Kata siapa kalau OTA selalu lebih murah dari web resmi? hehe

Tips nya adalah daftar menjadi member di website Citilink sehingga mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Jika tidak login member, kalian akan mendapatkan harga yang nggak beda jauh sama harga OTA, bahkan bisa lebih murah OTA karena ada promo.

Harga tiket pesawat Jakarta – Penang PP Rp. 1.495.000/orang. Menurut gue sudah termurah dikelas nya dengan fasilitas full service. Psst, lebih murah dibanding maskapai LCC lain yang tidak dapat makanan.

2. Budget Penginapan Nyaman via AirBnB di Penang

Seperti yang udah gue jelasin di beberapa artikel sebelumnya, setiap gue travelling ke luar negeri sudah bisa dijamin akan menjadikan AirBnB sebagai salah satu pilihan untuk tinggal. Terutama jika travelling minimal bersama 2 orang lainnya.

Gue memilih stay di Apartemen Taman Kristal. Biaya yang dibutuhkan untuk menginap 4 hari 3 malam dengan jumlah 3 orang adalah $931 atau setara dengan Rp 1.350.000. Berarti tiap orang dikenakan Rp 450.000 untuk 4 hari 3 malam.

Terbilang murah bukan?

Fasilitas yang gue dapat adalah master bedroom dengan 2 kasur, kamar mandi private, ruang tamu bersama, kitchen dan fasilitas mesin cuci. Untungnya tidak ada tamu lain saat gue stay di sana sehingga satu unit apartment serasa milik sendiri.

3. Biaya Living Cost di Penang (Makan, Simcard dan Transportasi)

Nah untuk living cost ini memang agak tricky, bisa dibikin murah tapi gak jarang jadi jebol dari rencana awal.

Selama di Penang kemarin gue menghabiskan RM 102 atau setara Rp 353.619 untuk makan. Kisaran sekali makan antara RM 6.5 – RM 16 atau sekitar Rp 23.000 – Rp 55.300/orang.

Simcard sudah menjadi bagian dari biaya kehidupan dimanapun kita berada. Sebenarnya untuk mendapatkan simcard yang murah bisa didapatkan di seven eleven maupun mall/toko di kota. Namun, demi bisa pesan transportasi online dan tetap terhubung tanpa ribet. Maka gue memilih membeli simcard di Airport.

Terdapat 3 provider yang tersedia, yaitu Digi, Hotlink Maxis dan Celcom. Provider Digi memiliki tarif termahal yaitu RM 40, sedangkan Hotlink Maxis RM 26, dan celcom RM 25. Semua tarif untuk layanan selama 7 hari tentu saja dengan quota dan penawaran yang berbeda.

Berdasarkan pengalaman selama tinggal di Malaysia, gue memilih untuk menggunakan provider Hotlink Maxis yang sudah terjamin jangkauan sinyal nya.

Harga yang ditawarkan cukup menarik, setara Rp 89.830 untuk internet 10 GB selama 7 hari dengan fasilitas whatsapp, instgram, facebook unlimited.

Biaya transportasi di Penang hampir saja terlupakan saat merencanakan jumlah budget untuk travelling. Mikirnya aah paling nggak seberapa, aah udah lah banyakin jalan kaki saja.

Nyatanya pengeluaran terbanyak kedua selama liburan di Penang adalah transportasi!

Grab vs Mula

Total transportasi RM 57 atau setara dengan Rp 197.281/orang. Ingat, itu per orang, dan gue travelling ke Penang bertiga. Jadi kalau liburan sendirian dan ingin menggunakan transportasi online silahkan dikalikan 3 ya!

Tahukah kamu, semua harga di atas adalah harga promo. Secara gue anaknya promo abis, gue rela instal dan daftar2 jadi member baru demi mendapatkan promo hehe.

Setelah browsing sana-sini, akhirnya gue menemukan ada transportasi online bernama MULA di Penang. Mungkin karena masih dalam masa promo, mereka memberikan voucher diskon senilai RM 3 untuk 6 trip pertama. Setelah voucher nya habis, gue daftarin dengan akun baru deh biar dapet voucher lagi hehehe.

3. Biaya Masuk Attraction Penang

Jalan-jalan tanpa masuk ke berbagai wahana liburan memang gak afdol rasanya. Tapi, justru memasuki wahana liburan ini lah sumber jebol nya biaya travelling. Nggak domestik nggak internasional sama-sama bikin kantong menjerit.

Untungnya gue punya sedikit tips untuk bisa sedikit lebih hemat di part ini. Manfaatkan lah OTA yang juga menjual tiket rekreasi. Contohnya saja saat gue ke Entopia Butterfly Farm, harga aslinya kalau beli on the spot adalah RM 60 (Rp 207.300) untuk mancanegara. Sedangkan di Traveloka, tiket Entopia dijual seharga Rp 174.134.

Namun tetap kita tidak bisa menutup kemungkinan bahwa tiket on the spot bisa lebih murah dibanding tiket yang dijual OTA. Contohnya saat berkunjung ke Penang Hill.

Harga Kereta wisata nya 2 way RM 30 (Rp 103.650) sedangkan di OTA seharga Rp 154.776. Lumayan banget kan beda nya? Coba semua udah beli di OTA lalu tau harga on the spot nya lebih murah, ya agak agak nyesek gimana gitu lah.

Selain kedua tempat tersebut gue jugamengunjungi tempat wisata lain yang bisa dilihat lengkapnya di artikel wisata ke Penang. Total biaya untuk tiket atraksi sebesar Rp 305.424

5. Biaya Tak Terduga dan Oleh-oleh

Bukan menjadi kewajiban untuk digunakan namun menjadi keharusan untuk disediakan. Sama hukum nya dengan dana darurat dalam kehidupan.

Nah untuk part oleh-oleh gue rahasia in aaah jumlah yg gue keluarkan wkwkkwkw. Biar saja menjadi rahasia illahi. Cegitu.

Pada dasarnya kebutuhan membelanjakan uang untuk oleh-oleh sangatlah berbeda setiap individu. Ada yang temannya banyak, keluarga nya banyak, fans nya banyak dan merasa memiliki keharusan untuk membawakan sesuatu sehingga budget membengkak. Ada juga yang walaupun punya temen kurang ajar kerjaanya minta oleh-oleh doang tapi bodo amat sama nyinyiran jadi gak beli apa-apa.

Kalau lo kira-kira masuk kategori yang mana nih?

Total Pengeluaran Travelling 4 Hari di Penang

Setelah keseluruhannya ditotal maka budget travelling ke Penang, Malaysia yang dibutuhkan sebesar Rp. 3.037.647,75 tanpa oleh-oleh.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk kalian yang sedang menyiapkan budget liburan ke Penang. Silahkan dishare ke teman-teman yang ingin dimodusin buat liburan bareng.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.