Tips Jitu Memilih Headset dan Earphone Tanpa Harus Terpaku oleh Merek

Memilih headset dan earphone terbaik seringkali dikaitkan dengan merek-merek tertentu. Padahal inti dari memilih headset dan earphone ada pada kualitas dari audio yang dihasilkan. Sedangkan untuk pertimbangan yang lain bisa meliputi desain, kenyamanan atau fungsionalitas khusus. Memang ada kalanya sebuah merek terkenal karena memiliki reputasi bagus dalam menghasilkan headset dan earphone yang berkualitas. Namun tidak jarang, merek-merek terkenal ini memiliki harga headphone dan harga earphone yang cukup tinggi dan tidak terjangkau oleh sebagian kalangan.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips jitu yang dirangkum dari pengalaman para “audiophile” buat kamu yang ingin punya headset dan earphone terbaik tanpa harus terpaku oleh merek.

Menentukan Jenis dan Fungsi

Headphone dan earphone hari ini terbagi ke dalam beberapa jenis dan fitur. Perbedaan jenis dan fitur ini yang nantinya akan mempengaruhi harga headphone dan earphone secara umum. Secara umum headphone dan earphone hari ini terbagi menjadi dua jenis yaitu yang masih menggunakan kabel dan yang sudah wireless. Sedangkan dari dua jenis ini, masih terbagi lagi ke dalam beberapa kategori berdasarkan fungsinya.

Seperti misalnya headphone, sebagian orang menggunakan headphone hanya untuk mendengarkan audio seperti podcast atau untuk mendengarkan audio dengan suara yang tidak keluar kemana-mana karena menggunakan speaker. Namun ada juga orang yang menggunakan headphone dengan fitur tambahan seperti microphone. Ini biasanya dilakukan oleh orang-orang untuk melakukan aktivitas semisal video conference atau ketika bermain game online secara multiplayer.

Berbeda dengan headphone, earphone juga terkadang memiliki fungsionalitas sendiri. Sebagian orang suka menggunakan earphone ketika sedang berolahraga. Untuk itu, earphone yang memiliki ergonomis khusus dan tidak banyak menghalangi gerakan akan menjadi pilihan favorit. Sebagian orang lagi suka dengan earphone yang mudah dibawa kemana-mana. Earphone memiliki ukuran yang jauh lebih kecil daripada headphone sehingga lebih praktis karena bisa dimasukkan kedalam kantong baju atau saku celana. Dari sini, menentukan jenis dan fungsi menjadi hal pertama yang penting untuk dilakukan sebelum masuk ke tips selanjutnya.

Menetapkan Anggaran

Setelah menentukan jenis dan fungsi dari headphone atau earphone yang akan dipilih, langkah selanjutnya adalah menetapkan anggaran untuk membeli. Hal ini karena harga headphone dan earphone bisa sangat bervariasi tergantung dari banyak hal. Mulai dari faktor kualitas audio, fungsionalitas, desain dan fitur-fitur tambahan lainnya bisa sangat mempengaruhi harga. Tentunya, ada kalanya merek juga menjadi faktor yang bisa mempengaruhi harga walaupun sebenarnya kualitas ini tidak mutlak dipengaruhi oleh merek.

Variasi harga ini bisa berkisar dari yang paling murah di rentang harga puluhan ribu rupiah hingga yang paling mahal bisa mencapai harga jutaan rupiah. Sehingga menetapkan anggaran akan menjadi hal penting agar tidak salah ketika membeli. Baik membeli yang terlalu murah sehingga mendapatkan barang yang kualitasnya di bawah harapan atau membeli yang terlalu mahal ketika sebenarnya ada alternatif lain yang lebih terjangkau.

Mencari Ulasan

Sebenarnya, cara terbaik untuk mengulas kualitas dari headphone dan earphone adalah dengan mencoba sendiri. Namun ada kalanya seseorang tidak bisa mencoba kecuali dengan membeli. Oleh karena itu, mencari ulasan adalah jalan alternatif yang bisa dilakukan ketika tidak bisa mencoba sendiri. Hal penting yang perlu diketahui dari sebuah ulasan ini meliputi beberapa hal. Seperti misalnya apakah fungsionalitas dan fitur yang dicari ini ada. Kemudian bagaimana kualitas desain, bentuk ergonomi dan kenyamanan ketika dipakai. Terakhir dan yang paling utama, adalah sebagus apakah kualitas dari audio yang dihasilkan. Apakah memiliki kekurangan pada bagian bass, memiliki suara stereo atau joint, atau ada catatan-catatan lain.

Sekali lagi, kualitas dari audio ini paling baik diketahui jika sudah dicoba sendiri. Sehingga, penting untuk memastikan bahwa ketika mencari sebuah ulasan kita bisa mendapatkan gambaran sebanyak mungkin dari kualitas earphone dan headphone yang akan dipilih.

Terakhir, memilih headphone dan earphone tanpa harus terpaku pada merek akan memberikan lebih banyak pilihan jika seseorang membelinya secara online. Di antara tempat yang direkomendasikan untuk membeli adalah melalui marketplace seperti Bukalapak. Kenapa membeli di Bukalapak? Di Bukalapak, kita bisa mendapatkan katalog lengkap dari berbagai jenis headphone dan earphone. Kita juga bisa membandingkan harga headphone yang ada, spesifikasi teknis, ulasan dan fitur-fitur yang ada. Banyaknya pilihan ini akan membuat kita bisa mengesampingkan faktor merek karena faktor kualitas dan fungsi bisa terpenuhi dari alternatif-alternatif yang ada. Segera coba headphone dan earphone terbaik dengan harga murah sekarang juga dengan membeli di Bukalapak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.