Panduan Wisata Laut di Karimunjawa 3 Hari 2 Malam

Liburan pantai! Whoaa seperti yang sudah gue prediksikan tahun lalu, sepertinya benih-benih cinta antara gue dan laut mulai tumbuh. Sorry gunung, ku sedang cinta pantai. Setelah drama perjalanan darat dari solo ke Karimunjawa akhirnya gue bisa juga backpackeran ke Karimunjawa. Wisata laut di Karimunjawa sebenernya nggak cukup ya kalau hanya weekend. Percayalah, nanti gue bahas alasannya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum traveling ke Karimunjawa

Pastikan kamu datang di waktu yang tepat, yaitu saat cuaca mendukung. Kamu bisa cek wesite BKMG untuk mengetahui prakiraan cuaca dan tingginya ombak. Saat Ombak begitu tinggi, maka tak jarang kapal akan tidak beroperasi. Bisa-bisa kamu terdampar di pulau karimunjawa dan tidak bisa kembali ke Pulau Jawa. Lebih baik ke sana saat bulan April dan Oktober.

Selain cuaca, pastikan rencana perjalanan ke kepulauan karimunjawa sudah direncakanan dengan matang. Tentukan dari awal bagaimana kamu kesana, apakah au diurus sendiri atau mau ikut paket tour saja. Sudah banyak jasa open trip yang memudahkan liburan kalian di karimunjawa. Jika memutuskan untuk backpackeran dan mengurus sendiri, lebih baik mulai pesan tiket transportasi pulang-pergi dan hotel.

Cara Menuju Karimunjawa

Panduan rute menuju ke Karimunjawa akan dituliskan di artikel terpisah ya karena banyak drama nya. Intinya sih menuju Pulau ini susah-susah gampang. Benar-benar bergantung dengan kota asal dan waktu yang kalian miliki. Dulu, untuk bisa ke sini kalian harus menggunakan kapal, bisa menyebrang dari Jepara maupun Semarang. Nah untungnya sekarang kalian bisa langsung menggunakan pesawat dari Kota Semarang dengan maskapai Susi Air.

Sebagai backpacker ala-ala, gue lebih memilih menggunakan kapal express. Waktu yang ditempuh hanya 3 jam, relatif lebih cepat dibanding Kapal Pelni yang membutuhkan waktu tempuh 6 jam. Pastikan kalian mendapatkan tiket kapal, pembelian tiket kapal menuju Karimunjawa dari Jepara bisa kalian pesan via telefon.

karimun jawa

Objek Wisata Karimunjawa

Sebagai tempat favorit para wisatawan, Karimunjawa menyediakan berbagai macam jenis wisata. Jadi, jangan sampai menyesal ya sudah ke Karimunjawa tapi belum explore banyak. Pastikan kalian nyobain berbagai wisata berikut!

pantai karimun jawa

  • Pulau Menjangan Kecil

Pulaunya kampung bule dan penangkaran bayi hiu. Di sini juga terdapat beberapa resort yang langsung menghadap ke pantai. Lain kali gue harus nyobain ke sini nih, keliatannya seru abis. Nah kalau ke sini lebih baik menjelang sore hari, jadi kalian bisa menikmati spot sunset di area belakang kampung bule. Saat kalian melihat gardu seperti dibawah ini berarti kalian sudah berada di jalan yang benar menunju tempat sunset.

Suasana Pulau Menjangan Kecil ini ramai-ramai sepi. Iya ramai dibagian bibir pantainya, banyak wisatawan bermain air, foto manja, BBQ an dan aktiitas lainnya. Sedangkan di bagian dalam Pulau suasanya lebih sepi. Mau menikmati sunset pun jadi berasa lebih khusyuk dan romantis.

  • Penangkaran Hiu

Dulunya, penangkaran hiu ini berada di Pulau Menjangan Besar. Sayangnya, sewaktu gue kesana Pulau Menjangan tidak bisa dikunjungi, hanya bisa mengunjungi penangkaran hiu yang berada di Menjangan kecil. Hiu di sini berukuran lebih kecil dan tidak begitu banyak. Namun tetap saja membuat penasaran! Justru gue berykur dengan ukuran dan jumlahnya yang kecil. Sehingga gue tidak ciut untuk ikutan nyebur berenang bersama bayi hiu.

Biaya melihat penangkaran hiu sebesar Rp 20.000/orang, mau kalian berenang bersama ataupun tidak, kalau sudah masuk area penangkaran hiu maka kalian akan dikenakan tarif. Jadi ya nyebur aja nggak sih?

  • Snorkeling di Tengah Laut

Ini sih aktivitas wajib kalau lagi wisata Karimunjawa! Yakali kan main ke laut tapi nggak nyebur? Percayalah pemandangan laut di Karjaw sangatlah mempesona jiwa dan raga. Rasanya nggak mau berpaling dari ikan-ikan yang berseliweran. Saat menjalani tour, gue snorkeling di tiga titik lokasi. Tempat favorit gue adalah di tengah laut lepas yang jauh dari pulau. Emang sih ombaknya lebih besar dan jauh dengan terumbu karang (harus menyelam agak dalam) tapi beuh ikannya banyak banget! Gue lebih tertarik dengan ikan dibanding terumbu karang HEHE. Who’s with me?

  • Bukit Love

Lengkap juga ya liburan ke Karimunjawa, ada laut dan bukit. Tadinya gue pikir bukit love ini adalah bukit yang berbentuk love, eh ternyata bukit yang ada tulisan love nya! Ituloh tulisan yang sering banget ada di tempat tempat touristic. Jiahaha. Walaupun ternyata nggak sesuai ekspektasi tapi bukit love ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunset. Disuguhkan dengan pemandangan laut yang menawan, suasana jadi berasa romantis.

Penginapan di Karimunjawa

Betapa bahagianya mengetahui penginapan di Karimunjawa bisa dipesan diberbagai platform pemesanan hotel. Jadi tidak susah mencari penginapan di sana. Mulai dari homestay sharing dengan kamar mandi luar sampai resort private juga tersedia.

Kalau kamu berniat liburan ke Karimunjawa ala backpacker, gue saranin ambil penginapan di Pulau Karimunjawa. Sedangkan untuk pengalaman lebih unik dan private, silahkan menginap di resort yang berada di pulau-pulau kecil sekitarnya. Salah satunya resort di Pulau Menjangan Kecil yang memiliki akses menuju pantai.

Kuliner Karimunjawa

Rasanya nggak afdol sih, kalau wisata ke karimunjawa tapi nggak menikmati seafood yang melumpah ruah ini. Silahkan datang ke alun-alun karimunjawa yang berada dengan pelabuhan saat mau tour laut. Alun-alun karimunjawa ini mudah dikenali karena berada di tanah lapang yang luas.

Di sini tersedia berbagai macam seafood mulai dari ikan, kerang, cumi, sotong hingga lobster. Harganya sebenarnya relatif murah, kecuali lobster yang memang sudah sangat mahal. Harga lobster di sini sekitar Rp 175.000 – Rp 400.000. Wuaaw. Penasaran sama lobster tapi enggan membeli HAHAHA.

Selain lobster, makanan lainnya masih sangat terjangkau kok mulai dari Rp 20.000 an. Harganya tersebut bukan dari beratnya tapi harga satuan berdasarkan ukuran. Punya skill tawar-menawar? silahkan dipraktikkan!

Barang yang Wajib dibawa

Agar liburan pantai menjadi lebih menyenangkan, bawa lah barang-barang ini

  • Sandal jepit
  • Baju renang
  • Sunblock (Penting banget! bukan karena biar nggak hitam, tapi untuk melindungi kulit dari sinar uv yg jahat)
  • Sunglasses (Kacamata Hitam)
  • Kamera underwater

Ohiya, selain hal di atas. Pastikan kamu membawa kebutuhan yang kalian butuhkan ya. Jangan sampai tertinggal karena kalau beli di Pulau Karimunjawa harganya akan naik fantastis! Tentu saja karena ongkos pengiriman dari Pulau Jawa ke Pulau Karimunjawa yang menggunakan kapal. Bayangkan saja tisu traveling saja bisa mencapai Rp 9.000

Biaya untuk Liburan ke Karimunjawa

Nah ini dia hal yang paling krusial dan sensitif. Sejujurnya untuk nominal yang dikeluarkan pastilah sangat beragam dari masing-masing individu. Semua tergantung dengan pilihan masing-masing, mau mennginap di resort pulau-pulau, atau di pulau Karimunjawa? Mau naik transportasi cepat atau ferry, mau private atau nyampur dengan yang lain.

Gue sendiri terima jadi aja dengan paket tour, soalnya lagi hectic mengejar wisuda demi resolusi tahun 2018. Paket tour ke Karimunjawa selama 3 Hari 2 Malam dengan kapal express membutuhkan biaya Rp 900.000. Menurut gue sih worth it buat orang yang nggak mau ribet dan nggak tau mau ngapain aja selama di sana.

Nggak usah khawatir dengan itinerary selama wisata Karimunjawa, para penyedia jasa tour ini sudah berpengalaman dan paling mengerti apa maunya wisatawan. Daripada promosi terang-terangan yang penasaran sama nama tour nya boleh DM ig/ tulis email kalian aja di kolom komentar.

tour karimun jawa

Spot Foto di Kepulauan Karimunjawa

Sebagai generasi milenial yang mencoba kekinian, spot foto instagram-able di tempat wisata merupakan hal yang wajib. Demi membantu kalian untuk menjaga eksistensi maka gue akan memberikan beberapa spot foto yang menarik versi insalamina. Horray!

spot foto karimun jawa

Sesungguhnya dimanapun lokasi wisata di sekitar kepulauan karimunjawa merupakan tempat yang indah untuk di foto. Cobalah berjalan lebih jauh dan memisahkan diri dari kerumunan wisatawan sejenak. Foto di tempat yang sepi merupakan KOENTJI untuk mendapatkan hasil terbaik.

Nggak perlu rebutan atau menunggu lama untuk foto di spot ayunan. Dalam satu pulau (dimanapun di kep. karimunjawa) terdapat banyak sekali ayunan ala-ala ini. Jadi, cari sendiri saja pasti ada deh spot yang sepi syahdu begini.

Ada yang ingin ditanyakan untuk melengkapi panduan wisata Karimunjawa ini? Silahkan tanyakan di kolom komentar. Selamat liburan.

3 Comments

  1. Amirria June 2, 2018
  2. rainhanifa June 2, 2018
  3. Shery November 8, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.