Refreshing Seru di Kuntum Nurseries Farmfield Bogor

Baru-baru ini gue jalan-jalan seru ke tempat wisata yang mudah diakses dari Jakarta. Nggak hanya sekedar tempat wisata, tempat kali ini merupakan wisata edukatif berbasis perternakan dan pertanian. Lokasi tepatnya berada di Jl. raya Tajur, Sindangrasa, Bogor. Namanya adalah Kuntum Farmfield.

Tempat wisata ini cocok untuk berbagai kalangan dan menurut gue dengan pengalaman gue pas ke sana sih, ini tempat wajib dikunjungi.

Akses Menuju Kuntum Farmfield dengan Transportasi Umum

Naik KRL sampai stasiun Bogor dilanjut naik angkot atau taksi online. Kalau berempat sih mending langsung menggunakan Taksi Online saja. Tinggal pilih mau pakai Gocar atau Grab Car karena keduanya beroperasi di Kota Bogor. Harga naik taksi online dari Stasiun Bogor – Kuntum Farmfield sekitar Rp 32.000

Harga Tiket Masuk Kuntum Farmfield

Tarif tiket masuk nya nggak mengenal umur. weekday Rp 45.000, weekend/hari libur Rp 50.000. Tempat wisata di Bogor ini buka dari pukul 08.00 – 18.00 setiap hari nya.

tiket wisata atau aktivitas yang bisa dilakukan di Kuntum Nurseries Farmfield

  • Berkuda Rp 30.000/tiket (Anak kecil boleh didampingi orang tua)
  • Hasil tangkapan ikan Rp40.000/kg
  • Memancing Rp 15.000/org/joran
  • Menanam padi di sawah Rp 100.000 (maksimal untuk 5 orang)
  • Pakan ikan Rp 5.000
  • Susu Besar Rp 10.000/btl
  • Susu kecil Rp 5.000/btl
  • Pelet ayam Rp 5.000
  • Pelet kelinci Rp 2.500
  • Rumput Kelinci/KambingRp 5.000/bakul
  • Rumput Sapi Rp 5.000/ikat
  • Hasil panen tergantung jenis dan dihitung per kilogram

Selain itu, di sana juga jual berbagai macam tanaman hias pot dan bibit. Cocok untuk rumah yang minimalis tapi ingin punya tanaman. Gue pribadi sih suka menaruh succulent untuk pajangan di meja kerja. Harga nya mulai dari Rp 5.000 – Rp 40.000

Keseruan di Kuntum Nurseries Farmfield

Seru banget gilak. Apa aja yang bisa dilakukan? Banyak! Mari disimak.

panen kuntum farmfield

Saat awal masuk kita akan disambut dengan kolam ikan, ada Ikan Lele, Ikan Koi, dan Ikan Patin. Gue terkagum-kagum dengan ukuran Ikan Lele, super jumbo! Kolam-kolam ikan ini juga instagram-able dengan tempat duduk yang terbuat dari kayu. Rasa-rasanya cocok untuk melamun.

Nah sebelum menjelajah lebih jauh, Kuntum Farmfield menyediakan caping gratis untuk dipinjam. Tenang saja, semua pasti kebagian, Caping tersedia berbagai ukuran dan dalam jumlah yang banyak. Di sini pula kalian yang ingin membeli hasil panen bisa mencuci, menimbang dan membayar.

Area pertama masih bertema tanaman dan tumbuh-tumbuhan. Sayangnya gue tidak melihat sesuatu yang ingin gue panen di sini. Hehe. Jadi mari kita lanjut ke area selanjutnya.

Area selanjutnya adalah kelinci, musang, dan hamster. Seru nya wisata di Kuntum Farmfield adalah kita bisa masuk ke dalam kandang hewan, jadi tidak ada batas antara kita dan hewan. Bagi anak-anak pastinya akan terasa lebih menyenangkan bisa memegang dan melihat dari dekat.

Gue aja seneng banget bisa elus-elus haha.

Tempat wisata di bogor ini sepertinya lebih beriorientasi menjadi tempat wisata keluarga. Terlihat banyak keluarga yang membawa anak-anaknya untuk berkenalan dengan hewan peternakan. Mirip-mirip lah sama Taman Safari Indonesia begitu. Cuman menurut gue ini seru banget karena kita bisa sedeket itu sama hewan nya.

Selain keluarga juga banyak rombongan anak TK dan SD dilihat dari jadwal yang ditempel di dinding maupun yang tertulis di papan tulis. Di sediakkan juga pondok-pondok untuk tempat istirahat dan makan siang.

Cuman bagi gue, ini juga salah satu tempat wisata yang pas untuk pacaran hehe. Seru banget deh dijamin. Pelarian dari tempat-tempat mainstream bernama Mall. Sama temen-temen pun gue yakin akan asyik. Apalagi untuk para animal lover, bakal gemes gemes sendiri ketemu hewan yang well-groomed dan lucu.

tempat wisata kuntum

Nggak seperti perternakan yang identik kotor dan bau, Kuntum Farmfield jago banget bikin epic landscape untuk foto-foto. Aku terhura. Yaa walaupun kalau dekat-dekat kandang sapi dan kambing memang agak bau, tapi wajar kan? haha. Makanya ada jokes, kalau nggak mandi itu bau kayak kambing. Namun jangan salah, kandangnya cukup bersih loh.

Ingin ku memuji siapapun yang mendesain landscape Tempat Wisata Kuntum Farmfield. Pemandangannya juga epic banget, mungkin kalau menjelang sore ada lampu-lampu gitu bakal berubah jadi tempat romantis kayak di Dago.

tempat wisata keluarga bogor

Nggak nyangka sama tempatnya yang bisa gue bilang, luas! Gue nggak expect akan seluas itu sih. Semakin dieksplor semakin banyak gue temukan tempat-tempat hewan lainnya. #Yaiyalah #NgomongApaSih

Maksudnya, gue nggak nyangka gue udah liat ayam di depan nih, eh ternyata makin ke belakang gue menemukan ayam petelur! Ternyata kandangnya memang dibedakan dengan ayam jantan. Ayam-ayam petelur ini memiliki kandang yang memang didesain untuk peternakan. Tidak sebebas Sang Jantan yang bisa berkeliaran kemana-mana.

Waduh si betina berasa dipingit jadinya. Dengan melihat kandang ayam ini hati gue jadi sedikit tergugah untuk memiliki peternakan ayam. Ternyata beternak ayam bisa sebersih dan sekeren ini.

Semakin ke bawah lagi, terdapat kandang kuda yang desainnya mirip banget sama di Game Harvestmoon. Ada kandang kuda khusus untuk memberi makan, minum dan memandikan, ada juga lapangan luas untuk tempat bermain kuda. Gue rasa kuda nya akan bahagia karena memang dilepas gitu aja.

definisi bahagia

Fasilitas Umum di Kawasan Kuntum Farmfield

Setelah asyik bermain bersama hewan, kalian nggak perlu khawatir kotor dan bau. Terdapat banyak wastafel dan tempat shower. Khusus tempat shower di area umum hanya untuk anak-anak, untuk orang dewasa yang ingin mandi bisa di kamar mandi yang sudah disediakan.

Kamar mandi nya bersih, cukup luas dan memiliki jumlah bilik yang memadai sehingga tidak perlu mengantri lama. Fasilitas umum seperti mushola pun disediakan, terdapat dua mushola di dalam kawasan. Namun, gue lebih merekomendasikan mushola yang berada di dekat area Sapi. Jauh lebih besar dan lebih bersih dibanding mushola satunya.

Harga Makana di Kuntum Farmfield

Menurut gue pribadi, harga makanan di tempat wisata Kuntum Farmfield sangat reasonable.

harga makanan di kuntum

Kantin Gliss ini terdapat di luar area perternakan/pertanian (sebelum ticketing), terdapat berbagai menu dari cemilan hingga makanan penutup. Di dalam area wisata pun juga terdapat cafetaria hanya saja varian makanannya lebih sedikit dan kebanyakan hanya menjual makanan ringan dan pop mie.

Harga air minum kemasan pun masih reasonable yaitu Rp 5.000/btl. Sewajarnya harga di tempat wisata.

Overall, I’m so happy! Rekomendasiin dong tempat wisata lain di Bogor atau disekitaran Jakarta.

2 Comments

  1. Ahalona September 19, 2018
  2. amalians September 21, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.