Cara Nyata Menghemat dimulai dari Lampu LED

Kenapa kita harus menghemat energi?

Sebuah pertanyaan yang sangat sederhana tapi jarang di antara kita yang tahu jawabannya. Bahkan bagi mereka yang tahu jawabannya pun, masih tetap saja suka menghambur-hamburkan energi. Padahal, boros energi memiliki dampak yang sangat nyata terhadap bumi tempat kita tinggal ini.

Sebagian orang pasti akan menjawab “untuk menghemat uang.” Hal tersebut tentu saja ada benarnya. Tapi menghemat energi lebih dari hanya sekedar menghemat uang.

Namun sebelum saya berbicara soal, “apa pentingnya menghemat energi?” Saya ingin berbagi sedikit info mengenai salah satu cara berhemat, yaitu dengan membeli lampu hemat energi.

Di toko online Bukalapak, tepatnya di official store (toko resmi) Philips Indonesia. Sekarang sedang ada promo dan diskon lampu LED yang wajib kamu kunjungi jika ingin ikut menghemat energi. Pasalnya, jumlah energi yang kita butuhkan untuk menerangi sebuah ruangan dengan menggunakan lampu LED bisa setengah lebih hemat dibandingkan dengan lampu konvensional.

Philips Indonesia di toko online Bukalapak saat ini sedang ada promo dari tanggal 8 Oktober sampai 25 Desember 2018. Selain promo beli 3 gratis 1, ada berbagai pilihan lampu konvensional maupun lampu LED yang dijual dengan potongan harga antara 20%-40% lebih.

Seperti Philips MyCare LEDBulb 12W E27 6500K 230V Putih contohnya. Lampu ini harga aslinya sekitar Rp 60 ribuan tapi setelah di diskon 44%, harganya hanya Rp 37 ribuan saja.

Untuk item promo “Beli 3 Gratis 1” ada lampu LED Philips MultiPack MyCare LedBulb 12W 6500K Putih yang dijual dengan harga sekitar Rp 150 ribuan. Padahal jika membeli per biji, kita akan menghabiskan uang tidak kurang dari Rp200.000. Jika ingin yang lebih murah lagi, kamu bisa memilih versi 8 watt dan dijual dengan harga Rp112 ribuan untuk 4 buah (promo beli 3 gratis 1).

Mumpung lagi promo, yuk segera beli lampu LED Philips di official store film Indonesia yang link-nya telah diberikan di atas. Kalau kamu belum ada budget untuk belanja, jangan lupa gunakan aplikasi Bukalapak. Lalu, cobalah memanfaatkan fitur BukaCicilan. Yang dapat kamu gunakan untuk beli produk dengan cara kredit tanpa harus punya kartu kredit.

Kembali kita ngomongin soal hemat energi, berikut adalah beberapa alasan mengapa kita harus menghemat energi.

Alasan dan keuntungan menghemat energi

  1. Hemat uang. Seperti yang telah saya sampaikan di atas, alasan pertama kita untuk menghemat energi adalah untuk menghemat uang. Mengingat saat ini pemerintah sudah mencabut sebagian besar subsidi listrik. Tapi jangan jadikan uang sebagai satu-satunya alasan. Kamu juga harus melihat beberapa alasan di bawah ini.
  2. Mengurangi bahan bakar fosil yang dibakar. Ya, menggunakan listrik yang lebih sedikit berarti mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang dibakar. Karena masih banyak pembangkit listrik yang menggunakan batubara dan minyak. Jadi, semakin boros kita menggunakan listrik, maka akan semakin cepat sumber daya tersebut habis.
  3. Bahan bakar fosil bukan sumber energi yang bersih. Menggunakan bahan bakar fosil berarti menyebabkan polusi udara. Boros menggunakan bahan bakar fosil berarti menyebabkan polusi udara semakin parah dan menyebabkan emisi gas atau efek rumah kaca. Dampak dari “efek rumah kaca” diantaranya adalah, suhu udara yang makin panas dan iklim yang tidak menentu.
  4. Semakin sedikit jumlah energi yang kita gunakan setiap hari, maka akan semakin kecil resiko tumpahan minyak dan semakin kecil resiko kerusakan ekosistem di bumi ini akibat penambangan.
  5. Reaktor nuklir juga tidak kalah berbahaya. Apa hubungannya antara hemat energi dan reaktor nuklir? Dalam upaya mengurangi konsumsi bahan bakar fosil, para ilmuwan saat ini fokus mengembangkan reaktor nuklir sebagai sumber energi pembangkit tenaga listrik. Namun bukan tanpa resiko, nuklir dapat menghasilkan limbah radioaktif yang tidak kalah berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan berbagai masalah kesehatan pada manusia .

Ayo hemat energi!

Setelah membaca berbagai dampak boros energi di atas, seharusnya kita mulai sadar dan mulai berbenah. Salah satu caranya adalah dengan membeli peralatan elektronik termasuk lampu yang hemat daya seperti yang ditawarkan oleh Philips Indonesia melalui lampu LED

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.