Liburan Singkat dan Hemat di Jakarta dengan Staycation

Walau terasa jarang tapi kalau diingat-ingat gue ini termasuk traveller yang suka staycation. Nyatanya ada lebih dari tiga artikel di blog ini yang menceritakan tentang pengalaman staycation.

Staycation atau wisata di kota sendiri memang menjadi salah satu alternatif liburan murah. Tidak perlu memikirkan tarif tiket pesawat yang mahal. Anyway, sepemahaman gue dulu staycation itu pokoknya nginep di hotel dan menikmati segala fasilitas mevvah hotel. Setelah menyusuri google, ternyata gak sesempit itu, staycation dari kata ‘stay’ dan ‘vacation’ berarti liburan di tempat sendiri mau itu nginep, atau sekedar wisata kuliner yang tidak perlu akomodasi selama dilakukan di dalam kota.

Baru tau juga kan? please jangan biar kan gue kudet sendiri.

Nah sesungguhnya ada banyak sekali yang bisa dilakukan di sekitaran Jakarta. Nggak perlu pergi jauh ke Benua Eropa untuk merasakan liburan yang menyenangkan.

Berhubung gue menginginkan suasana baru yang unik, maka gue memilih untuk menghabiskan waktu di penginapan dengan suasana unik. Leyeh-leyeh with leasure gitu lah. Daripada bengong dan membusuk di kamar kosan ye kan. Jadi cus lah gue cari hotel yang ada di sekitaran tempat tinggal gue.

Setelah browsing sana sini akhirnya gue memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan dengan menginap di Lite Rooms Setiabudi. Asli ini deket banget sih dari kosan, jadi bisa naik ojek online aja. Sungguh kehematan yang hakiki.

Pengalaman Menginap di Lite Rooms Setiabudi

Hotel Lite Rooms ini cukup terbilang unik, dipenuhi dengan nuansa kuning. Agar setelah liburan tidak terbit pening kepala kekurangan uang, gue memilih booking hotel secara online. Kenapa? tentu saja karena banyak promo hotel bertebaran.

Kali ini gue booking hotel murah melalui applikasi pegipegi. Proses pemesanan mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran.

Proses check-in pun sangat mudah, tinggal menunjukkan bukti booking via apps dan langsung diproses serah kunci. Yuhuuu.

Walau termasuk hotel murah, tapi Lite rooms bukan hotel murahan. Tempat parkiran cukup luas bisa muat 8 mobil. Bangunannya terdiri dari 3 lantai. Tersedia sarapan pagi juga, tapi gue tidak ngambil fasilitas sarapan pagi karena memang sudah berniat bangun siang hahaha.

Hal yang bikin kaget nya adalah ada kulkas gede di dalam kamar! Wah, biasanya dapat kulkas mini bahkan di hotel-hotel mewah, ini malah ada kulkas gede banget hahaha. Andai kata ada rezeki banyak, gue pengen sih ngekos di sini. Homey banget. Doain dong?

Tempat untuk Liburan Hemat di Jakarta

Selain leyeh-leyeh di hotel, ada baiknya mencoba satu dari ketiga pilihan di bawah ini untuk refreshing di akhir pekan. Terutama untuk hotel yang tidak menyediakan fasilitas kolam renang dan spa, biar ga bosen aja gitu.

1. Taman Mini Indonesia Jakarta

jelajah indonesia di TMII

Nah ini dia alternatif untuk kamu yang ingin keliling Indonesia dengan budget super murah dan singkat, Taman Mini Indonesia. Gue saranin untuk datang di pagi atau sore hari, karena puanass pol kalo siang bolong gitu.

2. Kota Tua Jakarta

kota tua jakarta

Tempat bersejarah dan romantis? Ya kota tua Jakarta jawabannya. Kok bisa romantis? Iya soalnya sering dijadikan tempat foto pre-wedding hahaha.

Di Kota Tua Jakarta ini juga banyak tempat yang bisa diexplore, mulai dari cafe, museum dan lain-lain.

3. Pandora Experience

Ngaku pemberani dan jenius? Nah wajib banget nih nyobain permainan Pandora Experience. Permaninan yang mengutamakan strategi, kerjasama, keberanian, dan fisik yang kuat. Cailah.

Selain uji nyali dan uji otak, permainan ini juga uji kesehatan fisik hahaha. Karena memang ada aktifitas fisik nya. Tapi tenang, gak akan disuruh lari-lari kok, paling hanya manjat dan merangkak.

Sudah mulai jenuh dengan rutinitas sehari-hari? Mending sekarang pesan hotel, packing, lalu nikmati liburan singkat dan murah di sekitaran kalian. Happy vacation!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.