Merencanakan Liburan ala Pegawai Kantoran

Siapa bilang pegawai kantoran nggak bisa liburan? Sebagai anak kantoran yang memiliki hasrat untuk travelling, gue mencari cara agar tetap bisa menyalurkan hobi.

Entah sejak kapan, gue bercita-cita untuk bisa travelling ke Lombok dalam rangka pendakian Gunung Rinjani. Namun sayangnya, cita-cita tersebut belum bisa terwujud karena berbagai hal. Salah satunya adalah kurang matangnya perencanaan liburan yang memang membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Kali ini gue nggak mau membiarkan liburan menjadi wacana belaka. Yuk simak tips merencanakan liburan ala pegawai kantoran. Saatnya manfaatkan jatah cuti dan hari kejepit.

Cek Hari Libur Nasional di Kalender 2019

Sesungguhnya liburan saat masih kuliah dan bekerja itu nggak beda jauh. Tetap harus pinter nyari peluang dan memilih tanggalan yang pas. Umumnya, kalau ngikutin libur panjang, harga tiket transportasti dan akomodasi bisa naik, nah karena itulah dibutuhkan perencanaan yang baik. Tips agar mendapatkan harga yang terjangkau yaitu pesan dari jauh-jauh hari.

Sebelum orang lain sadar akan peluang libur di tahun depan, kita harus curi start duluan nih. Cek kapan saja tanggal merah di tahun depan. Kalian bisa lihat lengkapnya jadwal libur nasional di sini. Dari situ kalian bisa prediksikan perkiraan cuti bersama, walaupun tidak pasti kapan diadakan cuti bersama tetap saja ada peluang kan? Contohnya untuk gue yang membutuhkan 5 hari untuk liburan ke Lombok, gue memutuskan untuk pergi saat libur Nyepi 2019.

Libur nyepi 2019 jatuh di hari Kamis, jadi bisa cuti di hari Jumat dan Senin. Sehingga gue bisa libur dari Kamis 7 Maret hingga Senin 11 Maret. Lumayan kan 5 hari liburan tapi hanya cuti 2 hari.

Nah bisa kan liburan panjang untuk pegawai kantoran? Apalagi dengan sistem tabungan cuti, cuti tahun lalu yang tidak terpakai bisa digunakan untuk nambah cuti tahun ini.

Sering Pergi Dinas? Coba Extend untuk Solo Travelling

Tips kali ini tertuju untuk kalian yang sering melakukan perjalanan dinas. Entah untuk urusan ketemu klien, mengunjungi proyek ataupun pelatihan. Umumnya, agenda pergi dinas hanya di hari dan jam kerja. Nah usahakan untuk selesai di hari jumat, sehingga kalian bisa extend sampai hari Minggu.

Dua hari menjelajah kota baru? Cukup kok, yakin deh.

Pesan Penginapan dan Transportasi

Agar liburan tak hanya sekedar wacana, setelah mendapatkan jadwal, saatnya booking penginapan dan tiket transportasi. Memesan dari jauh-jauh hari juga bisa lebih menghemat, karena seperti yang kita tau harga akan naik menjelang hari H.

Untuk pemesanan tiket pesawat biasanya gue selalu ngecek via Traveloka karena punya fitur pemesanan Tiket pesawat + Hotel sekaligus. Pemesanan secara bersamaan lebih hemat dibanding pesan terpisah, hematnya bisa sampai 20% tanpa kode promo apapun.

​Selisih harga yang dikeluarkan bisa digunakan sebagai uang saku saat liburan.

Produk paket tiket+hotel ini mudah digunakan dan sekarang tidak perlu lagi memesan tiket & hotel secara terpisah.

Metode pembayaran yang disedakan juga beragam, tinggal pilih sesuai preferensi. Semenjak ada fitur ini, gue lebih memilih pesan di sini soalnya  berasa punya agen travel sendiri yang ngaturin akomodasi. Tau aja ya aku emang pingin dimanja. Sebuah pilihan yang mudah dan hemat.

Siapkan Kebutuhan Travelling

Dengan booking sekarang ditambah perencanaan yang matang, kita bisa meningkatkan kepastian agar liburan tak hanya wacana. Ibarat kita menyicil penginapan dan transportasi, untuk biaya makanan dan uang saku bisa ditabung sampai menjelang hari H.

Udah nggak jaman ngeluh ingin liburan tanpa aksi, sekarang saatnya merencanakan liburan sendiri. Coba deh perhatikan tanggal merah dan peluang libur panjang sesuai kantor kalian. Sekalian share dong kalian udah ada rencana belum mau liburan kemana? Siapa tau aku bisa ikut :p

Nggak ada lagi alasan capek dan bingung cara dapetin harga tiket pesawat dan penginapan murah. Di Traveloka semua sudah disiapkan untuk kita, tinggal pilih destinasi dan tanggal lalu pilih yang sesuai.

Ready, set, Go! Happy Travelling.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.