One Day Trip : Kawah Putih dan Rancaupas || Main sama rusa!

Liburan sekolah emang udah almost usai banget, H-1 sebelum adek gue yang SMP masuk, kita the brother and sister #cailah memutuskan buat one day trip ke daerah Ciwidey. Yap, daerah macet ituloh kalo hari libur. Sengaja kita milih hari Minggu dengan beranggapan kalau hari ini orang udah pada dirumah, berharap mereka jalan – jalannya hari Sabtu aja.

Hidup emang gak segampang berharap, ternyata kita kesana bertepatan dengan anniversarinya Vespa. Selama perjalanan menuju first destination, kita disuguhi pemandangan vespa mogok dikanan dan kiri jalan. Betapa indahnya… indahnya persahabatan antar pengendara vespa yang rela menepi untuk membantu sesama. Unyu banget deh

Akhirnya sampai juga kita di Rancaupas. Letaknya ga jauh dari Kawah putih, mungkin sekitar 100m. Dari pintu masuk kalian bisa langsung lurus aja ikutin jalan sampai ada ticketing. Karena pada saat itu katanya tiketnya lagi rusak jadi kita ga tau sebenernya harga tiket per orangnya berapa. Gue dikenain tarif 45.000 untuk 4 orang dan parkir mobil.

 

Penjaga ticketingnya bilang dengan tarif yang kita bayar diawal itu kita gak akan dikenakan tarif apapun lagi didalem, bebas main apa saja, kecuali kolam dan kamar mandi. Di dalemnya juga kalian bisa menikmati berbagai jajanan anak SD kayak cilor (cilok telor) dan basreng basrengan. Pastinya harganya menyesuaikan tempat wisata.
Tempat apa aja sih yang bisa dinikmatin di Rancaupas? Dari awal pintu masuk kalian bisa menikmati area outbond, ada flying fox, paintball, rumah pohon dan sebagai macamnya yang seru banget. Disebelah area outbond kalian bisa menikmati danau yang nyaman banget buat jadi tempat piknik sambil makan bekel dari rumah.
Dan tentu saja, tempat yang lagi hits banget super instagram-able. Penangkaran rusa, disini kalian bisa ngasih makan langsung rusa rusanya dan berfoto ria. Kalian bisa beli pakan rusa alias wortel seharga 5000 rupiah.Kalau kalian gamau rugi yaudah gausah beli pakan, kalian tetap bisa memberi makan rusa dan berfoto, dengan cara pedekate sama orang yang beli wortel wkwk. Biasanya mereka gak akan abis ngasih makan rusa segitu banyak, jadi banyak wortel sisa.

 

 

Setelah puas mengelilingi Rancaupas, waktunya lanjut ke destinasi selanjutnya yang jaraknya deket banget, Kawah putih. The famous instagram-able place in Bandung. Saat masuk ke pintu ticketing kalian akan diberikan opsi untuk parkir dibawah atau parkir diatas. Kalau kalian hanya berdua, lebih baik parkir dibawah lalu keatasnya naik ontang – onting a.k.a angkot yang udah dimodif jadi mobil terbuka kayak di taman safari, tarif ontang anting 33.000/orang PP. Mahal? ini sih ga seberapa kalau dibanding harus parkir diatas dan dikenakan rarif 150.000/mobil. Lain halnya kalau kalian bawa mobil dan beramai, at least 4 orang maka gue sarankan untuk parkir diatas. Jadi kalian gaperlu nunggu ontang anting dan tetap bisa menikmati kebersamaan kalian. Kata mbak penjaganya ontang – anting baru akan jalan kalau mobilnya sudah penuh.

Biaya masuknya sendiri adalah 18.000/orang. Setelah kalian parkir diatas atau turun dari ontang anting kalian akan diarahkan untuk masuk kedalam area kawah putih dan disuguhi -dengan agak memaksa, untuk membeli masker seharga 5000/pcs. Jadi gue saranin untuk bawa masker sendiri dari rumah. Kalau gue sih kemaren gapake apa – apa. I mean gapake apa – apa untuk pelindung mulut. it’s fine for me.

Disarankan sih untuk tidak terlalu lama berada dipusat kawah, karena bagaimana pun juga disana kerasa banget bau belerangnya. Didalem kawasan wisata juga kalian bisa menemukan beberapa (mungkin) penduduk lokal yang menjual batu belerang dengan khasiat tertentu untuk kesahatan. Juga masih ada tukang foto langsung jadi konvensional yang kebanyakan ditolak karena rata-rata udah pada megang gadget masing-masing.

Untuk kalian yang family trip dan membawa nenek kakek kalian, ga perlu khawatir akan keramaian dan kegaduhan yang bisa menganggu nenek kakek kalian, karena disini terdapat jalur sendiri khusus lansia untuk bisa memantau kawah putih dari tempat yang lebih tinggi dengan hand rail nya. Safe and comfort, I guess.

So, that’s all for this post. Semoga membantu kalian yang sedang mencari referensi tempat wisata di Bandung dengan waktu singkat. Be ready guys, 2016 will be awesome and perfect time for travel!

 

Pardon all my pictures that contain ‘literally’ me not its scenery.

Leave a Reply