Bertemu Rusa di Taman Hutan Raya Dago Bandung

Main bersama rusa di Bandung? pasti familiar banget deh sama Rancaupas, tapi jangan salah Rancaupas bukan satu-satunya tempat untuk hangout bareng rusa. Bandung punya tempat penangkaran rusa lainnya, yaitu Taman Hutan Raya atau yang biasa dikenal dengan Tahura.

Rancaupas udah hits banget buat foto bersama rusa, bahkan raissa aja udah foto hits sama rusa disana. Saking hitsnya, rancaupas jadi rame, mending pilih alternatif lainnya, yaitu penangkaran rusa di Tahura. Di Tahura, kamu bisa bercengkrama dengan rusa lebih dalam lagi *halah*

Tempatnya yang sepi menjadikan interaksi kamu sama rusa lebih terjalin, gile gue terdengar jadi deep gini.


whatsapp-image-2016-09-01-at-7-48-21-pm

Cara menuju penangkaran rusa di Tahura

Mau gampang? buka gmaps, search Tahura lalu ikuti petunjuk. Yaudah jangan berharap gue jelasin deh, ikutin aja gmaps. Ga akan kesasar, paling cuma kelewatan.

Asalkan kalian udah di arah dago atas, kalian tinggal lurus aja sampai nanti ketemu jalan bercabang, kalian tengoklah keatas. Liat di papan jalan, petunjuk ke Tahura. Se-simple itu kok guys.

Kalau naik kendaraan umum gimana?

Kalian bisa naik angkotan umum (angkot) jurusan Ciroyom – Ciburial warnanya hijau putih, biasanya suka ngetem di simpang Dago. Bisa juga naik angkot jurusan Dago – Caringin yang warna oranye. Nah kalau naik angkot bilang aja mau ke Tahura, nanti diturunin di pertigaan sebelum Tahura. Dari situ bisa naik ojek atau jalan kaki sekitar 500 m.

Harga tiket masuknya Rp 13.000/orang. Parkir motor Rp 6.000

 

whatsapp-image-2016-09-01-at-7-48-19-pm

Berkeliling di Tahura

Sebenernya di Tahura ini kalian bisa jalan-jalan dari pagi sampai sore. Tempatnya luassss banget, bahkan saking luasnya, banyak banget tukang ojek di sepanjang jalan. Even more, ada nomor tukang ojek di pohon – pohon, in case kalian capek di tengah jalan dan butuh ojek panggilan.

Karena banyaknya tempat yang bisa dikunjungi, gue akan bahas di lain kesempatan ya. Tulis aja di kolom komentar kalau mau dibahas, kalau gaada ya ga di share ya, gak ada yang baca 🙁 Oke, lanjut fokus ke penangkaran rusa di Tahura.

Sayangnya, penangkaran rusa itu tempatnya jauuh banget. Dari pintu masuk utama menuju tempat penangkaran rusa itu sekitar 4km. Waw. Sebenernya yang paling jauh itu Air terjun Maribaya, udah jauh jalanannya pun nanjak pula. Tapi tetep aja 4km itu bener-bener working out.

Setelah melewati jalan percabangan antara air terjun dan tempat penangkaran rusa kalian akan menemukan beberapa monyet di jalan -mungkin, kalau beruntung, atau kalau gak beruntung (tergantung kalian suka sama monyet atau ngga)

 

penangkaran rusa di bandung

Penangkaran Rusa di Tahura

Rusa-rusa disini semuanya berada di dalam kandang. Sebut aja kandang ya, gue gak tau mau nyebutnya apa. Walaupun dikandangin tapi tempatnya cukup luas untuk si rusa lari-larian. Menurut gue pribadi, kandangnya ini lebih bagus dan menarik dibanding yang ada di Rancaupas.

Minus nya cuma satu, gue gak bisa masuk ke dalem kandang :(. Gue liat sih ada pintunya, tapi dikunci dan gaaada siapaun disana yang bisa gue tanyain. Padahal rusanya gemay banget, ramah gitu, elus-able. Mau dikerubungin rusa? kalian tinggal ambil rumput ditempat kalian berdiri trus sodorin ke kandangnya. Semua rusa pelan-pelan akan meghampiri.

Rusa nya aktif banget parah, gue kasihin agak tinggi gitu dia sampe berusaha loncat-loncat. Ini keren banget sih haha, anyway.. gue gak abuse hewan kan? Gue serasa lagi mainin kucing gue gitu, loncat loncat dia HAHA. Padahal nih ya, dia kalau mau gampang tuh gak usah nyamperin gue gitu. Disana banyak banget rumput, dedaunan, pohon berlimpaj. Ini kayaknya emang rusa nya pengen main deh. hehe.
whatsapp-image-2016-09-01-at-7-48-25-pm

In my opinion, tempat ini lebih seru. Kalau kalian emang cuma mau bermain sama rusa di tempat penangkaran rusa, gue saranin ke Tahura guys. Lebih dekat, lebih damai, lebih seru rusanya. Kalau gue diajakin kesini lagi sih gue gak nolak, asalkan naik ojek ya? capek 🙁

Leave a Reply