Pengalaman Pasang Behel di Klinik Gigi

Setelah selesai dengan drama gigi berlubang, gue memutuskan untuk menggunakan perawatan behel. Pastinya gue mau yang terbaik dari semua kemungkinan yang ada. Cailah. Agar tidak hanya dipendam sendiri, gue akan share pengalaman pasang behel gigi di sini. Semoga bermanfaat untuk kalian.

Pastinya banyak banget pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk pasang behel gigi di suatu tempat. Mulai dari harga pemasangan, lokasi, harga kontrol, reputasi klinik/rumah sakit, pengalaman dokter, hingga planning calon dokter.

Kenapa sih gue pasang Behel?

Sebuah keputusan yang mungkin bisa dibilang agak telat, mengingat umur gue sudah tidak remaja lagi tapi tetap imut. Tenang saja, pasang behel nggak ada batasan umur, siapapun bisa, walau paling ideal saat remaja sih.

Gue pribadi pengen pasang behel dari jaman SMP-SMA, soalnya berasa ini gigi tumbuh nya gak rapih. Cuman dulu tuh behel rasanya mahaaaal banget kayak harga satu buah motor. Segan untuk minta ke orang tua.

Alhamdulillah nya, sekarang udah kerja jadi bisa ngumpulin duit buat pasang behel. Dari awal kerja emang udah pasang target sih HEHE. Misi pribadi nya adalah agar gue punya gigi rapih dan senyum mempesona saat hari pernikahan tiba.

Sungguh visioner sekali.

Nah, sebelum memulai pasang behel, pastiin dulu nih kalian pasang behel tuh tujuannya untuk apa? Karena treatment behel adalah perawatan paling akhir setelah gigi kalian dinyatakan tidak bermasalah lagi (berlubang, karang gigi, dll)

Pencarian Tempat Pemasangan Behel di Jakarta

Bagian paling menyita waktu dan pikiran yaitu mencari tempat pasang behel yang murah, terpercaya dan berkualitas di Jakarta.

Bukan karena susah, tapi banyaaaaak banget pilihannya mulai dari klinik gigi sampai rumah sakit banyak banget variannya.

Sebagai pembanding, gue akan menaruhkan hasil pencarian gue selama ini di artikel kali ini.

1. Klinik OMDC

Klinik gigi yang tersebar di sekitaran Jabodetabek yang saat ini sedang hits banget. Semua kliniknya punya tema lucu dengan dominan warna fuschia. Owner nya juga hits banget lah, sampai bergumnam ini owner nya masih jadi Drg di klinik nya apa nggak ya? wkwk

Harga pemasangan behel konvensional berbahan metal di OMDC mulai dari Rp 4,9 Juta oleh Drg umum. Sedangkan penanganan oleh dokter spesialis mulai dari Rp 5,9 juta.

Gue melakukan reservasi dengan Drg. Meity Sp. Ort nya tgl 18 Juli dan baru bisa dijadwalkan pada tanggal 15 Agustus 2019. Waw lama juga ya. Nggak lama kemudian dikabarin ternyata baru bisa available di tanggal 21 Agustus 2019. Baik mundur seminggu nggak apa deh.

Eh pas tanggal 15 Agustus dikabarin lagi kalau jadwal yg sudah dipesan tanggal 21 tidak bisa dilakukan karena klinik tutup. Akan dijadwalkan ulang tergantung jadwal dokter nya, sampai saat ini belum dikabari.

2. Klinik Dental Universe / Dental Legend Indonesia

Awalnya gue tertarik untuk melakukan pemasangan kawat gigi di Dental Universe karena harga nya yang begitu menggiurkan, sayangnya promo nya sudah habis. Gue diarahkan untuk melakukan perawatan di Dental Legend Indonesia yang merupakan klinik premium nya dengan harga lebih tinggi. Tapi tetep menggiurkan cuma 5jt all in.

Saat hari konsultasi tiba, gue dihubungi lagi oleh Dental Legend Indonesia sebagai reminder. Wah perhatian juga ya klinik ini sama calon pasiennya.

3. Thamrin Dental Clinic

Lokasi nya di Thamrin Residence, pas lah berada di pusat kota. Jadwal prakteknya juga banyak, buka setiap hari dari jam 10.00 – 20.00. Pastinya sangat cocok bagi pegawai kantoran.

Di klinik terdapat berbagai jenis behel mulai dari yang konvensional berbahan metal dan ceramic, sampai ada yang self ligating damon berbahan metal dan ceramic. Harga pemasangan behel konvensional mulai dari 6jt, behel self ligating damon metal 15jt sedangkan ceramic 25jt.

Nah tapi semua harga di atas untuk pemasangan Drg umum sertifikasi ortho bukan Spesialis Ortho. Penangan dengan Drg Sp.Ort harga nya mulai dari 7jt.

Sudah nawaitu banget nih buat datang dan konsultasi ke Thamrin Dental Clinic dengan dokter spesialis ortho nya, tapi pas terakhir ditanya nama lengkap dokternya tidak dijawab lagi sama CS nya lalu jadi saya lupa untuk follow up dan berujung males.

4. Klinik FDC (Family Dental Care)

Klinik FDC sepertinya sudah sangat terkenal ya di Jakarta buat kalangan anak muda. Belakangan ini gencar memberikan harga super promo di instagram, iklannya bilang pemasangan behel mulai dari 1,7 juta rupiah.

Antara tergiur dan khawatir, ini seriusan nggak sih?

Setelah melihat beberapa review dari vlog orang-orang di youtube, mereka bilang kalau promo murah banget itu hanyalah sebagai strategi marketing untuk orang yang ingin pasang behel murah meriah demi terhindar pergi ke ahli gigi/tukang gigi.

Setelah pasien datang ke FDC, akan diedukasi dengan baik, apa bedanya pemasangan melalui dokter gigi dan tukang gigi dan kenapa harga nya berbeda. Nah harga asli nya berkisar diantara 3 juta.

Tetep murah banget sih.

Biaya konsultasi pertama nya Rp 100.000 tapi tenang aja bisa dapat potongan Rp 95.000 kalau kamu berkenan untuk memberikan review di google. Jadi, untuk kamu yang ingin sekedar konsul aja bisa datang ke FDC, cuma bayar goceng!

5. Ladokgi Bendungan Hilir

Lokasi nya deket banget sama kantor! I like. Hanya saja harga nya masih cuklup mahal, ada dua pilihan yaitu yang 11 juta atau 13 juta. Beda nya hanya di bracket nya saja. Biaya kontrol tiap visitnya Rp 300.000

Gue datang ke Ladokgi lalu konsultasi dengan Drg. …. Sp.Ort. Dokternya sudah senior dan sangat keibuan sekali. Somehow merasa nyaman dan klop. Penjelasannya pun mudah dimengerti, planning gigi gue akan diapain pun jelas. Drg…. bilang kalau kasus gue ini paling membutuhkan waktu 1 tahun saja asal rajin kontrol.

Waw cocok banget lah planning nya dengan goal gue.

Berhubung waktu itu gue masih ragu dari segi harga, jadi gue tidak mengiyakan perawatan behel saat itu juga, bilang mau mikir-mikir dulu. Biaya konsultasi orthodenti saat itu dikenakan Rp 250.000.

6. FKGM UI

Sebuah alternatif rumah sakit khusus kesehatan gigi dan mulut yang ramah di kantong. FKGM UI terkenal murah dan berklualitas. Dokter yang menangani adalah mahasiswa koas yang ingin mengambil gelar spesialis. Nggak usah khawatir, walaupun masih koas tapi tetap didampingi oleh dosennya.

Karena orientasi nya juga untuk keperluan edukasi, FKGM UI ini tidak menargetkan keuntungan kayak rumah sakit/klinik lain. Sayangnya, jadwal nya bentrok banget sama jam kantor.

7. Audy Dental

Selama dilanda kegalauan sebenernya di instagram maupun website suka muncul nih iklan Audy Dental, tapi kayak males nyari tau lebih lanjut aja paling nggak beda jauh lah sama yg lain.

Mikirnya juga paling spesialis ortho nya dikit, pemasangan behel ditangani oleh drg umum. Sampai suatu ketika ketemu temen yang udah pakai behel lebih dulu. Gue tanya deh “lo pasang behel di mana?”

“Audy Dental”

Langsung deh ingatakan gue akan iklan-iklan audy dental bermunculan. Sesampai di kosan gue langsung cari tahu tentang Audy Dentgal, gue liat list dokternya, cabang klinik nya, dan juga jadwal.

Pemasangan behel di Audy Dental itu Rp 8,5 juta, tapi kayaknya akan selalu ada promo cashback deh HAHA. Untuk yang cicilan dapat cashback 1jt, sedangkan yang lunas cashback 1,5jt. Jadi intinya sih mulai dari Rp 7,5 juta.

Cabang kliniknya banyak banget di Jakarta dan Bandung, untungnya ada di Kemang sebagai lokasi klinik terdekat dari gue. Langsung aja bikin reservasi untuk konsultasi dengan Drg. Sp. Ort.

Ohiya, di Audy Dental semua pemasangan behel dilakukan oleh Drg. Sp. Ortho jadi gue ga perlu lagi nanya-nanyain ini spesialis apa bukan atau ngecek di website ikatan dokter gigi wkwkwk.

Banyak juga ya pencariannya, sudah ada 7 tempat yang ditanya-tanya dan dibandingkan hingga akhirnya terpilih satu tempat dan semoga merupakan yanmg terbaik buat gue.

Tahapan Sebelum Pasang Behel Metal

Ada beberapa tahapan dulu sebelum akhirnya kamu bisa menggunakan behel. Yang pertama, konsultasikan pada Dokter Gigi Orthodenti. Kedua, lakukan scalling, Ketiga Rongten Gigi Panoramic dan/atau Cepalometric, Keempat Tambal Gigi/Cabut Gigi Jika Diperlukan. Hal ini hanya atas rekomendasi Dokter gigi yang akan memasang behel untuk gigi kalian. Karena setiap dokter memiliki planning yang berbeda untuk pasiennya. Kelima cetak gigi.

Semua alur harus dijalani agar mendapatkan pengalaman pasang behel yang menyenangkan. Hiya hiya.

Pengalaman Pasang Behel di Audy Dental Clinic

Gue akan mencoba menjelaskan sedetail mungkin, kalau ada yang miss atau ditanyakan seputar pengalaman dan alur pemasangan behel boleh ditanyakan di kolom komentar.

Setelah reservasi melalui DM instagram, gue datang sekitar jam 1 siang ke Klinik Audy Dental Kemang tgl 10 Agustus 2019. Pelayanannya so-so lah, waktyu menunggu nya +- 1 jam an.

Gue dilayani oleh Drg. Tirsa Sp. Ort., dan dilakukan analisa secara fisik lalu dijelaskan tentang plan Dokternya untuk gigi gue, juga mengenai macam-macam jenis behel yang tersedia.

Sayangnya, saat itu internet nya sedang mati di klinik, jadi tidak bisa melakukan foto rongten, karena foto rongten di sini sudah menggunakan digital; bukan yang pake film lagi. Tidak bisa manual.

Yasudahlah Senin tgl 12 Agustus gue kembali ke Klinik Audy Dental untuk foto saja. Pemasangan behel dijadwalkan dilakukan pada tanggal 19 Agustus 2019 jam 19.00.

Asli deg-deg an abis.

Akhirnya hari yang dinanti itu tiba, 19 Agustus jam 18.40 gue sampai di Audy Dental Klinik untuk pemasangan behel.

Kali ini proses menunggu nya lebih cepat, jam 19.10 sudah dipanggil, dijelaskan ulang kembali tentang planning Drg. Tirsa Sp.Ort, beliau bilang gigi gue harus ada yang dicabut dua, yg kiri bawah dan kiri atas.

Sedih sih yg atas harus dicabut juga, tapi yaa iya juga sih ruangnya agak sempit hehe. Padahal gigi belakang gue gak ada yang tumbuh. Makin dikit aja gigi yg ada di mulut ini hiks.

Proses pemasangan behel berlangsung sekitar 45 menit. Disela-sela pemasangan gue ditawarin mau pake karet warna apa, berhubung baru pertama jadi gue pilih yg clear aja deh biar berasa pake behel self-ligating hahaha. Setelah selesai rahang rasanya cukup pegel mangap terus.

Gigi gue yang harus dicabut itu dijadwalkan untuk dicabut oleh spesialis bedah mulut seminggu kemudian. Kenapa harus Sp. BM? Karena menurut dokter, gigi gue yg bawah itu posisinya cukup sulit.

Saya mah nurut aja.

Hari pertama pemasangan behel gue masih bisa makan lasagna pizza hut. Memang terasa ada yg aneh di mulut, tapi tidak terasa sakit paling hanya ngilu dikit kalau gigi atas dan bawah beradu.

Pengalaman pasang behel emang kurang afdol kalau nggak sakit ya kayaknya, hari kedua tepat pas bangun tidur, gigi makin terasa kenceng. Pas gigi atas dan bawah yang bagian depan beradu rasanya beeuuuh NGILU PISAN!

Siapa kemarin yang sombong bilang nggak sakit?!?!!!

Pengen marah-marah jadinya.

Biaya Pemasangan Behel Metal Konvesional

Ada banyak varian harga untuk pemasangan behel di klinik Audy Dental tergantung dari jenis behel / bracket yang dipilih. Gue sendiri memilih ortho classic USA.

Total biaya yang gue keluarkan untuk pasang bracket bisa dilihat di bawah ini:

  • Biaya registrasi awal Rp 50.000
  • Biaya scalling Rp 399.000
  • Biaya tambal gigi Rp 450.000
  • Biaya administrasi tiap visit Rp 10.000
  • Biaya pemasangan behel dan cetak gigi Rp. 6.500.000 (*dapat cashback karena bayar tunai, harga normal nya 8,5 juta)
  • Biaya rongten Panoramic Rp 100.000
  • Biaya rongten Chepalometri Rp 250.000
  • Biaya kontrol tiap 3 minggu Rp 280.000

Biaya di atas itu tidak hanya di Klinik Audy Dental karena banyak perawatan/tindakan yang dilakukan di tempat lain. Hehe.

Mau pasang behel di klinik gigi spesialis ortho tapi pengen lebih murah? bisa aja gunakan BPJS untuk beberapa perawatan. Nantikan tips dan perkiraan kalkulasi nya di artikel selanjutnya ya.*

*kalau banyak peminatnya HEHE

Begitulah pengalaman pasang behel yang cukup berkesan, semoga bermanfaat buat kalian!

9 Comments

  1. CREAMENO August 28, 2019
  2. Lili susanti September 23, 2019
    • insalamina September 25, 2019
  3. Yesi September 27, 2019
    • insalamina September 29, 2019
  4. Yesi September 27, 2019
  5. rista October 27, 2019
    • insalamina October 28, 2019
  6. Wulan November 6, 2019

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.