Eksplorasi Pulau Harapan ala Backpacker

Pergi ke Pulau Harapan ala Backpacker? Tenang kamu bisa mewujudkannya setelah membaca artikel ini sampai habis. Pulau Harapan merupakan salah satu dari berbagai pulau cantik di Kepulauan Seribu. Tempat favorit orang Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan atau refreshing setelah melewati hari-hari penat dan macet di Ibu kota.

Cara menuju ke Pulau Harapan

Ada berbagai cara menuju Pulau Harapan, cara yang paling disukai ala backpacker adalah menggunakan kapal kayu dari Kali Adem. Harganya Rp 60.000 sekali jalan. Kapal kayu ini tersedia dari jam 7 pagi dan siang hari. Agar tidak kehabisan kereta kamu bisa mulai mengantri semenjak pukul 6 pagi.

Memilih Open Trip/pergi Sendiri

Untuk yang mau berangkat sendiri, dan di guide saat disana bisa langsung kontak guide gue selama disana. Bisa nyewain kapal dll. Yang mau kontaknya bisa contact gue langsung di tab”contact us” kirimin gue email. Aku baik, kan?

Lebih praktis lagi kalau langsung ikutan open trip yang tersedia di internet. Walaupun open trip tapi harga yang ditawarkan pun masih terjangkau dan nggak beda jauh kalau pergi sendiri.

Penginapan di Pulau Harapan

Tidak seperti pulau Tidung yag penginapannya tersebar dimana-mana, di Pulau Harapan ini terkesan sedikit gitu. Mungkin karena para penyewa homestay tidak banyak yang terang-terangan menuliskan plang penginapan. Ada yang unik juga di Kawasan Pulau Harapan yaitu tersedianya resort mewah di Pulau Sepa.

Wah penginapan nya jadi berasa kayak di Bali gitu, menggunakan material kayu dan langsung menghadap ke laut. Disana juga terdapat dermaga khusus speedboat, jadi udah langsung tau kalau sementara ini hanya bisa berharap untuk menginap disana.

Gak Cuma Berenang, Hal Ini Bisa Dilakukan di Pulau Harapan

Yup, Pulau Harapan memiliki banyak aktivitas yang bisa dilakukan. Apalagi kawasan Pulau Harapan ini dikelilingi banyak pulau-pulau kecil yang membuat gue ingin mengunjungi dan eksplor semua pulau-pulau kecil.

1. Wisata Kuliner

Saat pertama kali tiba di dermaga Pulau Harapan, gue langsung disambut dengan berbagai jajanan laut. Makanan ringannya beragam banget dari sosis ikan, cumi, ebi, apalagi yaa banyak banget deh semua digabung dengan sambal khas jajanan SD. Setelah perjalanan panjang melewati laut, rasanya nggak mungkin deh kalau nggak jajan makanan ringan ini wkwk. Harga satunya Rp 2.000/tusuk.

Selain yang diatas, ada juga makanan seperti leker, rujak, otak-otak, bahkan ada berbagai minuman segar. Saat udah malem, baru deh suasana nya pas untuk mencicipi seafood seperti ikan bakar. Gue juga nggak tau sih nama-nama ikannya, asal milih yang keliatan enak aja hahaha.

2. Snorkeling di Sekitar Pulau Harapan

Sama seperti pulau-pulau komersial lainnya di Kepulauan Seribu, Pulau Harapan juga menawarkan pengalaman snorkeling. Sang guide akan mengantarkan kita ke spot yang ada terumbu karang nya, tempat potensial untuk para ikan berkumpul dan kongkow. Kali ini gue dibawa ke berbagai spot snorkeling, jadi seru banget berenang sampai letih.

Snorkeling nya bisa diajak keliling juga melihat pulau lain, spot menariknya ada di Pulau Bira pulau Perak, Pulau Macan Gundul. Banyak banget nama-nama pulau yang disebutkan lalu lupa setelah kembali ke kapal. Beda dengan trip ke Pulau Tidung kemarin, kali ini  sekalinya berangkat snorkeling banyak banget pulau di kanan kiri, mungkin gue bisa nyasar ke pulau lain kalau gue yang ngendarain sendiri perahu nya.

3. Hoping Island

Gak cuma snorkeling, gue juga keliling pulau dengan tujuan foto cantik biar bisa bersaing dengan selebgram. Gue menuju Pulau Bira kecil dan Pulau Bulat. Iya sih memang hanya dua pulau, karena waktu yang terbatas.

Di Pulau Bulat terdapat pantai yang jernih dengan pasir putih nya, rasanya ingin berenang lagi. Sayangnya gue udah nggak punya baju ganti lagi jadi gue urungkan niat tersebut dan hanya mencelupkan kaki gue sebagai pelipur lara. Pengalaman yang gue rasakan bisa kalian rasakan juga dengan berlibur ke Pulau Harapan ala backpacker.

Menurut kalian, pulau apa nih yang wajib dikunjungi di Kepulauan Seribu? Semoga tahun depan gue bisa mengunjungi Pulau Macan yang terkenal eksotis dan mahal itu ya.

17 Comments

  1. Rizka Nidy February 6, 2018
    • insalamina February 9, 2018
  2. Erika Kurnia February 6, 2018
    • insalamina February 9, 2018
  3. Sara Neyrhiza February 8, 2018
    • insalamina February 9, 2018
  4. Jalan-Jalan KeNai February 8, 2018
    • insalamina February 9, 2018
  5. Hanna April 22, 2018
    • insalamina April 23, 2018
  6. dian April 28, 2018
    • insalamina May 3, 2018
  7. Desi indrie April 30, 2018
  8. Rika May 11, 2018
    • insalamina May 12, 2018
  9. sam_botaxs May 20, 2018
    • insalamina May 22, 2018

Leave a Reply