[Kuliner] Sate Kambing Mbok Galak : Paling Hits di Surakarta

Beberapa waktu lalu gue diajak makan sate kambing yang hits banget di Surakarta (Solo), Sate kambing Mbok Galak. Menurut warga lokal, Sate Mbok Galak ini memang sudah terkenal sejak dahulu kala dan menjadi makanan favorit presiden. Jadi, kalau kalian lagi travelling ke Surakarta jangan lewatkan mencicipi sate kambing di sini ya.

Lokasi nya berada di Jl. Ki Mangun Sarkoro No.112, Sumber, Banjarsari. Saking terkenal nya, kalian nggak perlu repot nanya alamat, tinggal lihat di gmaps atau tanya saja penduduk sekitar.

Nggak cuma sate kambing, Mbok Galak menyediakan berbagai kuliner berbahan dasar daging kambing. Sudah jelas, menu andalan dan khas nya adalah sate buntel. Olahan dari daging kambing cincang yang di’buntel’ dengan lemak dan ditusuk dengan tusuk sate. Sate buntel ini dibumbui dengan merica dan kecap manis, sederhana tapi endeus. Gue pun baru tau ada makanan dengan nama sate buntel ya di Solo ini.

Selain sate buntel yang endeus banget, ada juga tongseng kambing, tengkleng dan sate kambing biasa. Gue sih merekomendasikan sate buntel nya, karena khas banget kuliner dari Solo. Nah sisanya kalian bisa pilih sesuai selera. Favorit kedua orang-orang di sini adalah tengkleng, daging kambing dengan tulang-tulangnya persis seperti makan iga sapi.

Sayangnya, gue nggak begitu suka makan tengkleng, apalagi harus nyeruput-nyeruput gitu -biar berasa bumbunya sampai ke tulang, aku kan lagi mood makan cantik 🙁 wkwk. Sebagai gantinya, gue pesan tongseng, beuh dagingnya banyak puol. Satu porsi tongseng bisa untuk 2-3 orang.

Harga Sate Kambing Mbok Galak

Harga yang ditawarkan nggak beda jauh sama tempat makan sate kambing lainnya yang juga menyajikan tengkleng dan sate buntel. Satu porsi sate buntel (isi 2) dibandrol Rp 40.000, tongseng Rp 40.000, nasi Rp 4.000/porsi

Gimana? Mau nyobain sate kambing Mbok Galak? Tenang aja, mbok nya nggak galak kok *eh

2 Comments

  1. cici desri February 13, 2018
  2. Ratna Oktaviani April 3, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.