Jalan-jalan di Semarang dalam Satu Hari, Enaknya Kemana ya?

Kalau cuma punya waktu satu hari untuk jalan-jalan di Kota Semarang enaknya kemana dan ngapain aja ya?

Selamat, kamu berada di artikel yang tepat. Kali ini gue mau membahas tempat wisata, makanan, dan hal yang bisa kamu lakukan di Semarang hanya dalam satu hari. Beberapa waktu lalu, gue suntuk gundah gulana, akhirnya gue melaju ke Kota Lumpia ini dari Solo

Ohiya, update! Kereta Kalijaga udah nggak berangkat dari Stasiun Purwosari, tapi dari Stasiun Solobalapan. Gue yang awalnya hanya mengandalkan artikel yang ada di google jadi harus bolak-balik Purwosari – Solobalapan dulu huhu. Jadi dengan ini saya klarifikasi ya, agar tidak ada salah paham lagi antara kamu dengan KAI.

Kereta berangkat jam 05.20 dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pukul 08.15. Waktu yang cukup pagi untuk eksplor Kota Semarang kan? Nah sekarang silahkan simak aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan di Semarang dalam satu hari.

1. Jalan Santai di Area Kota Tua Semarang

Kota Tua Semarang atau Kota Lama Semarang terletak di utara Kota Semarang. Jadi gue saranin untuk memulai perjalanan dari sini, lagipula kawasan kota tua Semarang itu panas banget! Nilai plus kalau dijelajahi dari pagi hari. Ohiya, untuk kalian yang naik kereta, lebih baik turun di stasiun semarang tawang, karena jaraknya lebih dekat dengan Kota Tua Semarang. Disini kamu bisa wisata sejarah dan wisata arsitektur. Bangunan dari zaman Belanda masih bisa kamu temukan disini.

Bisa dibilang ini adalah tempatnya kamu memiliki simpanan foto yang instagramable. Mulai dari Stasiun Semarang Tawang, Pabrik Rokok Praoe Lajar, Gereja Blenduk bahkan sampai persimpang di area kota tua saja bisa jadi spot foto menarik. Selain itu, bisa juga mengunjungi museum Semarang Contemporary Art Gallery hanya dengan membayar tiket masuk Rp 12.000. Kamu bisa menjadikan Galeri Semarang ini sebagai tujuan terakhir di area Kota Tua, karena galeri ini baru buka pukul 10.00

2. Makan Tahu Gimbal Pak Lumayan (Pak Man)

Tahu gimbal memang sudah jadi makanan khas Kota Semarang. Ada beberapa tempat yang gue rekomendasikan. Salah satunya adalah Tahu Gimbal Lumayan Pak Man. Lokasi nya ada di jalan plampitan, tepatnya di sebrang hotel Quest. Warungnya cukup sederhana dengan beberapa tempat duduk saja, jadi aklau sudah berada di Jalan Plampitan lebih baik pelankaan laju kendaraan agar tidak terlewat.

Harga satu porsinya Rp 23.000. Memang terasa lebih pricey, namun rasa itu akan terbayarkan setelah kamu melihat makanannya tiba. Porsinya cukup besar dan udang-udangnya ya ampun. Sebesar anganmu memilikinya, besar banget! Banyak pula. Jika merasa kemahalan, kamu bisa mencoba tahu gimbal yang berada di Taman KB, harganya lebih murah tapi lupakan tentang udang-udang jumbo ya.

3. Wisata Sejarah di Sam Po Kong

Setelah makan siang, waktunya menuju Sam Poo Kong. Klenteng yang berada di jalan simongan ini identik sekali dengan Kota Semarang. Dulu, di klenteng ini lah tempat Laksamana Zeng He bersinggah setelah berlayar sekian lama. Nggak cuma sejarahnya aja yang menarik, namun tempatnya pun lagi-lagi instagramable. Berbagai sudut di Klenteng Sam Poo Kong ini sayang jika tidak diabadikan dengan kamera.

Nyatanya, untuk orang yang belum pernah kesini bisa jadi mengira bahwa kamu sedang berada di China. Nuansa merah dan ukiran-ukiran yang khas menjadikan tempat ini seperti bukan di Semarang. Seru banget kan bisa pura-pura lagi di negara lain?

Harga tiket masuk Sam Poo Kong saat weekend sebenarnya hanya Rp 8.000 /orang. Namun, jika kamu ingin masuk ke dalam kuilnya (yang biasanya hanya untuk ibadah) maka kamu harus membayar lagi sebesar Rp 20.000. Di dalam kuil, kamu bisa melihat ukiran batu yang menceritakan sejarah Laksamana Zeng He juga mencoba kostum yang telah disediakan. Lumayan kan, untuk foto di instagram.

3. Mencicipi Lumpia Khas Semarang

Seharian berkeliling di Kota Semarang maka waktunya cari peganjal perut sebelum eksplorasi destinasi selanjutnya. Apalagi kalau bukan nyobain lumpia  khas semarang? Nah untuk lumpia kamu bisa mencoba ke Toko Loenpia Mbak Lien yang terkenal banget di Semarang. Lokasinya berada di dekat Pasar Johar, tepatnya di jalan pemuda gang grajen No. 1. Lumpia khas semarang ini bisa berisi udang, rebung, maupun telur. Harganya mulai dari Rp 7.000 /pcs

5. Wisata Malam di Lawang Sewu

Night Tour Lawang Sewu ini bisa jadi alternatif kalau kalian bisa stay di Semarang sampai malam hari, kalau tidak punya banyak waktu kalian bisa menikmati indahnya lawang sewu dari pinggir jalan dan mengabadikannya lewat foto. Bangunan ini sangat unik karena jumlah pintu nya yang banyak sekali, maka dijuluki lawang sewu (pintu seribu). Jam operasionalnya mulai dari 07.00 – 21.00. Harga tiket Lawang sewu Rp 10.000

Bosan dengan pilihan wisata yang udah disebutin diatas? Kalau gitu, saatnya kita melihat aktivitas dan rekreasi apa saja sih yang ada di Semarang dengan menggunakan salah satu fitur Traveloka. Dengan fitur ini, kamu bisa mencari alternatif tempat yang bisa kamu kunjungi. Untuk tampilan web nya bisa kalian liat di gambar dibawah ini

 

Gue pribadi lebih suka menggunakan fitur ini via handphone sih, jadi bisa diakses dimana saja. Fitur Aktivitas & Rekreasi ini bisa menjadi sebuah tempat untuk referensi must-visit setiap jalan-jalan ke suatu kota. Nggak perlu khawatir juga untuk memilih aktivitasnya, karena tersedia rating dari para pengunjung.

Nah sebagai pendatang yang cuma punya waktu singkat dan ingin menikmati aktivitas sebanyak mungkin, kamu bisa memanfaatkan fitur Aktivitas & Rekreasi ini. Dengan fitur Aktivitas & Rekreasi di Traveloka kamu bisa memesan tiket atraksi seperti PlayPlay Indoor Theme Park, wisata air di Waster Blaster Semarang, Trans Studio Mini dan lain-lain. Pemesanan tiket online lebih menguntungkan karena:

  • Tanpa Antri
  • Lebih hemat
  • Lebih pasti

Liburan pun jadi terasa lebih mudah. Walaupun begitu, sebagai pendatang tetap melelahkan ya keliling Kota seharian gini, apalagi kalau tidak membawa kendaraan pribadi. Harus gonta-ganti kendaraan, belum mencari-cari alamatnya. Biar nggak repot, kamu bisa memesan one day tour Semarang di traveloka. Pastinya biaya yang kamu keluarkan sepadan dengan pengalaman yang akan kalian dapatkan.

One fine day di Semarang selesai sudah, saatnya kembali ke rumah beristirahat dan bersiap untuk petualangan selanjutnya.

3 Comments

  1. Nasirullah Sitam November 13, 2017
  2. Maria Anastasia Wardani November 21, 2017
  3. melisa December 13, 2017

Leave a Reply