Panduan Liburan Tahun Baru di Bandung

Liburan tahun baru biasanya dilakukan bareng sahabat atau keluarga. Tempat wisata nya harus ramah untuk segala usia dan seru untuk semua orang. Pilihan gue jatuh pada Kota Bandung. Kota yang nggak ada abisnya untuk wisata, kali ini jogja nggak dulu ya. Udah terlalu sering merayakan tahun baru di Kota Yogyakarta hehe.

Kalau kalian ingin liburan di Kota Bandung, maka kalian bisa lanjut baca untuk rekomendasi tempat wisata dan spot merayakan tahun baru yang akan gue cobain juga. Baca sampai akhir dan thank me later.

Wisata Liburan di Bandung

Wisata alam di Bandung emang juara banget, mulai dari situ patenggang, ranca upas, kawah putih, curug maribaya dan berbagai tempat lainnya di kawasan lembang. Tapi karena tahun baru masuk pada musim hujan, jadi gue lebih baik skip dulu wisata alam nya. Males becyek becyek bok!

Yuk simak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kota Bandung:

1. Alun Alun Kota Bandung

tempat liburan di Bandung

pikiran-rakyat.com

Tempat wajib yang harus dikunjungi saat di Bandung ini berada di Jalan Asia Afrika. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah sore hari menjelang maghrib. Udara sudah tidak terik dan kamu bisa menikmati jalan-jalan sore di area sini, lanjut sholat maghrib di Masjid Agung bagi yang melaksanakan. Lalu setelah gelap bisa lanjut jalan menuju Jalan Asia Afrika, menikmati kudapan maupun foto-foto sepanjang jalan.

Kayaknya hampir semua orang yang pernah ke Bandung nggak asing dengan pemandangan hantu-hantu an di sepanjang Jalan Asia Afrika. Gue perhatiin sih semakin kesini semakin ramai aja nih cosplay hantu-hantu an dan karakter film. Selain cosplay tadi, kalian bisa juga foto foto dengan mural yang oke banget atau sekedar duduk cantik di kursi pinggir jalan dengan latar bangunan belanda.

2. Jalan Braga

bandung.co

Agak maleman dikit bisa lanjut ke Jalan Braga, bisa nonton di mall braga maupun sekedar foto-foto di jalan yang hits ini. Jalan Braga ini semakin malam akan semakin ramai, jadi nggak ada yang namanya too late for Braga. Gue sangat menyarankan untuk mengunjungi di waktu malam hari, karena lampu-lampu nya akan memberikan keindahan yg unik. Cailah.

Jalan Braga ini mirip-mirip lah dengan Jalan Malioboro nya Jogja walaupun nggak ada angkringannya ya. Disini juga terkenal dengan night life nya, jadi jangan heran dengan club yang bertebaran di kawasan ini.

3. Kebun Binatang

Wisata ke Kebun Binatang Bandung bisa kamu lakukan sejak pagi hari atau sekitar jam 9-10 an. Disini terdapat berbagai jenis hewan mulai dari yang tinggal di air, darat dan yang terbang di udara. Tempatnya sangat luas dan berhasil bikin kaki saya pegal-pegal. Nggak nyangka juga sih kebun binatang di Bandung punya area seluas ini.

Sirkulasi jalannya memang kurang terarah sih, jadi pengunjung bisa menyebar ke area mana saja sesuai preferensi pengunjung. Plus nya pengunjung bisa skip area yang emang nggak mau dikunjungi, minus nya pengunjung yang mau datengin semua tempat jadi bingung harus mulai darimana dan berakhir muter-muter kayak gue πŸ™

Tiket masuk kebun binatang bandung Rp 40.000/orang. Harga tersebut merupakan harga hari libur per Desember 2017. Biasanya sih nggak semahal itu, kalau nggak salah hanya Rp 20.000. Walaupun begitu, kebun binatang Bandung bisa dijadikan wisata yang family friendly, soalnya edukasi nya dapet, santai nya dapet, seru-seru an juga bisa banget.

Wisata Kuliner di Bandung

Kulineran di Bandung juga nggak ada habisnya, bisa jadi bahasan satu artikel panjang sendiri. Nah disini gue mau rekomendasiin salah satu tempat favorit yang nggak pernah absen dikunjungi bagi keluarga gue. Cisangkuy. Awalnya disini yang terkenal adalah yoghurt cisangkuy yang enak tapi mahal itu. Untungnya sama keluarga ya dateng nya jadi ga perlu mikirin harga hahaha.

Di depan bangunan yoghurt cisangkuy terdapat banyak gerobak makanan yang menjual berbagai makanan mulai dari appetizer sampai dessert. Kalau kesini, cobain deh menu yang rada aneh di telinga, sate susu. Sate ini terbuat dari bagian susu sapi. Jadi bukan hasil perahannya, tapi daging bagian susu nya.

Nah sekarang di dekat yoghurt cisangkuy ada pasar cisangkuy yang isinya berbagai makanan endues, cobain juga ke pasar cisangkuy ini ya! Setiap weekend atau hari libur suka ada live music atau nobar nya gitu. Seru banget ya? Wajib nyobain kesini pesan semua makanan. Makanan khas Bandung favorit kalian biasanya apa sih? Gue sih suka banget tahu gejrot!

Masalah harga makanan di pasar cisangkuy memang tidak murah tapi masih terjangkau dan sepadan. Cocok juga untuk bawa keluarga besar kesini, ramah untuk semua kalangan. Paling yang bikin genggeus cuman pas mau parkir aja sih, karena ramai jadi ya agak susah tuh cari parkir.

Transportasi Selama di Bandung

Menurut gue, transportasi di Bandung bukan lah sebuah masalah. Begitu banyak pilihan transportasi yang tersedia mulai dari ojek, becak, taksi, angkutan umum, damri, sampai transportasi online. Angkutan umum di Bandung juga sudah menjangkau berbagai tempat dengan pilihan rute yang banyak. Untuk para pendatang yang belum tau rute angkutan umum bisa coba web kiri.travel, gue suka mengandalkan web ini untuk mengetahui angkot apa yang perlu diambil.

Nah kalau sekarang ini malah lebih gampang lagi, tinggal buka gmaps dan pilih direction, masukkan lokasi kamu sekarang dan lokasi tujuan pilih yang public transportation. Nanti akan muncul rekomendasi angkutan umum yang harus kamu gunakan.

Mau lebih mudah lagi? Silahkan download applikasi transportasi online, sudah tersedia banyak baik yang motor maupun mobil. Pilih sesuai selera saja ya, sudah aman juga kok menggunakan transportasi online di Bandung.

Spot Terbaik Rayakan Tahun Baru di Bandung

Untuk melihat kembang api maka tempat yang dikunjungi pun harus pas. Gue rekomendasiin di dataran tinggi! Lupakan tentang hujan becyek becyek ya, emang harus ada perjuangan untuk melihat bintang, kembang api dan indahnya kerlap kerlip Kota Bandung dari dataran tinggi. Biasanya sih tahun baru an nggak hujan ya? Jadi nggak apa lah kita ke alam bebas huehehe.

1. Punclut

instagram.com/rafeliaps

Punclut juga dikenal dengan Puncak Ciumbuleuit. Biasanya warga sekitaran Bandung ke punclut untuk olahraga pagi atau jalan-jalan santai. Lokasi nya dekat dengan pusat kota dan memiliki akses yang mudah menggunakan transportasi umum. Untuk menuju kesini kamu bisa menggunakan angkot dari Dago. Walaupun lokasi nya dekat dengan pusat kota tapi tetap saja yang namanya dataran tinggi pasti memiliki hawa yang sejuk di siang hari dan dingin di malam hari. Jadi, jangan lupa bawa jaket ya.

Disini kamu bisa mengunjungi lereng anteng sebagai salah satu tempat hits dengan tema kemah modern. Selain pemandangan alam yang indah, tempat ini bisa dijadikan spot instagram-able. Saat malam hari suasana di punclut akan berubah romantis, cocok untuk kamu yang ingin tahun baru di Bandung bareng pasangan.

2. Bukit Bintang

kanopiberjalan.wordpress.com

Kebahagiaan gue sesederhana mengunjungi bukit bintang. Disini selain melihat kerlap kerlip bintang di langit juga bisa melihat kerlap kerlip lampu kota dengan segala kesibukannya. Entah bagaimana tempat dataran tinggi seperti ini ngebuat suasana jadi romantis gitu. Pantas saja kalau bukit bintang menjadi salah satu obyek wisata romantis di Bandung.

Sayangnya gue belum memiliki kamera dengan kalitas low light yang mumpuni. Jadi sementara nikmatin aja dulu hasil jepretan orang yang gue temukan di google ini ya. Hehe. Hamparan pemandangan yang luas begini sangat pas untuk menikmati perayaan tahun baru, kamu bisa menikmati lautan kembang api dengan latar belakang langit yang luas.

3. Tebing Keraton

liburan tahun baru di bandung

Perjalanan menuju tebing keraton memang juara banget, jalan sempit dan menanjak. Harus banget bawa pengendara yang handal terutama kalau menggunakan mobil. Perjalanan juara tersebut akan terbayar dengan keseruan dan keindahan pemandangan yang ditawarkan oleh Tebing Keraton.

Saat ini kawasan Tebing Keraton juga sudah dikelola dengan baik oleh penduduk sekitar diiringi dengan tiket retribusi juga ya pastinya. Nggak cuma untuk merayakan malam tahun baru, tebing keraton juga bisa dinikmati sejak sore untuk menanti terbenamnya matahari.

4. Bukit Moko

wisataterindah.net

Bukit Moko ini mirip-mirip dengan Tebing keraton tapi lebih luas dan banyak yang bisa dilihat-lihat. Nah waktu gue kesana sih bayarnya itu Rp 25.000/orang sudah termasuk makan. Jadi lebih kayak kalian gratis masuk tapi wajib beli makanan. Lagian di tempat dingin-dingin emang bawaannya laper mulu. Worth it kan?

Selain spot untuk lihat pemandangan kalian juga bisa mengunjungi hutan pinus nya. Gue saranin sih pas pagi nya aja, menjelang matahari terbit sih terbaik. Foto di deretan hutan pinus dengan sinar matahari yang malu-malu masuk menembus kabut. Nah untuk mengunjungi hutan pinus ini perlu tiket tambahan. Kalau nggak salah sih Rp 10.000/orang.

Sebenarnya selain wisata dengan tema alam di atas, kalian juga bisa menikmati perayaan tahun baru di pusat kota seperti alun-alun, lapangan gasibu, bahkan mall. Tempat-tempat tersebut juga nggak kalah seru nya dan sering mengadakan acara live music. Namun gue pribadi lebih memilih dataran tinggi yang bertema alam dibanding itu semua. Alasannya sesimple gue nggak mau desak-desakkan dengan kendaraan cukup dengan sesama manusia aja. Walaupun ramai, tapi wisata alam somehow lebih menenangkan.

Menurut kalian gimana?

Penginapan Murah dan Nyaman di Bandung

Nah liburan tahun baru di Bandung memang mengharuskan kita menginap supaya lebih puas eksplorasi nya. Gue sih merasa lebih enak menginap di pusat kota karena dari sini bisa menjangkau seluruh area wisata dari sisi utara sampai selatan. Penginapan yang gue pilih dekat dengan Jalan Asia Afrika, hanya hitungan menit dengan jalan kaki. Lanjut jalan sampai ke Jalan Braga juga bisa, seru banget kan?

Selain itu tempat penginapannya dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Museum Konferensi Asia Afrika (2.8 km), Museum Sri Baduga (3.4 km), Trans Studio Bandung (2.9 km), Sudirman Street Day & Night Market (3.8 km), Plaza Parahyangan (3.7 km), dan Bandung Indah Plaza (4.2 km).

Nilai tambahnya adalah tema dari penginapan gue yang agak-agak nature gitu, dengan banyaknya tumbuhan dan material kayu. Bangunannya jadi berasa homey banget. Bisa banget nih disulap jadi spot instagram-able.

Kalian juga bisa menikmati penginapan rekomendasi gue di website atau aplikasi RedDoorz. Nama propertinya adalah RedDoorz Plus near Asia Afrika 3. Alamatnya di Jalan Pangarang No.14, Cikawao,Β Bandung, Kota Bandung, Asia Afrika. Untuk pemesanan silahkan langsung mengunjungi website nya atau aplikasi nya (tersedia di google play dan Apple Store).

Properti RedDoorz ini sudah dipastikan mempunya fasilitas yang kalian butuhkan untuk menginap. Mulai dari kamar yang nyaman sampai toiletries. Harga yang ditawarkan pun terjangkau, apalagi sekarang ada Sale Rp 99.000/malam untuk properti pilihan. Cocok banget kan untuk menjadi alternatif penginapan murah dan nyaman di pusat Kota Bandung?

reddoorz bandung

Sudah siap kan tahun baru di Bandung? Atau malah punya rencana lain di Kota lain? Rencana liburan akhir tahun kalian kemana guys? Dimanapun liburannya jangan lupa liat reddoorz untuk tempat menginap yang murah dan nyaman. Mau dapat diskon menginap Rp 50.000? download applikasi reddorz dengan cara klik gambar di atas ya. Otomatis dapet redcash yang bisa digunakan di semua properti Reddoorz.

12 Comments

  1. Amir Mahmud December 27, 2017
    • insalamina December 29, 2017
  2. Hendra Suhendra December 28, 2017
    • insalamina December 29, 2017
  3. Santi Dewi December 30, 2017
  4. Rach Alida Bahaweres December 30, 2017
  5. Ucig December 31, 2017
    • insalamina December 31, 2017
  6. dewi adikara January 2, 2018
    • insalamina January 5, 2018
  7. M. Moko January 4, 2018
  8. Hanifa January 24, 2018

Leave a Reply