Wisata Foto Hits di Taman Bunga Matahari Jogja

Akhir pekan lalu gue ke Yogyakarta, karena sudah cukup banyak tempat yang di kunjungi gue memutuskan menanyakan pada netizen tempat apa yang asik di datangi. Temen gue menyarankan untuk mengunjungi taman bunga matahari. Dia mengirimkan foto instagram yang ciamik banget yang akhirnya membuat gue ingin ke sana. Oke baik lah.

taman bunga matahari

Lokasi Taman Bunga Matahari

Ini dia taman bunga matahari jogja yang lagi hits banget. Lokasi nya berada di kawasan Bantul, Yogyakarta tepatnya di jalan lintas selatan dekat dengan Gumuk Pasir. Dari arah Kota Jogja, kalian bisa melewati Jalan Parangtritis maupun Imogiri Barat. Setelah itu bisa ke Jalan Samas atau tetap di Jalan Parangtritis, nah kalau memilih lewat Jalan Parangtritis kalian bisa ke arah barat lewat jalan samas kretek sebelum memasuki retribusi ke pantai prangtritis.

Setelah itu tinggal lurus aja deh sampai masuk ke Jalan Lintas Selatan, sepanjang jalan tersebut kalian bisa menemukan beberapa kebun bunga matahari yang bertebaran. Biasanya para pemilik kebun akan memasang plang agar kalian menyadari keberadaan pintu masuk nya.

Unik nya, kebun bunga matahari ini dikelola oleh masing-masing pemilik lahan. Jadi, akan ada banyak pilihan yang bisa kalian pilih. Walaupun kalau begini jadinya bingung sih mau masuk ke area yang mana. Mungkin lebih asik kalau para pengelola ini bersatu dan menjadikan area mereka sebagai taman bunga matahari ter-ciamik di Jogja ye kan.

Masyarakat pun gue rasa akan lebih senang eksplorasi taman bunga matahari dengan sekali bayar. Nah sementara ini, kalian harus berpuas dulu mengunjungi kebun yang kalian pilih, karena kalau mau foto di kebun lain akan dikenakan biaya masuk lagi.

Berapa Harga Masuk Taman Bunga Matahari?

Jika kamu melaui Jalan Pantai Kuwaru (yang juga akses menuju Pantai Goa Cemara) maka kamu akan melewati retribusi Jalan lintas Selatan, di sini kamu harus membayar Rp 6.000/orang. Setelah itu ketika kamu sudah memilih kebun yang ingin kamu kunjungi maka biaya yang harus kamu keluarkan adalah pakirnya Rp 2.000/motor lalu masuk ke dalam taman bunga nya Rp 5.000/ orang.

Bisa dibilang taman bunga matahari jogja ini hanyalah bunga matahari yang di tanam di pinggir Jalan Lintas Selatan. Luas nya pun tidak seluas bayangan gue sebelumnya, tapi tetap tidak mengurangi keindahan foto yang dihasilkan. Apalagi yang foto sudah handal, bisa dipastikan membuat orang lain ingin mengunjungi tempat wisata foto di Jogja ini.

Selain bunga matahari, ada juga tanaman lain yang berwarna-warni, kebetulan di taman yang gue datangi juga ada tanaman tersebut. Sayang aja gue tidak berminat foto, soalnya area nya sempit dan ada dua muda-mudi sedang berfoto ria. Gue nggak mau di-cap penggangu hubungan orang soal nya. #lah

Satu lagi alasan gue nggak mau nungguin muda-mudi tersebut selesai foto-foto agar gue bisa foto di sana. Yaitu… panas Ya Allah, terik banget berasa lagi di tengah jalanan aspal siang bolong. Mata ini rasa nya tak mampu melihat matahari, makanya liatin bunga nya aja.

Tips Wisata Taman Bunga Matahari Bantul

Dilihat dari foto-foto nya yang indah buat dipamerin, gue punya firasat kalian ingin juga kan mengunjugi kebun bunga ini? Nah sebelum berkunjung, baca dulu tips nya.

  • Gunakan sepatu, bunga matahari ini ditanam diatas pasir, jadi daripada pasir nya masuk-masuk ke flatshoes kan mendingan pake sepatu
  • Datang saat pagi hari atau sore hari. Pokoknya jangan pas siang, please nggak usah ngeyel.
  • Jangan lewat Jalan Pantai Kuwaru, lewat jalan kecil aja biar nggak bayar retribusi HAHAHAHA. Ih bayar aja tau! (takut)
  • Kalau udah bayar, sekalian aja ke area wisata di sekitar nya, biar nggak rugi

Jadi, mau pada ke sini ngga?

Tadi kan gue bilang, sekalian ke tempat wisata lainnya di sekitar sini. Udah pada tau belum tempat wisata lainnya apa aja? wuih banyak. Kalau kamu belum puas dengan taman dan bunga-bunga an, kamu bisa jalan ke timur dan menuju ke Taman Bunga Asri. Di sana lebih banyak jenis tanaman yang berwarna-warni dengan tinggi sekitar sedengkul orang dewasa. Selain wisata, kalian juga bisa beli bibit tanamannya.

Balik ke arah Barat, kalian bisa ke Pantai Goa Cemara, Pantai Pantehan ataupun ke mercusuar Pantai Pandansari. Nah sebelum masuk ke area tersebut, kemungkinan kalian akan bayar retribusi lagi ke masing-masing pantai. Jadi, siapkan uang nya ya. Gue sih milih balik lagi ke Kota Jogja, soalnya laper dan panas 🙁

Semoga perjalanan kalian ke Taman bunga matahari Jogja menyenangkan!

4 Comments

  1. Wahyu setyorini February 11, 2018
    • insalamina February 12, 2018
  2. Dinilint February 11, 2018
    • insalamina February 12, 2018

Leave a Reply