Liburan Seru Trekking Gunung Tangkuban Perahu di Bandung

Menjelang musim liburan gini memang paling enak untuk merencanakan liburan. Kali ini gue mau membahas tentang wisata Bandung yang murah, mudah dijangkau, cocok untuk keluarga dan pastinya instagramable. Sepertinya setiap menjelang liburan tahun baru gue selalu memilih menghabiskan waktu di Bandung, untuk tempat hits merayakan pergantian tahun gue pernah bahasĀ di sini.

Gunung Tangkuban Perahu, rasanya sudah tidak asing ya mendengar nama tempat tersebut? Iya, Tangkuban Perahu memang sudah jadi primadona bagi wisatawan. Tempat wisata ini berada di lembang, surga nya para pendatang untuk liburan.

Gunung dengan ketinggian 2.084 mdpl bisa dijangkau dengan mudah dengan transportasi pribadi maupun transportasi umum. Di zaman serba digital gini sih lebih mudah menggunakan taksi online.

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Saat musim liburan, harga tiket retribusi memang lebih mahal sedikit.

  • Senin – Jumat Rp 20.000/orang
  • Sabtu-Minggu/Hari libur Rp 30.000/orang
  • Parkir Mobil Rp 5.000

Loket retribusi berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu, untuk yg ingin wisata trekking kalian bisa memulai dari bawah sini dan berjalan terus menuju puncak. Bagi kalian yang ingin foto-foto santai saja, bisa membawa kendaraan pribadi menuju area kawah Tangkuban Perahu. Seandainya tidak membawa mobil/kendaraan pribadi, kalian bisa menggunakan shuttle yang disediakan oleh pihak Tangkuban Perahu.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Tangkuban Perahu

Menurut gue, wisata di Tangkuban Perahu bisa jadi wisata lengkap dan cocok untuk segala kalangan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini, bisa untuk yg berjiwa muda, yang mau chill bahkan hanya untuk sekedar refreshing aja bisa banget. Ini dia beberapa kegiatan yang bisa dilakukan:

  • pendakian gunung dan Eksplorasi Tempat

Awalnya gue pikir Tangkuban Perahu hanya berorientasi wisata keluarga yang lokasinya nggak bisa dijadikan tempat campin. Nyatanya gue salah. Di sini kalian bisa camping dan berjalan menuju puncak nya. Siapkan carrier dan alat pendakian mu, jangan lupa ajak teman-teman agar terasa lebih menyenangkan.

Mungkin suatu saat gue akan berencana glamping (glamorous camping) bersama teman-teman di Gunung Tangkuban Perahu. Ada yang udah pernah? Yuk share di kolom komentar

  • Menuju Kawah

Nah berfoto di area kawahini sudah menjadi “hal wajib” bagi wisatawan. Pada umumnya mereka datang untuk melihat dan mengabadikan momen di area kawah

  • Trekking sambil Refreshing

Semakin ditelusuri, ternyata tempat wisata ini luas banget! Iya lah ya namanya juga wisata alam di gunung. Gue menemukan trek yang panjaaaang banget. Dengan suasana pepohonan yang rindang. Di setiap sekian ratus meter pun terdpaat warung-warung penjual makanan. Sayangnya saat gue jalan-jalan tersebut, semakin jauh semakin banyak warung yang tutup. Mungkin karena jarang yang melakukan trekking hingga ke hutan.

  • Kuliner Jajanan Lokal

Nggak heran lah ya kalau di tempat wisata itu sering dijadikan tempat kulineran karena memang banyak jajanan khas Bandung yang ditawarakan kepada wisatawan

  • Shopping

Selain memanjakan mata dan lidah, kita juga bisa berbelanja sambil memajukan perekonomian lokal. Banyak dagangan yang bisa kita beli untuk oleh-oleh. Dari mainan lucu untuk anak-anak, berbagai cinderamata sampai buah stroberi yang fresh, besar dan manis!

  • Foto Prewedding

Berencana menikah dalam waktu dekat? Kalian bisa mampir ke Gunung Tangkuban Perahu untuk foto pre-wedding. Banyak spot spot foto yang ciamik.

Tips Sebelum Wisata di Bandung

Pastinya dalam setiap liburan kita ingin merasakan pengalaman yang menyenangkan. Agar dapat lebih menikmati wisata di Tangkuban Perahu, yuk simak beberapa tips berikut:

  • Siapkan masker sendiri agar lebih hemat, karena di sekitar kawah akan terasa sekali bau belerangnya.
  • Pakai Sunblock, sayangi kulit mu dari teriknya matahari
  • Siapkan payung di musim hujan ini
  • Pakai sepatu

 

Semoga pengalaman gue ke GUnung Tangkuban Perahu ini bisa menjadi referensi kalian untuk liburan mendatang ya. Yuk atur perjalanan untuk liburan nanti. Ada yang punya rekomendasi wisata Bandung yang wajib dikunjungi?

One Response

  1. Utari December 16, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.