Basecamp Mawar: Tempat Camp Keluarga di Semarang

Ingin relaksasi di alam terbuka, ngadem di ketinggian tapi males banget buat naik gunung. Nah kalau udah begini, gue lebih memilih camping ceria di kaki gunung. Salah satu tempat camping di Semarang yang sering gue kunjungi adalah Basecamp Mawar. Basecamp Mawar ini berada di kaki Gunung Ungaran, ,Gunung dengan ketinggian 2.050 mdpl.

Cara Menuju ke Basecamp Mawar

Sebenarnya cara menuju ke tempat camp di Semarang ini cukup mudah di zaman milenials, tinggal buka gmaps dan search basecamp mawar, ungaran atau umbul sidomukti. Voila akan langsung diarahkan sampai ke tujuan. Gue selalu ke sini menggunakan motor dari Solo. Arahnya menuju Kota semarang lewat Boyolali, kalau sudah ada di Jalan Semarang-Surakarta tepatnya melewati Cimory (sekitar Bawen), maka gue akan belok ke kiri nggak jauh dari situ.

Hmm gue agak susah nih menjelaskan perjalanan via teks, dan sejujurnya sih nggak ‘ngeh’ juga. Wong selalu disetirin, tinggal duduk manis lalu sampai. HEHEHE.

Gue saranin sih kesana menggunakan kendaraan pribadi, tenang aja parkiran luas dan banyak kok untuk motor maupun mobil. Bagi yang ingin menggunakan transportasi umum sih bisa aja, cuman masih harus naik ojek lagi dari jalan raya sampai ke basecampnya. Kalau jalan kaki rasanya bakal capek banget!

Gue jadi inget pas gue ke sana malam hari, gue pernah ketemu segerombolan orang yang jalan dari jalan raya ke atas basecamp dengan carrier segede gunung. Gils. Perjuangan dilakukan dari bawah sekali bung. Jadi guys, kalau nggak bawa kendaraan pribadi, lebih baik kesini saat siang hari lalu naik ojek. Beneran dah.

basecamp mawar

Biaya Retribusi Basecamp Mawar

Berhubung basecamp mawar berada di kawasan Umbul Sidomukti jadi kita juga akan dikenakan biaya retibrusi masuk Umbul Sidomukti. Harga retribusi masuk umbul sidomukti Rp 5.000/orangnya. Nah kalau kamu emang niatnya cuma ngecamp/naik Gunung Ungaran, mending ke sini nya saat malam hari. Saat Umbul Sidomukti sudah tutup, jadi udah gak ditarikin biaya retribusi di pintu paling depan.

Dari pintu paling depan langsung belok kiri dan ikuti jalanan menanjak. Setelah melewati Cafe di umbul sidomukti maka kamu akan melihat petunjuk menuju Basecamp Mawar. Ambil kanan lalu bayar retribusi yang sebenarnya.

Biaya retribusi Gunung Ungaran Rp 11.000 deh kalo nggak salah buat berdua pake motor dengan rincian Rp 3.000/orang, terus parkir motor Rp 5.000. Untuk parkir mobil Rp 10.000. Apapun tujuan kamu, mau sekedar ngecamp cantik di Basecamp Mawar maupun naik ke Gunung Ungaran, harga yang dibayarkan tetap sama

 

Fasilitas Basecamp Mawar

Sebagai tempat camp di Semarang yang gue nobatkan sebagai family friendly, Basecamp Mawar memiliki berbagai fasilitas yang lengkap. Mulai dari tanah lapang yang berundak, sehingga siapapun yang ingin uka tenda dibelakangnya tidak akan kehalangan pemandangan oleh tenda di depannya. Seru khan.

Tersedia juga berbagai pilihan warung walaupun kebanyakan makannaya indomie, bakso, dan gorengan. Mau yang lebih classy? bisa turun sedikit ke bawah. Nongkrong di cafe, harga nya pun relatif murah. Sesuai lah dengan lokasi nya yang berada di tempat wisata.

Parkiran nya bisa untuk motor dan mobil, bahkan setiap kai gue ke sini gue merasa lahan parkirannya selalu bertambah deh. Ada pula basecamp untuk para pendaki Gunung Ungaran berupa bangunan rumah.

Ohiya, yang paling penting untuk tempat camp yaitu kamar mandi umum. Walaupun ramai, kamar mandi tetap terjaga bersih. Senang deh rasanya :’)

kaki gunung ungaran

Gue ga begitu yakin dengan peraturannya, namun gue sering menemukan orang yang mengadakan api unggun juga di sini. Jadi, gue ambil kesimpulan bahwa bikin api unggun juga dibolehkan di sini. Seru kan? Ditemani dengan minuman hangat lalu nyanyi-nyanyi sambil bawa gitar.

Entah kenapa, gue nggak terasa terganggu sama sekali dengan suara gitar dan nyanyian orang-orang sekitar. Gue malah merasa mereka menambah suasana ngecamp menjadi syahdu. Rasanya jadi pengen pindah lapak dan ikutan nyanyi.

tempat camp keluarga

Di kaki Gunung Ungaran ini juga banyak spot foto nya loh. Daripada mager-mageran di tenda, coba deh tracking menuju ke puncak Gunung Ungaran. Nggak, nggak usah sampai ke puncak. Cukup menuju lahan luas yang berada saat kita mau menuju puncak Gunung Ungaran.

Ikutin aja terus petunjuk menuju puncak ungaran. Setalah melewati mata air yang ada kolamnya jalan lagi menajak sedikit. Nah di sana kalian bisa foto sepuasnya dengan pemandangan yang super indah versi gue. Ohiya, di daerah sini juga bisa aja mendirikan tenda cuman karena nggak ada pohon disekitarnya jadi berasa lebih dingin karena anginnya cukup gede.

ungaran

Sudah selesai dengan camping asik di camp ground saatnya menjelajahi kawasan wisata Umbul Sidomukti. Apa aja yang bisa dilakukan di Umbul Sidomukti? Banyak! Ada yang mau share pengalamannya?

6 Comments

  1. Baim Parindury May 14, 2018
    • insalamina May 18, 2018
  2. Lombok Wander May 16, 2018
    • insalamina May 18, 2018
  3. Inda Chakim May 19, 2018
  4. gilang ramadhan October 8, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.