Mudahnya Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Pertanyaan satu ini sering banget ditanyain ke gue secara berulang, yaitu bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah. Jelas aja sih, semua pengen dapet harga tiket yang murah, selain karena budget tipis, ya karena emang udah kere aja. Mungkin mereka heran atau tergiur karena gue Alhamdulillah sering dapet tiket promo AirAsia ke Singapore, Malaysia, dan lain-lain.

Berhubung gue anak yang baik, tapi mager jelasin berulang, jadi gue rangkum tips mendapatkan tiket pesawat murah disini. Nah kalau kalian juga baik, share juga ke teman kalian, sehingga semakin banyak penduduk bumi yang bisa jalan-jalan dengan tiket pesawat murah :’) berbagi itu indah, ye gak?

Tiket Pesawat Murah Nggak Melulu Promo

nahloh, bingung gak sih sama pemilihan kata-kata gue? HAHA. Intinya, kalian nggak mesti nunggu promo dari maskapai atau agent tiket pesawat. Jadwal penerbangan kalian nggak melulu pas sama musim promo para maskapai. Nah supaya bisa dapetin yang murah, yang kalian lakukan adalah buka segala mesin pencari tiket pesawat. Seperti skyscanner, tiket2, tiket, traveloka, airpaz. Pokoknya SE-MU-A.

Sebelum memulai pencarian biar lebih efisien kalian tentuin dulu destinasi kalian kemana. Internasional atau domestik. Hal yang biasa gue lakukan adalah, gue mencari gambaran pesawat apa saja yang memiliki penerbangan sesuai rute gue dengan skyscanner. Lalu, gue mulai membandingkan harga masing-masing platform agen tiket pesawat.

Pahami Tren Promo Maskapai

Nggak cuma gebetan kamu aja yang harus dingertiin, promo maskapai juga. Nah berhubung maskapai favorit gue adalah AirAsia, bisa dibilang gue lebih paham dan ‘peka’ terhadap promo AirAsia. Kebetulan gue masih kroco dan duit tabungan belum bengkak, jadi belum minat nih memahami maskapai kelas atas šŸ™ ibarat kata, tak shanggup aku say!

Menggunakan Maskapai Lokal Destinasi Tujuan

Kunci is a key. Ini paling mujarab sih, jadi begini teman-teman ku. Setiap maskapai itu punya ‘basecamp’ nya masing-masing. Nah kalau kamu tujuannya ke Singapore dari Jakarta, maka cobalah lirik ScootĀ atau Tigerair. Karena kedua maskapai tersebut kandangnya berada di Singapore. Sehingga penerbangan kamu gak perlu transit, dan bisa menghemat biaya. Walaupun nggak selamanya transit itu lebih mahal.

Gimana kalau mau ke Philiphine? Ada sih emang AirAsia yang melayani rute jakarta-manila, tapi 90% transit dulu di KL, karena apa? Karena disanalah kandangnya. Kalau mau direct, nengoklah ke maskapai Cebu Pacific, maskapai ini juga sering ngadain promo nih.

cara mendapatkan tiket pesawat murah

DCIM100MEDIA

Beli Tiket Pesawat One Way

Kalau diingat-ingat, gue cuma sekali doang membeliĀ tiket pesawat PP dalam satu invoice. Itu pun karena promo nya memang PP, dengan maskapai Qatar. Selebihnya? Nggak pernah tuh, gue lebih suka beli perginya dulu baru pulangnya kemudian hari. Jangka waktu gue untuk beli tiket pulang dan pergi pun nggak tanggung-tanggung, satu periode promo (sekitar 2 bulan kemudian).

Jadi, kalian nggak perlu panik duluan, santai saja sampai promo selanjutnya tiba barulah kalian beli. Asalkan kalian sudah bisa memahami trend promo pesawat tersebut ya. Jadi kalian bisa tau apakah ini promo terakhir sebelum keberangkatan atau masih ada promo lainnya didepan.

Berlangganan Newsletter dan Pasang Notifikasi

Walaupun agak malesin karena bakal spam email kalian, tapi ini adalah salah satu cara mendapatkan tiket promo. Gue hanya berlangganan beberapa maskapai yang rute nya menjadi dream list gue, nggak lupa juga bikin notifikasi harga lewat agent-agent pemesanan tiket, seperti tiket2 dan skyscanner.

Memilih Hari dan Jam anti-mainstream

Mungkin udah bukan rahasia lagi kalau biasanya tiket pesawat lebih murah di hari selasa-kamis. Atau faktanya dibalik, udah jelas harga weekend dan senin itu mahal! ah terserah deh perspektifnya gimana, yang jelas hari ditengah pekan ini menawarkan harga terbaik.

Selain hari, kalian bisa mendapatkan harga termurah di jam-jam larut malam. Yah, konsekuensinya sih, hari kalian habis untuk otewe dari Bandara menuju penginapan, boros lagi deh. Walaupun sebagian rela bayar lebih agar sampai siang hari, gue prefer pilih penerbangan termalam, tidur di Bandara dan lanjut besoknya jalan-jalan dari pagi. #hidupbackpackerkere #keretapiaktif #kreatif

Nah itu lah beberapa tips tiket pesawat murah yang biasanya gue jalanin. Selamat hunting tiket murah!

5 Comments

  1. Deabet January 10, 2017
    • insalamina January 12, 2017
  2. kopi curup April 14, 2017
  3. Indah April 17, 2017
  4. Claudia Novreica April 19, 2017

Leave a Reply