Lika Liku Transportasi Umum Solo – Jepara Demi Menuju Karimunjawa

Ini adalah cerita perjuangan menuju Karimunjawa. Gils. Nggak habis pikir, tinggal di Kota Solo yang notabene deket dari Jepara malah pusing banget cara menuju kesana nya. Mari merapat para pecinta transportasi umum.

Niat hati ingin liburan ke Karimunjawa sebagai obat stress eh malah dibuat pusing oleh transportasinya. Sebenarnya nggak harus sepusing itu sih, kebetulan aja gue berangkat dari Kota Solo. Jadi untuk penghuni Kota Solo yuk mari merapat. Siapkan minuman kesukaan bersama cemilan lalu baca perlahan curahan hati saya.

Sudah diputuskan, jadwal perjalanan gue ke Karimunjawa adalah hari jumat-minggu. Dengan menggunakan kapal Express dari Pelabuhan Jepara. Kapal yang gue gunakan berangkat jam 07.00. Disinlah permasalahan dimulai. Gue sudah googling berbagai cara, tapi tak ada cara praktis yang bisa mengantarkan gue ke Jepara in time sebelum jam 07.00 pagi

transportasi umum jepara

Perjalanan Solo – Jepara Menggunakan Bus

Tidak ada bus langsung dari Solo menuju Jepara. Jadi harus transit dulu di Semarang. Syukurlah, bus jurusan Solo – Semarang tersedia selama 24 jam dan berangkat setiap jam nya. Taris bus Solo – Semarang antara Rp 25.000 – Rp 30.000 lumayan pas di kantong. Walaupun sudah persiapan berangkat dini hari agar tiba subuh di Semarang namun permasalahan selanjutnya muncul. Tidak ada bus Semarang-Jepara yang berangkat subuh. Paling pagi sekitar jam 5 pagi, itu pun tak pasti.

Kendaran yang menuju Jepara merupakan sebuah bis kecil atau yang sering warga Jakarta sebut sebagai metro mini. Bis ini seperti angkot yang bisa menaikkan dan menurunkan penumpang dimana saja. Jadi ada estimasi perjalanan yang berhenti-henti. Walaupun kata gmaps perjalnana Semarang-Jepara itu sekitar 2 jam tetap saja dengan delay yang ada mana bisa sampai 2 jam!

Tarif bus mini Terminal Semarang – Terminal Jepara Rp 20.000

Perjalanan Solo – Jepara Menggunakan Travel

Travek solo – Jepara bisa dipesan melalui telp. Keberangkatannya dimulai dari Terminal Tirtonadi. Jam keberangkatannya macam-macam, tapi paling pagi ada jam 05.00 dan paling malam jam 21.00 dengan waktu tempuh 4 jam.

Biaya travel dari Solo – Jepara memang lumayan menguras kantong, mulai dari Rp 90.000 tapi praktis dan langsung sampai di tujuan. Tidak perlu gonta-ganti kendaraan, pastinya lebih hemat waktu.

Alternatif via Kereta

Sebelum tergiur, perlu dijelaskan bahwa tidak ada kereta langsung menuju Jepara. Memang, dulunya Jepara memiliki stasiun kereta api, tapi sudah tidak beroperasi. Jadi alternatif ini bisa digunakan untuk kalian yang tidak buru-buru mengejar kapal pagi dan mau hemat.

Harga tiket kereta Solo – Semarang hanya Rp 10.000 lalu bisa dilanjutkan dengan bis mini menuju Jepara seperti saat menggunakan bus di atas.

Dari berbagai pilihan transportasi umum solo jepara di atas, gue menyarankan untuk menggunakan kapal keberangkatan siang dari Pelabuhan Jepara menuju Pelabuhan Karimunjawa.

Transportasi menyebrang ke Pulau Karimunjawa

Ada berbagai alternatif jadwal dan jenis kapal untuk menyebrang ke Pulau Karimunjawa dari Jepara. Dari Pelabuhan Kartini, Jepara terdapat dua kapal yang melayani penyebrangan menuju Karimunjawa. Jam operasional paling pagi yaitu jam 07.00 sampai paling sore jam 15.00.

Jadwal kapal ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung cuaca saat itu. Hmm, kayaknya gue ada catatan lengkapnya deh di notes. Lain kali diupdate ya. Sementara segini dulu hehe #kejartayang

 

6 Comments

  1. Nasirullah Sitam June 5, 2018
  2. Jogjacars June 6, 2018
    • insalamina June 24, 2018
  3. Kiyakaro June 7, 2018
  4. Alvin August 5, 2018
    • insalamina August 5, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.