Travel Hacks Universal Studio Singapore

Di artikel kali ini, kalian akan melihat beberapa list yang harus kalian ketahui sebelum have fun di Universal Studio Singapore. Gue berharap, list ini menjadikan trip kalian the most fun!

Gue sudah mengunjungi Universal Studio Singapore (USS) selama 4 kali. Empat kali kunjungan cukup membuat gue merasa wajib menyampaikan tips wisata ke Unviersal Studio Singapore. Semoga menjadi amal jariah. He he he.

Cara Menuju ke USS

Ada berbagai cara menuju USS, mulai dari yang praktis nan mahal dan yang murah meriah.

  1. Berpergian dengan kelompok? bisa menggunakan grab dari tempat menginap menuju USS. Harganya memang pricey, tapi akan terasa ringan jika dibagi teman sekelompok.
  2. Nggak punya temen sharing cost? Cara paling praktis adalah menuju Vivo Mall, lalu naik menuju lantai paling atas. Disana kalian akan melihat antrian menuju tiket penjualan. Beli tiket monorail express seharga SDG 4 untuk sekali jalan. Monorail ini berhenti di tiga stasiun, untuk mencapai USS, kamu bisa turun di stasiun kedua.
  3. Cara agak hemat yaitu menggunakan Bis RWS 8 seharga SGD 2 untuk pulang-pergi.
  4. Cara paling hemat adalah jalan kaki melalui jalan penyebrangan berjarak 500m. Untuk menggunakan fasilitas ini kamu (kala itu) harus men-tap kartu ezlink, kena charge SDG 1. Tapi kunjungan terakhir tidak ada biaya sama sekali alias gratis, entah sampai berapa lama

Travel hacks : Apapun kendaraan yang kamu gunakan sewaktu menuju USS, kamu selalu bisa pulang menuju Vivo Mall dengan gratis. Caranya, turun lah ke underground tempat bis dan mobil parkir. Lalu cari tempat pemberhentian bis RWS8. Mengantre dengan sabar, dan yes kalian nggak perlu bayar ataupun nge-tap lagi kartu ezlink kalian.

Beli Tiket USS Online Termurah

Mau kamu backpacker atau sosialita, kalau ada cara beli tiket murah dengan fasilitas sama, masa iya nolak sih? Untuk menghindari kelebihan fee yang bisa kamu alihkan ke pengeluaran lain, lebih baik kamu beli tiket di tempat yang jelas murahnya

  1. Beli tiket universal studio singapore secara online di Indonesia.
  2. Pastikan kamu akan menerima e-ticket bukan hanya voucher yang harus kamu tukarkan lagi. E-ticket ini nantinya bisa langsung kamu tunjukkan kepada petugas masuk

Wahana yang Wajib Dicoba

Kamu pemacu adrenalin? Pastikan kamu nggak ketinggalan wahana ini:

  • Transformer

Transformer bisa kamu temukan di area sci fi city, wahana ini juga merupakan wahana yang populer dengan antrian yang super panjang. Sebenarnya sih nggak terlalu ekstrem, tapi gue jamin sangat seru! Jadi kamu akan naik disebuah kereta yang akan digerakkan oleh mesin. Kamu akan merasakan berada di dalam cerita atau film tranformer itu, kesan kemari dan efek-efek yang ditimbulkan kerasa seakan-akan beneran terjadi. Ada efek jatuh, ketarik, wah seru deh!

  • Battle Galactica

Pecinta roller coaster sudah jelas nggak akan ngelewatin yang satu ini. Roller coaster disini ada dua jenis, yaitu human dan cylon. Hal yang membedakan keduanya adalah, yang satu duduk dengan kereta, satunya lagi duduk dengan kaki yang menggangtung, alias nggak ada alasnya. Jadi efek ekstreemnya akan lebih berasa sih. Pertama kali gue kesana sih warnanya merah dan biru, entah kenapa sekarang jadi merah dan abu (matter)

  • Mummy

Wahana yang satu ini mirip dengan Transformer karena sama-sama wahana yang memiliki cerita didalamnya. Antriannya juga cukup panjang, jadi kalau sudah masuk masih harus melikuk-likuk didalamnya sampai akhirnya naik tangga dan taraa kelihatan deh kendaraan yang akan mengantarkan mu selama wahana. Beberapa mengira kalau ini adalah sejenis kereta hantu yang serem-serem menakutkan. Iya bener serem dan menakutkan, tapi bukan karena hantu melainkan karena wahana ini adalah roller coaster indoor dengan kecepatan tinggi.

Walaupun begitu, permainan ini nggak ‘keliatan’ seremnya karena ada di dalam ruangan. Kita nggak sadar ada di ketinggian berapa maupun rel nya akan bagaimana, jadi nggak ‘keliatan’ serem tapi seru banget! haha

travel hacks: Kalian gak dierbolehkan membawa barang apapun ke dalam wahana ini, disediakan locker gratis selama 45 menit pertama. Jika berpergian dengan teman lebih baik gabungkan saja barang bawaan jadi satu locker. Just in case, lebih dari 45 menit kalian bisa patungan untuk harga sewa nya.

  • Jurassic Park

Selanjutnya adalah Jurassic Park di kawasan The lost world. Permainan ini juga punya cerita nantinya, iya nanti setelah kamu dibawa arung jeram dulu menggunakan kapal berbentuk bulat itu. Arusnya kadang deras kadang enggak, jadi bersiap-siap aja kalau basah ya. Gue nggak mau spoiler ceritanya gimana, biar kalian merasakan sendiri seru dan kagetnya dimana.

Keempat wahana tersebut merupakan wahana yang populer. Kalau kamu melihat papan waktu menunggu kurang dari 20 menit lebih baik langsung mangantre! Karena hal tersebut jarang ditemukan HAHAHA bisa-bisa pernah sampai 80-100 menit. Memang sih, wahana dengan atrean panjang difasilitasi oleh informasi fiksi mengenai wahana maupun layar tv tentang wahana agar lebih berasa dan tidak bosan. Tapi tetap saja bisa kering.

Wahana diatas mungkin tidak akan terlewat, selain karena populer, gedungnya pun terlihat jelas dan besar. Jadi tidak sulit menemukannya. Namun, ada beberapa wahana yang sedikit tersembunyi. Wahana ini baru aja gue temukan di dua kunjungan terakhir (mungkin wahana baru, mungkin saja memang tidak sadar)

  • sesame street

tips universal studio singapore

Wahana sesame street ini lebih diperuntukkan untuk anak-anak sih dengan konsep nya yang lucu. Seperti mini roler coaster yang tidak ada kaget-kagetnya. Cocok untuk yang lagi mau santai, nemenin adek, pacaran maupun penggemar sesame street. Interior didalamnya sih yang oke, berasa lagi di luar angkasa.

  • Light, Camera, Action! (Pembuatan effect pada film universal)

Nah ini nih, nggak boleh dilewatin. Antriannya lumayan sepi, mungkin karena tempatnya juga sih yang agak tersembunyi. Sebuah pertunjukkan effect-effect pada film, jadi berasa ala-ala green screen, tapi bukan. Gue juga jadi ngeh kalau mungkin kebanyakan shooting film yang bencana, heboh dan lain-lain tuh sebenernya hanya di dalam studio aja. Keren sih.

Efisiensi Menunggu Antrian

USS adalah salah satu theme park yang nggak ada sepinya. Untuk menghindari kepadatan, lebih baik kamu memilih hari biasa. Kalaupun hanya bisa weekend, pastikan bukan hari besar atau long weekend.

Jika ingin membeli fast track, beli lah di dalam USS (setelah masuk gate) dengan begitu kamu bisa memperkirakan apakah fast track mu worth it atau tidak

Hopeless dengan antrian yang begitu mengular? Yasudah tinggalkan sementara temanmu, lalu mengantri menjadi “single rider”. Bergembiralah kalian wahai jomblo dan solo traveler. Jalur ini memungkinkan kamu menerobos layaknya pengguna fast track. Karena tugas mu adalah mengisi kekosongan tempat duduk oleh mereka yang ganjil.

Travel hacks: Kalau kamu berkelompok dengan jumlah kecil, perhatikan terus petugas wahana tersebut. Bisa saja mereka membutuhkan tambahan 2-3 orang, sehingga kalau sudah dipanggil buru-buru deh angkat tangan. Orang didepan sudah pasti mempersilahkan kalian maju duluan.

Download applikasi RWS untuk mengetahui lama antrian di setiap wahana. Gue baru tau adanya aplikasi ini pas kunjungan terakhir dikarenakan hopeless nunggu antrian 60 menit sambil wondering

“Duh pengen deh bikin apps yang nunjukkin lama antrean terus gue jual deh ke USS. Berguna banget tuh pasti.”

Eh nyatanya udah ada yang bikin :’)

Foto Karakter dan Live Show

Dikala kalian sudah merasa antrean wahana terlalu panjang, coba perhatikan jadwal live show. Pastikan juga kalian memasang alarm agar tidak terlewat show yang ingin kalian tonton. Biasanya live show akan ada di area hollywood. Jadi kalian bisa menaiki wahana di sekitar hollywood saat pertunjukan live show mau dimulai (sambil menunggu)

Beli Makanan dan Minuman Meriah di Dalam USS

mana ada sih makanan murah di suatu theme park terkenal dengan kunjungan yang nggak pernah sepi? Nyatanya ada tips nya untuk kamu memaksimalkan keuangan dalam makan. Yanga rtinya bayar paling sedikit dapat paling banyak. Coba perhatikan tiket mu, bisa jadi sudah termasuk voucher makan 5 SGD dengan minimum pembelian 15 SGD. Lumayan kan?

travel hacks: Selipkan makanan di tas (jangan yang berukuran besar). Datang sebelum jam 10 tapi jangan antri di paling depan. Foto-foto aja dulu sama bola dunia nya, lalu setelah dibuka langsung mengantre dan yap! kamu tidak akan diperiksa kalau sudah bergerak antriannya.

Bersiap Untuk Basah

Ada beberapa wahana yang pasti basah, yaitu kawasan the lost world. Sewaktu mengantre pun kalian bisa menemukan vending machine penjual jas hujan plastik seharga SGD 5. Namun gue lebih menyarankan untuk bawa aja dari Indonesia, di Indonesia kamu bisa menemukannya dengan harga Rp 5.000 cukup jauh kan perbandingannya.

Bisa juga dengan membawa kaos ganti sebagai alternatif, walaupun agak lebih ribet karena kalau basah kita tidak bisa memprediksi bagian mana saja yang basah. Ya kan?

travel hacks: Gunakan sandal

Gunakan Tas Kecil dengan Barang Bawaan Secukupnya

kamu gak akan mau deh nyewa locker untuk tas mu. Untuk beberapa wahana kamu bisa menaruh tas kecil mu di rak yang sudah disediakan. Selain itu, kamu harus nitipin barang di locker. Dengan bawa tas kecil, kamu bisa patungan sama temen mu untuk digabung masuk ke dalam satu locker aja. Barang yang wajib dibawa: botol minum, handphone, dompet, jas hujan plastik,

additional: makan, kamera, power bank, payung (pas musim hujan)

Sudah segitu dulu ya panduan wisata di Universal Studio Singapore nya. Kalau ada yang kurang dan ingin ditanyakan tulis aja di kolom komentar, biar artikel ini bisa gue update lagi. Happy screaming!

2 Comments

  1. Nathalia DP December 20, 2017
  2. RESEP MASAKAN December 23, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.