Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemasangan Internet Indihome Pertama Kali

Welcome to adult life! Semua berawal dari pindahnya aku dan Kak Dape ke kontrakan, di mana tidak ada internet terpasang. Mulailah pencarian ISP terbaik di Jakarta, dari search via google hingga survey di ig story. Dan inilah ceritaku cara pasang Indihome pertama kali.

Setelah menghubungi berbagai provider (Biznet, MNC Vision, Indihome, Orbit, dll) ternyata ISP (Internet Service Provider) yg coveragenya sampai ke tempat gue cuman Indihome. Mendadak merasa tinggal di pelosok 🙁

Sejujurnya agak skeptis sama Indihome, karena terkenal dengan lemot dan gangguanya terutama saat hujan. Udah gitu ada stigma di masyarakat kalau komplain akan berujung muter-muter terus dan solusi yang biasanya ditawarkan adalah diupgrade gratis biar ga diputus.

Walau begitu, harus diakui jaringan Indihome memang sangat luaaaas, sampai ke desa-desa kecil pun ya cuma Indihome satu-satunya penyedia internet. Nah ini jadi salah satu Unique Selling Propositionnya dia, yaitu, mau online di tempat Anda? ya Indihome. Gak ada pilihan lain bok!

Cara Pendaftaran Pemasangan Baru

Pasang baru internet Indihome terbilang cukup sederhana, namun untuk pertama kadang memang membingungkan harus mulai darimana. Kalian bisa mencoba pendaftaran melalui channel-channel berikut ini:

  • Daftar Melalui Agen/Sales

Pernah nggak sih ngeliat stand Indihome di pinggir jalan atau mobil van merah dengan sticker logo Indihome? Gue cukup familiar dengan pemandangan ini, tapi ternyata kalau disaat butuh susah banget ya nemuinnya.

Gue nggak mau menggantungkan harapan kepada Mas/Mbak agen yang keberadaannya pun sulit ditebak. Berhubung internet bukan lagi gaya hidup tapi sudah menjadi kebutuhan terutama bagi para pekerja remote working *cailah

Buat kalian yang masih sering menemukan Mbak/Mas sales resmi Indihome, bersyukurlah, gosipnya sang agen suka ngasih harga promo dan pemasangannya akan lebih cepat karena Mbak/Mas Agen ditemani dengan teknisi.

  • Pendaftaran Melalui Website

Seperti yang sudah gue bilang, gue melakukan riset dan pencarian pertama melalui internet. Termasuk mencoba mendaftar wifi Indihome melalui websitenya. Namun sayang, websitenya kurang friendly sehingga yang ada hanya membingungkan gue 🙁

Sudah sempat bikin akun, tapi tetap tidak bisa melanjutkan proses pendaftaran. Akhirnya gue mencoba alternatif lain.

  • Telepon 147

Sejujurnya, cara telpon 147 adalah cara yang baru gue ketahui setelah datang langsung ke Plasa Telkom. Andai saja gue tau lebih awal mungkin gue akan lebih memilih untuk telepon saja hahaha.

  • Mendatangi Plasa Telkom

Setelah obrak-abrik websitenya yang ga karuan, akhirnya saya nyerah dan memutuskan untuk datang langsung ke plasa telkom terdekat. Kebetulan lagi jalan ke daerah fatmawati jadi mampir lah ke Plasa Telkom di Fatmawati.

Kesan pertama yg didapat adalah semua staffnya ramah mulai dari satpam hingga CS yg menangani, semua siap membantu. Kita tinggal bilang maksud dan tujuan kita aja untuk masang baru, udah deh mba CS gercep ngurus data2nya

CSnya juga sabar ngejelasin dan jawabin semua pertanyaan keingintahunan aku dan Kak Dape. Proses tanya-tanya dan pengisian data lumayan cepet, kita cuma perlu menujukkan KTP aja. Abis itu ditinggal sama CSnya untuk diproses, nah di sini yang bikin gengges, aku dan Kak Dape cukup lama ditinggalkan. Curiga ditinggal ngegosip nih

Setelah urusan pendaftaran selesai, gak sampai 5 menit langsung ada konfirmasi via tlp dari 147. Udah gitu bisa request juga mau dipasanginnya kapan dan jam berapa. Setelah selesai tlp sama 147, gak lama kemudian teknisinya menghubungi untuk minta share loc

Wah gercep banget! Patut diacungi jempol masalah kegercepan ini

Biaya Pasang Wifi Indihome

Ada beberapa varian biaya untuk pemasangan wifi Indihome yang harus kita ketahui, agar tidak bingung nantinya. Biaya-biaya tersebut adalah sebagai berikut:

  • Biaya Paket Langganan

Paketnya sendiri terbagi menjadi tiga yaitu 1P, 2P dan 3P. P di sini artinya adalah Play, yang artinya layanan yang dipilih. Nah masing-masing Pnya bisa kita sesuaikan dengan selera. Misal Internet, TV, Phone atau kombinasiantara ketiganya.

Gue memilih untuk berlangganan paket internet saja tanpa TV kabel, ya secara di kontrakan nggak punya TV 🙁 Jadi paket yang gue ambil adalah 1P (internet) seharga Rp 310.000/bln dengan kecepatan up to 20Mbps.

Selain pilihan paket Play, kita juga bisa menyesuaikan lagi dengan kebutuhan masing-masing berdasarkan kecepatan dan jumlah perangkat.

harga pasang indihome

  • Biaya Pasang Baru

Selain pilihan paket langganan, terdapat harga pasang wifi Indihome pertama sebesar Rp 125.000 yang akan ditagihkan di akhir bulan pertama pemakaian berbarengan dengan tagihan bulan tersebut.

Biaya pasang baru hanya dikenakan sekali, di bulan pertama.

Tagihan akan terbit setiap tanggal 5 dan harus dibayar maksimal tanggal 20 setiap bulannya. Khusus di bulan pertama, biaya yang akan ditagihkan akan dihitung pro-rata tergantung tanggal internet kalian aktif untuk pertama kali.

  • Biaya Sewa Perangkat

Ternyata, perangkat yang dipasang di rumah kita itu disewakan bukan dipinjamkan. Jadi tentu saja kita harus bayar biaya sewanya tiap bulan. Harga sewanya Rp 20.000/bulan

Sebagai contoh gambaran untuk tagihan di bulan pertama kalian, ini simulasi milik gue:

Internet aktif di tanggal 19 Januari, jadi tagihan di bulan pertama sebesar proporsional (pro-rata) Rp 168.500 + sewa router Rp 20.000 + biaya pemasangan router baru Rp 125.000 jadi totalnya Rp 313.500

  • Uang Jaminan

Selain ketiga hal di atas, ada lagi biaya yang perlu kita siapkan di awal, yaitu uang jaminan. Besaran uang jaminan sesuai dengan biaya langganan bulanan+biaya sewa perangkat. Dalam hal ini, uang jaminan gue sebesar Rp 330.000

Gue juga baru tau kalau peraturan yang terbaru adalah kita harus kontrak 1 tahun berlangganan dengan Indihome. Jika memutuskan untuk tidak berlangganan kurang dari setahun maka uang jaminan akan hangus.

Lalu gimana kalau kita setia? uang jaminan bisa menjadi ganti biaya di bulan ke-13, alias kita nggak perlu bayar tagihan untuk bulan ke-13. Cukup fair ya?

Itulah mengapa ku memilih setia, pasti ada rewardnya. Apapula~

Ohiya, uang jaminan ini dibayarkan ketika instalasi sudah berhasil dilakukan dan internet sudah bisa tersambung. Nggak lama setelah itu, internet akan diputus dan menunggu pembayaran jaminan untuk dapat menikmati layanan internet dari Indihome.

Prosedur Pemasangan Wifi Indihome

Mari kita lanjutkan proses pasang Indihome setelah kita melakukan pendaftaran. Setelah dihubungi oleh teknisi untuk share location, akhirnya tiba juga hari dimana sang teknisi akan datang untuk survey lokasi dan pemasangan.

Hal pertama yang akan dilakukan para teknisi adalah pengecekan kabel, apakah jalurnya sudah tersedia? Pengecekan ini memakan waktu kurang lebih 1-2 jam. Kurang tau pasti apa yang dilakukan karena pengecekannya tidak dilakukan di dalam rumah.

Sayangnya setelah dilakukan pengecekan, jaringan yang tersedia lokasinya lumayan jauh dari rumah kontrakan. Kabel yang dibawa Mas-Mas Teknisi kurang panjang, alhasil pengerjaan penarikan kabel ditunda esok hari.

Tenang aja, tidak akan ada biaya tambahan untuk pengecekan, pemasangan dan penarikan kabel. Sesuai janji, besok siangnya Mas Teknisi kembali datang dengan kabel yang lebih panjang. Proses penarikan kabel dilakukan nggak sampai satu jam, tiba-tiba udah sampai aja tuh kabel di depan pintu rumah.

Nah proses selanjutnya adalah instalasi router baru.

Proses ini perlu kita awasi, selain karena kepo juga karena Mas Teknisi perlu tau mau ditaruh manakah router wifinya? Semua perlengkapan juga udah disediakan oleh Mas Teknisi. Setelah selesai dipasang, prosedur selanjutnya adalah penjelasan mengenai cara penggunaan, cara ganti username dan password dan cara pembayaran.

Jika ada kesulitan dan kendala terkait instalasi, bisa langsung menghubungi Mas Teknisi yang super helpful.

Sekali lagi, tidak ada biaya pungutan untuk pemasangan router baru, tapi kalau mau disuguhin minuman dan makanan ya silahkan saja.

Cara Pembayaran

Terdapat berbagai banyak metode yang bisa dilakukan untuk pembayaran Indihome, diantaranya transfer, pembayaran melalui Alfamart, auto debit, kartu kredit, dan scan QR untuk pembayaran melalui e-wallet.

Metode yang paling sering gue gunakan adalah melalui kartu kredit. Nah sekarang lagi cari cara gimana caranya auto debit dari kartu kredit biar nggak kelewat dan tentunya lebih praktis.

Akan diupdate di sini, kalau sudah tau caranya 😉

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.