Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cari Kost di Jakarta yang Murah dan Nyaman

Cari kost di Jakarta? dulu sih udah kebayang ribetnya kayak apa, tapi dengan berbagai platform kost yang ada saat ini semua jadi lebih mudah dan nyaman.

Sebagai perantau sejak tahun 2013 dan berkali-kali pindah kosan, gue bisa menyimpulkan apa-apa saja yang penting dalam pencarian kost. Kali ini gue menceritakan tentang pengalaman mencari kost murah dengan fasilitas terbaik mulai dari keribetan di masa lampau hingga kemudahan dengan strategi kekinian.

Sebelum mulai cerita gue dalam pencarian kost di Jakarta, simak dulu tips yang harus diperhatikan saat kita mencari kost:

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencari Kost

Jangan salah pilih, kost an merupakan tempat kita beristirahat yang harus mengusung kenyamanan! terutama dimasa WFH ini, dimana waktu lebih banyak digunakan di kost. berikut kostan checklist yang harus ditanyakan saat melakukan pencarian

1. Lokasi

Faktor utama memilih kosan sudah pasti lokasi, nggak mungkin dong kuliah di UI tapi ngekos di kelapa gading :)) Ketika awal kuliah dulu, gue memilih mencari kost yang jaraknya ke kampus bisa ditempuh dengan jalan kaki kurang dari 5 menit.

Selain jarak dengan kantor/kampus, yang perlu diperhatikan adalah apakah lokasi tersebut strategis atau tidak. Lingkungan sekitar kostan apakah ada warteg/tempat makan, ATM, supermarket, atau rumah sakit sekalipun.

Setiap gue cari kost pun tempat makan dan supermarket jadi punya nilai penting. Sebagai perantau yang gak punya kendaraan, tiap gue mengunjungi calon tempat kost gue akan ngecek jarak dengan kantor menggunakan aplikasi ojol online, apakah gue sanggup membayar ongkos transportasi jika memilih kost tersebut.

2. Budget Kost (Harga Sewa)

Gak kalah penting nih, budget kostan. Sewaktu ngekos di Solo, range harganya kala itu (Tahun 2013-2018) berkisar antara 4,5jt – 9jt/tahun. Memang lumayan beragam. Tapi begitu pindah untuk kerja di tahun 2018, gue agak shock dengan biaya ngekos di Jakarta yang harganya berkisar antara 900rb – 4jt/bulan. Iya, per bulan.

Harga kost bulanan di Jakarta sebenarnya ada aja sih yang mulai dari 500rb/bulan, cuman untuk daerah tertentu, kalau di SCBD, Karet, Kuningan susah banget untuk nemuinnya. Biaya ngekos per bulan ini juga harus dipertimbangan dengan fasilitas apa saja yang didapat.

3. Fasilitas Kamar (Listrik, Air, Wifi, Laundry)

Dari awal sampai sekarang gue lebih prefer memilih kosan yang sudah termasuk biaya listrik, air dan wifi. Alasannya ya biar lebih simple. Tiap bulan nggak perlu lagi mikirin biaya tambahan.

Namun sepertinya, masih bisa ditoleransi kalau biaya listrik terpisah dengan menggunakan token listrik sendiri. Jadi, kita bisa kontrol sendiri pengeluaran listrik kita dan bertanggung jawab untuk matiin lampu kalau tidak digunakan.

Selain ketiga hal di atas, yang gak kalah penting adalah furniture di dalam kosan, apakah ada lemari, meja, kasur, AC dan letak kamar mandi.

Menurut gue, ketersediaan laundry dan letak kamar mandi itu merupakan kebutuhan sekunder. Gue ga begitu mempermasalahkan lokasi kamar mandi, selama untuk kost khusus putri. Ini preferensi personal ya, bisa jadi berbeda dengan masing-masing individu.

Umumnya, beberapa kost di Jakarta menawarkan fasilitas free laundry 2-3 potong/hari atau sekian kg per bulan. Lumayan ngirit dan simple sih dibandingkan harus laundry di luar. Kehadiran fasilitas ini bisa menjadi nilai plus.

4. Dapur dan Kulkas Bersama

Nah kedua fasilitas umum seperti dapur dan kulkas bersama sangat penting untuk kalian yang ingin masak sendiri. Walaupun gue gak masak sendiri untuk makan sehari-hari, tapi gue juga menyadari bahwa adanya dapur dan kulkas ini penting, buat sesekali masak Indomie kalau lapar tengah malam hahaha.

5. Jam Malam

Ohiya, ada satu lagi yang penting dan selalu gue tanyain, yaitu jam kosan. Sebagai pekerja kantoran yang sering lembur juga ini penting banget nih, jangan sampai udah kerja sampai tengah malam eh malah gabisa masuk kost.

Selain kelima hal di atas, hal yang nggak kalah penting untuk ditanyakan saat pencarian kost adalah jenis kosannya, apakah khusus putri, khusus putra, campur atau bisa untuk pasangan. Selain penghuninya, juga bisa ditanyakan mayoritas penghuni apakah mahasiswa atau pegawai kantoran, sehingga punya gambaran suasana di dalam kostan.

Drama Pencarian Kost Terbaik

Sungguh banyak drama terjadi terutama dalam 2 tahun terakhir merantau di Jakarta. Terhitung sudah tiga kali pindah kosan dengan berbagai alasan, mulai dari ingin nyaman, ingin hemat hingga alasan atap bocor HAHAHA.

Demi mendapatkan kost impian yang sesuai, biasanya gue akan menuliskan plus minus kosan dengan bikin tabel di google sheet. Sehingga gue jadi bisa mempertimbangkan dari faktor lokasi dan total biaya yang akan dibayarkan per bulannya.

Nah jika memang pilihannya pada kost yang tidak memiliki fasilitas seperti wifi, AC atau laundry, gue juga bisa langsung menghitung berapa biaya yang dikeluarkan kalau gue harus beli peralatan tersebut.

Cari Kost di Jakarta itu Mudah, Kunjungi 7 Situs berikut:

Dulu pas pertama kali cari kost untuk kuliah, gue no clue banget, bingung mulai darimana, palingan tanya-tanya kakak senior di kampus. Cuman pilihannya kurang beragam, sampai harus nanya tukang ojek terus diajak muter kesana kesini sampai was-was mikir ini tarif ojeknya berapa yaaa?

Selain ngabisin waktu dan tenaga, jangkauan untuk pilihan kosannya pun sedikit. Untungnya sekarang sudah banyak berbagai situs yang memudahkan dalam pencarian kost di Jakarta. Beberapa situs ini juga jadi andalan gue saat cari kost di Jakarta pas awal kerja, yuk simak!

1. Infokost

cari kost di jakarta

Situs Infokost adalah situs pencarian kost di berbagai kota yang menjadi andalan gue, sebelum berangkat ke Jakarta, gue ngecek dan menghubungi calon kost dengan Infokost. Nggak cuma kost, di sini juga kalian bisa cari Apartment, Villa dan rumah kontrakan.

Di web Infokost kalian bisa liat jenis kost, mayoritas penghuni, fasilitas hunian, bahkan keterangan apakah boleh bawa binatang peliharaan atau tidak. Caranya juga gampang, kalian hanya perlu menuliskan kecamatan yang ingin kalian tempati di kolom pencarian, setelah itu pilihan kost di area tersebut akan muncul dan filter deh sesuai kebutuhan.

Infokost juga punya aplikasi yang bisa kalian download di Google playstore.

2. Cari-kos.com

cari kost

Alternatif situs online cari kos yang juga berguna bagi pemilik kost. Di sini kalian bisa mendaftarkan properti kalian untuk diiklankan sebagai kost-kostan. Enaknya situs cari-kos adalah kita sudah bisa liat fasilitas yang dimiliki kost dari preview thumbnail aja, jadi bisa langsung skip kost-kostan yang tidak sesuai.

3. Yukstay

cari kost di Jakarta

Nah ini, platform untuk ngekos yang sering muncul iklannya di instagram haha. Dari situlah gue tau adanya Yukstay, bisa dibilang dia adalah platform kost yang memberikan standarisasi pada pemilik propertinya. Setiap kostan dipastikan kebersihan, fasilitas, dan kenyamannya.

Selain kostan, yukstay juga menyediakan pilihan apartment di Jakarta.

4. Sewakost.com

Situs lainnya untuk pencarian kost di Jakarta kalian bisa gunain sewakost.com platform yang gue selalu gunakan juga setiap cari kost.

5. Babekost

Sebagai tambahan alternatif kost, kalian bisa juga cek di Babekost. Layanannya juga nggak cuma kost aja, ada villa, apartment dan rumah kontrakan. Selagi melakukan pencarian, kalian juga bisa baca-baca tips di blognya babekost karena terdapat banyak artikel yang membantu.

6. FLOKQ.com

coliving kost di jakarta

Nah kalau yg ini gue juga baru denger nih, pas gue lihat tampilannya ternyata bagus juga. Nambah lagi deh alternatif situs online untuk cari tempat tinggal. Di FLOKQ.com kalian bisa menemukan teman untuk tinggal bersama dan diajak patungan tempat tinggal. Sebuah jawaban yang dari dulu gue cari nih pas mau pindah ke Apartment.

Mau tinggal di apartment premium dengan fasilitas wah tapi kepentok biaya sewa bulanan? ya cari partner aja di FLOKQ dengan konsep coliving di Jakarta. Nggak cuma konsep coliving, di sini kalian juga bisa nyari private apartment. Tampilan websitenya juga memanjakan mata dan patut diacungi jempol. Suka banget.

7. Kost di RedDoorz

Udah pada tahu RedDoorz kan ya? RedDoorz terkenal sebagai aplikasi akomodasi di berbagai kota, gue juga pernah staycation di Bandung dengan RedDoorz. Nah kali ini, kalian RedDoorz memiliki fitur pemesanan online terbaru yaitu ‘kost’ dengan sebutannya adalah Kost di RedDoorz.

Kalian bisa langsung cek melalui aplikasi RedDoorz yang bisa didownload di Google Playstore / Appstore. Dengan menggunakan Kost di RedDoorz ini, kita jadi lebih mudah untuk cari kost di Jakarta.

Sekarang cari akomodasi dimanapun jadi lebih mudah kan? Semangat melakukan pencarian!

5 Comments

  • Erlangga Bayu
    Posted August 6, 2020 at 9:13 pm

    wahh tengkyu mbak Intan, jadi dapet referensi baru cari kost an nih :))
    nuhun

    Reply
  • Kanebet
    Posted August 6, 2020 at 9:15 pm

    susah banget emang buat pendatang kayak gue cari kosan dgn budget anak daerah 🙁 secara yang dket kantor mahal2, untung gue kateringnya ramah buat kantong dan sehat.

    Reply
  • Raden Riza
    Posted August 6, 2020 at 9:18 pm

    informasi yang cukup membantu mengenai perkostan buat yang merantau, terimakasih!

    Reply
  • Nadif
    Posted August 6, 2020 at 10:18 pm

    wah, thank you informasinya :), ngebantu banget buat yang baru dapet kerja di jakarta….

    Reply
  • Prabhas
    Posted August 7, 2020 at 3:16 pm

    Wah coba dari dulu ku tau ada aplikasi untuk nyari kosan. Ga perlu deh tuh yg namanya capek2 ngelilingin daerah sekitar kampus untuk cari kosan.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.