Ancient City Tempat Wisata Anti Mainstream di Bangkok, Thailand

selfie di tempat wisata ancient city bangkok

Sebelumnya gue sudah menuliskan panduan wisata ke Thailand yang cocok untuk pemula baik yang baru pertama kali ke Thailand maupun yang memang baru pertama ke luar negeri. Kali ini gue akan membuat panduan untuk menuju ancient city Bangkok.

Destinasi wisata kali ini pun sudah termasuk ke dalam list itinerary 7 hari 6 malam di Bangkok. Silahkan tuliskan email kalian di kolom komentar kalau mau detail lengkap perjalanannya.

Ancient Siam (biasa dikenal sebagai Ancient City, Thai: เมืองโบราณ, Mueang Boran) adalah sebuah taman museum outdoor yang dikonstruksi oleh Lek Viriyaphant dan memiliki luas lebih dari 200 hektar (0.81 km2) dengan bentuk negara Thailand. Ancient Siam juga bisa dibilang sebagai museum outdoor terbesar di dunia.

Main ke muesum ini ngebuat gue jadi keinget sama Goreme open air museum yang ada di Turki yang memiliki konsep museum terbuka dengan lahan yang super luas.

Cara Menuju Ancient City

angkot di bangkok

Lokasinya berada di Samut Prakan Ancient City, 296/1 Sukhumvit Road, Bang Pu Mai, Mueang Samut Prakan District, Samut Prakan 10280, Thailand. Biasa disebut juga Mueang Boran.

Cara menuju ancient city dengan moda transportasi umum di Thailand yang gue rekomendasikan adalah dengan menggunakan BTS dan Angkot. Detailnya seperti ini:

Dari mana pun posisi kamu berada, datanglah ke stasiun BTS terdekat lalu beli tiket menuju stasiun terakhir Kheha. Ongkos yang gue keluarkan dari BTS ratchatewi (N1) (stasiun terdekat dari hotel spittze pratunam) menuju stasiun Kheha (E23) adalah 62 baht.

Dari stasiun Kheha, kamu bisa melanjutkan menggunakan songthaw (sejenis angkot di Thailand dengan mobil pickup terbuka) seharga 10 baht hingga sampai di depan pintu masuk utama. Sebut saja ancient city, supirnya akan langsung mengerti dan berhenti tepat di depan jembatan menuju pintu masuk ancient city.

Dari sini, kamu perlu sedikit jalan melewati jembatan sampai ke area bundaran. Di sana akan ada golf car yang menunggu untuk mengantarkan ke area ticketing. Golfcar ini merupakan layanan dari ancient city dan gratis.

Jam Buka

weekday & weekend 09.00 – 18.00

Harga Tiket Ancient City & Cara Mendapatkan Harga Termurah

pembelian tiket di ancient city

Apakah perlu booking ticket in advance? Sebenarnya tiket bisa dibeli langsung on the spot, tapi ancient city bisa sangat padat, antriannya bisa mengular terutama saat weekend. Jadi gue menyarankan untuk beli tiket online sebelum datang.

Gue beli tiket ancient city melalui Klook, bisa beli di hari yang sama saat kedatangan. Minimal kasih waktu 15 menit sebelum kedatangan untuk sistem bisa membaca pembelian kamu. Harga di Klook lebih murah dibanding beli langsung, apalagi kalau kamu pengguna baru, karena kamu bisa mendapatkan diskon hingga Rp 75.000 dengan menggunakan kode referral DX6H7F

Harga normal tiket masuk ancient city Bangkok kalau beli on the spot adalah 700 baht (setara Rp 325.000), sedangkan di Klook gue beli dengan harga Rp 151.658 saja. Lumayan banget kan?

Setelah membeli tiket via klook, kamu hanya perlu datang ke counter online ticket untuk menukarkan tiket, di sini kamu akan diberikan peta kawasan dan sedikit penjelasan tentang tempat-tempat yang rekomen didatangi.

Butuh Berapa Lama Explore Ancient City Bangkok?

Tempat ini tuh supeeeeer luas, sehingga jika ingin memutari full mungkin butuh sekitar 6 jam, belum termasuk bikin konten foto/video di setiap tempat wisatanya. Sangat tidak direkomendasikan untuk jalan kaki, gunakanlah kendaraan sewa yang disediakan di loket tiket. Kecuali kamu emang ada rencana latihan otot kaki ya hahaha.

Terdapat sekitar 210 objek wisata. Tapi gue rasa nggak perlu semua tempat dikunjungi satu-satu untuk foto, karena akan memakan waktu yang cukup lama.

Gue menghabiskan kurang lebih 3 jam untuk mengelilingi ancient city Bangkok, itu pun belum puas! Jujur masih banyaaak tempat yang belum disinggahi, tapi yaa nanti saja lah, sudah capek juga hahaha.

Cara dan Tarif Sewa Kendaraan di Ancient City (Sepeda, Sepeda listrik, Golf Car)

golfcar di ancient city bangkok

Kendaraan sewa ini hanya bisa disewa on the spot di ticketing office, jadi nggak ada trik untuk bisa bayar lebih murah deh haha. Syarat sewa kendaraan di sini tergantung dari kendaraan yang dipilih, kalau mau sepeda sewa maka hanya dibutuhkan copy paspor, sedangkan jika ingin menggunakan electric bike atau golf car, kamu harus menitipkan SIM yang sesuai.

Tenang saja, nggak perlu SIM internasional kok, cukup tunjukkan SIM indonesia yang kamu punya.

Ini dia daftar harga sewa kendaraan di Ancient City Bangkok:

  • Golf Car 2 seat 350 baht per jam, dan 100 baht per jam berikutnya
  • Golf Car 4 seat 350 baht per jam, dan 200 baht per jam berikutnya
  • Golf Car 6 seat 500 baht per jam, dan 300 baht per jam berikutnya
  • Electric Bike 250 baht per 3 jam, dan 100 baht per jam berikutnya
  • Sepeda 200 baht per hari

Saat menyewa kamu hanya perlu membayar tarif awal saja, untuk tarif per jam berikutnya baru akan ditagihkan ketika kamu mengembalikkan kunci kendaraan dan mengambil SIM. Mereka yang akan menentukan berapa waktu tambahan dan berapa biaya yang perlu dibayarkan.

Karena gue ngebudgetinnya ga banyak untuk trip ini, jadi gue mentokin aja tripnya sama waktu sewa minimal untuk sepeda elektrik (kendaraan yang gue sewa), jadi begitu pegang kunci, gue set alarm 15 menit sebelum waktunya habis, untuk balik lagi ke tikecting office mengembalikan sepeda listrik.

Pro Tips!
Kunjungi area yang jauh-jauh dulu, karena jika waktunya nggak cukup, kamu bisa mengexplore area yang dekat dengan loket tiket dengan berjalan kaki

Rekomendasi Spot yang Harus Dikunjungi

Alasan utama tempat tempat ini harus dikunjungi adalah karena akses mudah, bagus difoto, unik, terkenal dan bersejarah.

Kesel ga kalau gue bilang, gue lupa nama-namanya? bentar cari dulu di peta kawasan hahaha, soon akan gue update subtopic yang ini. HEHEHE LOVE YOU.

tebing di ancient city

Makan dan Minum di Dalam Ancient City

Tidak terlalu banyak warung makanan, hanya stall kecil untuk cemil dan minuman. Jadi silahkan saja kalau kamu mau membawa makanan dan minuman dari luar, jujurly gue nggak liat ada larangan untuk membawa makanan dan minuman sih hehe. Kalau ada yang tau, silahkan update yaa.

Namuuun, di sini ternyata terdapat resto buffe yang bisa kamu kunjungi untuk makan siang atau makan malam. Tiketnya pun bisa dibeli di Klook, walau gue nggak gitu rekomendasiin ya. Sebenarnya dari harga dan rasa kata orang-orang sih worth it ya, karena chefnya pun lumayan terkenal. Tapi gue agak ragu, soalnya di loket tiket aja nggak dikasih tau, terus pas gue berusaha nyarinya juga susah menemukannya. Jadi gue saranin beli yang kalian lihat/temukan saja atau ya bawa dari luar.

menu makanan di cafe di ancient city

Ketika selesai jalan-jalan, gue mampir di cafe yang terletak persis di samping kantor penjualan tiket. Di sini kamu bisa membeli berbagai macam minuman dan sedikit kue cemilan. Kalau nyari yang mengenyangkan sih nggak ada ya, mentok cuman bisa beli mango sticky rice aja.

Barang Yang Perlu Dibawa Saat Berkunjung ke Ancient City Bangkok

Semua hal yang bisa melindungi kamu dari panas matahari, karena asli ini teriknya seperti gabungan dari panas di Bekasi, Surabaya, Karawang, beuh kombo. Bawalah payung, sunscreen, topi, dan kacamata hitam. Selain itu jangan lupa juga untuk membawa

  • Hp / kamera
  • Tripod (karena akan susah minta tolong orang, sepi banget!)
  • Baju cantik untuk foto
  • Uang cash

Waktu Terbaik Mengunjungi Ancient City Bangkok

Banyak yang bilang pergi sepagi mungkin biar nggak kena heat stroke pas jam 12 siang. Tapi gue pribadi sangat merekomendasikan pergi setelah jam makan siang. Mulai masuk di jam 3 sampai jam 6. Biar isa sambil lihat sunset soalnya, cantipp banget dan matahari udah ga terlalu terik.

Sebenarnya plus minus sih, kalau pagi mungkin masih bisa berjemur kena matahari baik ya hahaha.

Apakah ada dresscode untuk mengunjungi temple di Ancient City Thailand?

Tidak ada, cuman cuaca bisa sangat panas dan terik. Bisa menggunakan pakaian yang tertutup biar nggak terlalu terbakar matahari. Selain itu, walaupun replika, tapi tempat ini adalah cerminan dari kuil/tempat suci di Thailand, jadi kenakanlah baju yang sopan.

Apakah Worth it untuk Didatangi?

Overall, gue suka banget di sini! Bisa punya experience naik sepeda, tenang, tranquile, banyak yang dilihat, harganya pun terjangkau. Jadi gue bisa katakan destinasi ini worth it banget untuk dikunjungi. Sediakanlah minimal setengah hari untuk bisa explore tempat ini dengan santai.

Ancient City Bangkok juga bukan wisata mainstream, jadi minim turis, paling ya turis-turis rombongan naik bis aja yang ke sini. Dijamin kamu bisa bikin video tiktok/reels sepuasnya di sini.

insalamina

Sedang berusaha menggapai impian keliling dunia dengan kerja remote. Gue dengan senang hati mengizinkan kalian menggunakan gambar atau sebagian post yang gue tulis, tapi tolong backlink atau tulis sumbernya. Gracias

Recommended Articles

5 Comments

  1. Salam kenal kakak…
    Kalau kita turun di Kheha station, apakah bisa lanjut naik taxi ke ancient city nya ?
    Please infonya

    Makasih

    1. Hai Kak, bisa banget. Di stasiun Kheha juga banyak taksi mangkal, malah lebih enak bisa langsung dianter ke ticketing office

  2. Wahhh sangat di mengerti sekali membacanya..
    Wajib di coba ini
    Terima kasih info nya membantu sekali

  3. Hi kak, kalo dari ancient city mau ke BTS station apakah ada available grab/taxi/songthaew di depan ancient city?
    Makasi sebelumnya kak

    1. taxi banyak yg standby, grab juga bisa dipesan langsung depan ancient city. Nah kalau songthaew bisa nyetop di jalan besar, tp harus nyebrang jalan dulu yg mana JPOnya agak jauh wkwkk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.