Cara Apply Visa Taiwan di TETO Jakarta

Akhirnyaaa bergelut dengan pembuatan visa lagi, yang artinya… saya pergi jauh! Hore! Kali ini gue akan menjabarkan pengalaman gue dalam apply visa Taiwan melalui TETO di Jakarta

Proses pembuatan visa taiwan ternyata cukup mudah, simple dan mahal. Hehe. Butuh waktu 3 hari kerja untuk kamu bisa mendapatkan izin tinggal sementara di Taiwan.

Kamu bisa bikin visa Taiwan di TETO Taiwan di Gedung Arthagraha, SCBD, Jakarta Selatan. Jam pelayanan untuk apply visa setiap senin – jumat pukul 08.00 – 11.00. Sedangkan untuk pengambilan visa dilakukan pada pukul 13.00 – 16.00.

Syarat Bikin Visa Taiwan

Sebelum datang ke Gedung Arthagraha, pastikan kalian sudah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  • Paspor dengan masa berlaku min. 6 bulan saat keberangkatan
  • Fotocopy Halaman identitas paspor
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Formulir yang diisi di web Visa Taiwan, (pilih yang general vsisa application) diprint dan di tanda-tangani
  • Pas foto terbaru dengan latar belakang putih uk. 4×6 sebanyak 2 lbr
  • Mutasi rekening selama 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan sekolah/kerja dari institusi ybs.
  • Uang pembuatan visa Taiwan Rp 700.000 (Agust 2019)

Alur Pembuatan Visa Taiwan

Setelah semua dokumen lengkap, gue langsung menuju ke Gedung Arthagraha lt. 11. Jangan lupa untuk bawa kartu identitas yang akan ditukarkan oleh satpam gedung menjadi kartu pengunjung.

Sesampainya di lt. 11 gue agak kaget juga melihat banyaaak sekali antrian manusia yang ingin bikin visa. Mengamati sekeliling lalu disapa oleh satpam

“mau bikin visa ya? saya lihat dulu dokumennya?” Dicek satu-satu, diklip, lalu foto gue ditempel di form pendaftaran visa seraya memberikan nomor antrian.

Eh ternyata yang ngantri panjang banget itu adalah antrian TKI, rata-rata menggunakan seragam dan berdiri mengular. Sedangkan gue masuk jalur loket umum, antrian nya hanya 3 orang dan dapat tempat duduk.

Wah saya sih bersyukur saja jadi bisa lebih cepet hehe.

cara mendapatkan visa taiwan

Akhirnya giliran gue juga nih maju ke loket, menyerahkan semua dokumen yang sudah disusun oleh satpam dan tanpa basa basi diberikan invoice berwarna kuning untuk dibayarkan ke kasir di belakang.

Mau gak mau aku relakan uang Rp 700.000 untuk selembar bukti bayar hiks. Syedih sih tapi mau bagaimana lagi…..

Bukti bayarnya langsung diberikan ke loket lalu ditukar oleh potongan kertas kuning untuk diambil 3 hari lagi.

visa taiwan

Tiga hari kemudian, gue kembali ke TETO di Gedung Artagraha, antri di loket yang sama dan menyerahkan potongan kertas kuning tersebut. Ditukar lah dengan paspor ku yang sudah ada visa Taiwan di dalamnya.

Yeay jadiii juga nih dapat izin tinggal sementara di Taiwan. Sungguh proses yang mudah dan singkat.

Kabar Baik untuk Pemegang Visa Jepang, Schengen, Amerika, dan Taiwan

Jika kalian pernah apply salah satu dari visa tersebut maka kalian lupakan saja semua yg sudah saya sebutkan diatas. Silahkan langsung apply e-visa application melalui web visa online Taiwan dan isi lengkap semua data yang diperlukan.

Kalian tidak perlu datang ke Gedung Artagraha dan tidak perlu bayar Rp 700.000 karena jalan kalian akan jauh lebih mudah dari gue hiks. cemburu.

Semua masyarakat Indonesia yang punya visa Jepang, Schengen, Amerika, Taiwan dalam 10 tahun terakhir bisa mendapatkan visa Taiwan secara cuma-cuma yang dilakukan secara online.

Proses pengisian visa online ini paling hanya membutuhkan 10 menit, setelah semua data diisi kalian langsung mendapatkan e-visa.

Nantinya, e-visa ini tetap harus kalian print dan ditunjukkan saat memasuki negara Taiwan.

Jika visa Jepang/Schengen/Amerika/Taiwan kalian yang diajukan sebagai syarat mendapatkan visa taiwan merupakan visa elektronik (tidak ditempel di paspor) maka kalian harus membawa print out visa elektronik tersebut.

Ada yang pernah dapat visa taiwan dengan cara ini? coba dong share hehe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.