Site icon Meet the Traveller

Pencarian Agen Travel Umroh Terbaik di Jakarta Bandung

agen travel umroh

Berbagi pengalaman mencari agen travel umroh terbaik di tahun 2023. Sebenarnya riset sudah dimulai sejak 2022, nabung dan niatnya sudah ada sejak tahun 2020. Dulu mana kebayang bisa umroh karena harga paket yang kian melonjak tiap tahun. Rasanya selalu kejar-kejaran antara uang tabungan dengan harga paket umroh.

Berhubung awal tahun 2021 menikah, yaudah deh jadi kepengen untuk umroh berdua sama suami. Ya mungkin emang ditakdirkannya untuk berangkat umroh bareng suami kan, daripada sendirian nggak ada mahromnya.

Ehtapi… ini berarti budget umroh jadi 2x lipat! Yang tadinya nargetin 25 juta, jadi harus ngumpuin hingga 50juta. Yaudah gapapa, bismillah dan jalanin aja dulu. Terus nabung. Cerita lengkap tentang cara nabung, proses dan duitnya dari mana nanti akan gue tuliskan terpisah di artikel cara menabung untuk umroh.

Mengadakan Survey Komponen Penting Memilih Travel Umroh

Di akhir 2022, gue udah mulai getol mencari agen travel umroh, banyak banget, saking banyaknya sampai travel umroh di Bandung, Surabaya, Yogyakarta dan Solo aja gue kepoin semua. Getol banget lah pokoknya.

Tapi gue bingung, apa sih sebenarnya poin penting yang perlu dicari di travel umroh. Berhubung nggak punya pengalaman sama sekali, jadi cara paling tepat adalah bertanya kepada orang lain! Terciptalah survey dadakan via instagram dengan 89 – 100an responden

Hasilnya seperti ini:

Ternyata hal utama yang jadi penentu dalam pemilihan travel umroh adalah ada atau tidaknya rekomendasi orang yang dikenal. Duh, nggak banyak lagi nih yang ngerekomendasiin travel umroh ke gue hahaha. Pilihan berikutnya adalah dilihat dari maskapai penerbangan dan hotel selama di Arab.

Bukannya tercerahkan, malah makin bingung mulai dari mana carinya.

Tapi gue sadar, yang mau berangkat kan gue sendiri ya? Kenapa nggak coba tanya ke diri sendiri aja, hal hal yang diprioritaskan, dibutuhkan dan dinginkan selama perjalanan ibadah umroh? Akhirnya gue coba list sendiri hal yang perlu diperhatikan untuk pencarian agen travel dan kriteria yang ideal menurut gue:

Filter Semua Travel Umroh yang Ditemukan

Sudah memiliki kriteria, sekarang saatnya melakukan pencarian seluruh agen travel yang bisa memenuhi kriteria tersebut. Ternyata, lumayan banyak banget! Apalagi masing-masing travel punya tipe “kelas” atau paket yang berbeda. Udah gitu, jadwalnya pun beragam.

Biar nggak pusing, gue menggunakan google sheet aja untuk merangkum list travel yang gue temukan. Hal ini juga biar praktis dan biar bisa digunakan juga sama orang lain. Kalau kamu mau sheetnya silahkan DM atau tulis alamat email di kolom komentar yaa.

list travel setelah difilter berdasarkan kriteria

Di spreadsheet tersebut berisi beberapa travel umroh yang berhasil masuk ke dalam list gue, dari sini tinggal disesuaikan poin poin prioritas lain yang pastinya kebutuhan tiap orang bisa beda-beda.

Dari list di atas, komponen yang biasanya akan berubah adalah dari segi biaya dan jadwal. Selebihnya kemungkinan akan sama.

Walau begitu, perlu diingat, pilihan hotelnya pun bisa berubah, karena ketersediaannya tergantung dari pihak hotel. Tapi tenang saja, pun nanti ada pergantian hotel, pihak travel akan mengganti dengan yang minimal setara. Itulah mengapa setiap lihat brosur travel umroh dan haji selalu ada catatan kecil di samping nama hotel.

Rekomendasi Travel Umroh di Jakarta & Bandung

Semakin banyak mencari travel umroh, ternyata gue semakin pusing. Nggak mau terjebak dalam paradoks of choice akhirnya memutuskan untuk eliminasi banyak travel dan memilih dengan hal-hal yang gue suka.

Karena sejujurnya pilihan travelnya sudah masuk kriteria, hanya saja masih terlalu banyak pilihan haha.

Tentu saja gue priotaskan dari pilihan akomodasi di Mekkah, karena jarak hotel di Mekkah menuju ka’bah lebih utama, biar gue bisa dengan mudah melihat ka’bah. Jadi gue pastikan, gue mau menginap di hotel dalam lingkungan zam zam tower.

Setelah dikerucut kerucut, tercetus lah top 3 travel umroh terbaik yang akan kami pilih di perjalanan tahun 2023 ini (insyaAllah ya semoga nanti ada di tahun tahun depannya hehehe). Ketiga travel tersebut adalah Qiblat Tour (Bandung), Khalifah (Bandung) dan Dream Tour (Jakarta).

Apakah kamu bertanya kenapa gue carinya di Jakarta dan Bandung?

Tidak lain tidak bukan karena gue mau umroh bareng keluarga di Bandung! Hehe, jadi diantara keduanya oke banget lah buat kami.

Nah setelah mendapatkan top 3 ini, gue list perbandingannya dengan lebih detail lagi sampai ke fasilitas perlengkapan yang diberikan. Lalu setelah buat tabel perbandingan, gue umumkan lah ke group keluarga untuk masing-masing melakukan voting travel umroh mana yang ingin mereka pilih.

Gue yakin, masinh-masing punya preferensinya sendiri, tapi gue ingin semua bisa sepakat untuk bermusyawarah. Sehingga nantinya semua bisa lebih legowo dan senang karena punya andil untuk memilih.

Akhirnya Travel Umroh itu Terpilih…

Setelah diskusi dan musyawarah, tercapailah mufakat dengan hasil voting telak, Alhamdulillah semua sepakat ingin menggunakan travel haji dan umrah dari Dream Tour.

Alasan Memilih Dream Tour

Jujurly, dari ketiga top 3 tadi, semua mau banget gue pilih. Semua travel terbaik versi gue di periode ini. Mulai dari CSnya, waktunya, biayanya dan sebaginya

Alasan memilih dream tour ini tentunya beda-beda ya dari keluarga gue, contohnya Kak Dape milih karena hotelnya pakai swissotel wkwk, dia emang penggiat hotel based on review google. Marlin pilih karena liat dari review google maps dan testimoninya. Mamah pilih karena ingin nyobain travel lain.

Gue pribadi pilih karena warnnaya biru (wow receh sekali) hahaha. Apapun pilihan travelnya, pilihlah yang sesuai sunnah, yang nyaman di hati kalian, nggak perlu peduliin apa kata orang lain. Toh yang jalanin kan kalian sendiri 🙂

Exit mobile version