Panduan Jalan ke Turki ala Backpacker

panduan backpacker ke turki

Panduan ini didedikasikan untuk kalian yang ingin traveling ke Turki khususnya Solo traveling dengan style backpacker. Gembel-gembel gemash. Jadi langsung aja ya sobat kismin kuh. Artikel ini akan ngebahas mulai dari cari tiket pesawat murah, menyusun itin, bikin visa, budget, dan hal-hal menarik apa saja yang harus kalian lakukan dan kunjungi selama wisata di Turki.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah ke Turki

Berdoalah pada yang maha kuasa guys, hehe. Waktu itu gue lumayan hoki dan nggak hoki pada waktu yang bersamaan, gue beli pas dollar lagi tingi-tinggi nya –walaupun sekarang lebih tinggi sih– yaitu Rp12.500 beruntungnya gue dapet promo dari Qatar US980. Berhubung gue ga punya kartu kredit dan paypal, gue pake jasa orang deh dari kaskus, pastinya dengan nilai tukar yang lebih mahal Rp 13.000 Menangis sih

Banyak cara untuk mendapatkan tiket pesawat murah kemanpun tujuannya. Kalian bisa menggunakan platform / web mesin pencari harga murah. Dalam kasus ini, ke Turki, negara diantara benua Asia-Eropa, gue saranin untuk mencari menggunakan skyscanner. Kalian juga bisa mengaktifkan fitur “notfikasi harga” jadi kalian bisa set budget yang kalian punya. Disaat ada harga yang sesuai budget maka si skyscanner akan langsung email kalian. Enak, kan?

Menyusun Itin ke Turki (Istanbul – Izmir – Kapadokya)

Sebenarnya kalau untuk urusan itin itu sangat beragam banget, pasti setiap manusia punya kepentingan dan ketertarikan yang berbeda-beda. Gue kasih gambaran contoh itin gue kemaren aja kali ya, biar kalian sedikit tercerahkan. At least yang turis banget gue yakin akan kalian kunjungi juga kayak Hagia Sophia

Sebagai referensi, silahkan contek itinerary ku di sini ya. Boleh di download dan dijadikan pedoman perjalanan, karena pedoman hidup tetap kitab suci  muehehe.

Cara Apply Visa Turki

Menurut gue, bikin visa Turki itu nggak susah. Ada tiga cara yang gue tau, yaitu apply via kedutaan di Jakarta, e-visa dan visa on arrival. Gue saranin, kalian sudah punya visa turki sebelum sampai di Turki, jadi kalau ngga apply di kedutaan ya e-visa. Hal ini untuk menghindari adanya masalah saat apply visa on arrival atau malah ketinggalan dokumen.

Kasus gue kemaren, gue apply via kedutaan di Jakarta. Berhubung gue kesana dengan tujuan volunteering dengan AIESEC, jadi gue butuh visa AIESEC. Walaupun begitu, mekanisme apply nya sama aja. Hanya dalam 3 hari kalian bisa mengurus visa kalian. Tapi ini nggak disarankan banget ya. Kita kan nggak tau hal apa yang akan terjadi kalau dadakan begini. At least siapkan waktu 2 minggu sebelum keberangkatan.

Untuk e-visa kalian bisa apply 48 jam sebelum kedatangan kalian. Silahkan kalian apply e-visa di web resmi untuk pembuatan e-visa Turki harganya USD 25 belum termasuk service fee.

Bagaimana kalau mau tinggal lebih dari 30 hari di Turki? Berarti kalian butuh Residence Permit. Nah untuk dapetin Residence Permit ini, kalian bisa mengajukan online atau langsung ke kantor yang ada di Kota kalian tinggal (saat di Turki). Waktu itu gue bayar 198 TL, emang malesin banget Residence Permit ini mahal banget. Tapi mau gimana lagi daripada kena denda atau bahkan dideportasi kan?

Penginapan Murah di Turki

Kebanyakan dari pencarian gue menggunakan couchsurfing. Selama 53 hari berada di Turki, ngga ada sepeser pun uang dikeluarkan untuk tempat tinggal. Lucky, yes? Yes I know. Walaupun begitu, sebenarnya penginapan gue di Goreme, Kapadokya merupakan sebuah hostel. Kebetulan emang gue ditawarin nginep di hostel dia, ownernya pengguna couchsurfing. Service nya the best banget deh.

Andaikata kalian ingin berkunjung ke Kapadokya, maka hostel ini gue rekomendasiin buat lo. Nama hostelnya adalah Nomad Cave Hostel, pelayanan oke, termasuk breakfast ala Turki, dan tersedia berbagai kamar. Harus kah gue bikin review lengkap tentang Nomad Cave Hostel?

Transportasi Selama di Turki

Selama tinggal di Turki gue mengunjungi 4 Kota, yaitu Istanbul, Izmir, Nevsehir, dan Kapadokya. Dari berbagai kota ini gue menggunakan transportasi yang berbeda-beda. Pertama gue naik bis dari istanbul menuju izmir, ini sok ide banget sih. Penasaran sama bis yang ada pramuniaga ganteng di dalamnya. Selama perjalanan dapat 3x snack time, lalu sekali berhenti di tempat makan. Karena ga dikasih voucher gue berfikir, makan disini nggak dicover, jadi harus beli sendiri. Iya ngga sih? *gak yakin, soalnya males nanya.

Harga naik bis dari Istanbul ke Izmir kisaran 55 TL – 87 TL (terupdate 2017)

Sebenarnya kalau kamu beruntung–mostly beurntung sih– kalian bisa dapetin harga tiket pesawat yang nggak beda jauh dengan bis. Bahkan bisa aja lebih murah! Kisaran 34 TL – 86 TL. Waktu dulu gue bahkan ga perlu pesen jauh-jauh hari, karena udah kayak promo terus gitu hahaha. Tiket pesawat gue balik ke Istanbul lebih murah dibanding naik bis dari Istanbul ke Izmir. :”)

Maskapai yang bisa jadi acuan adalah Atlasjet dan Pegasus. Duo maskapai itu nggak cuma murah untuk dosmetik tapi juga internasional. Sayang aja gue duitnya udah abis buat Hot Air Balloon di Kapadokya. Nggak bisa kemana-mana lagi.

Kedua maskapai ini layaknya Airasia di Asia Tenggara, udah tarifnya LCC murah, ditambah sering promo pula. Gimana cara pesannya? bisa gunakan kartu kredit, paypal, atau langsung ke travel agent aja.

Transportasi dalam kota nya kamu bisa menggunakan kereta atau bis, tapi paling populer bis sih dengan tarif 2TL jauh-dekat. Untuk menggunakan bis ini kamu harus menggunakan kartu top-up namanya kent kart. Bisa kamu dapatkan di sevel, pelabuhan, terminal, dll.

Biaya Backpackeran ke Turki

Hayo ngaku siapa yang ga sabar buat bahas biaya ini, atau malah langsung scroll ke bagian ini aja? wwkkw baca ulang ah!

Biaya memang menjadi hal yang paling krusial saat perjalanan. Untungnya Turki bukan negara yang mahal banget untuk ditinggali, kalo gue bisa bilang harga yang dikeluarkan untuk sehari-hari (makan, transportasi, penginapan) nggak beda jauh sama Jakarta. Cuman emang brgantung banget sama nilai tukar rupiah sih.

Waktu gue kesana 1TL setara dengan Rp 6700, sehingga jadi terkesan mahal untuk beli ini itu. Tapi sekarang 1TL setara Rp 3800 (Sept 2017). Jauh banget kan? Dulu aku gembel banget disana, coba kalo sekarang kesana, tetep gembel sih. *antiklimaks

Percayalah semua lebih affordable sekarang. Untuk transportasi aja misalnya, sekali naik bis jauh-dekat harganya 2 TL, jadi sekitar 7rb. Nggak beda jauh lah ya sama Transjakarta yang sekali naik Rp 4500. Jadi mending kalian sekarang deh kesana. Hush.

Untuk harga sekali makan di Turki berbeda-beda tergantung kamu di kota apa, miriplah kayak di Indonesia. Kalau makan di ibukota lebih mahal dibanding kota yang agak pelosok dikit. Gue kebetulan lama di Izmir, kota yang kelasnya kayak Bandung-Yogyakarta gitu, dibilang mahal engga, dibilang murah juga engga, modern tapi nggak padat.

Nah di Izmir, dimanapun gue makan, mau itu resto, cafe, atau warung ala pinggir jalan gitu sama aja tarifnya sekitar 6TL-10 TL (yang pada waktu itu jadi sekitar 38rb-67rb) Kecuali kamu makan kebab atau pasta, bisa murah banget. Coba dikalkulasiin sama rate yang sekarang, jadi kayak tinggal di Bandung aja ngga sih?

Biar lebih kebayang, untuk trip selama 53 hari di Turki, gue menghabiskan tidak lebih dari 20 juta, sudah termasuk tiket pesawat Qatar Airlines, naik hot air ballon di Kapadokya, Residence permit, belanja baju, makan dll, tanpa biaya penginapan. Yoi, gue disana pake couchsurfing aja dan host dari AIESEC.

Nggak beda jauh kan sama jatah uang jajan mahasiswa per bulan di ibu kota?

Sayangnya, gue bukan mahasiswa di ibu kota, jadi uang jajannya nggak nyampe segitu huhuhu *curhat gapapa ya? :”

panduan jalan ke turki

Untuk hal yang menarik kalian harus baca di kota masing-masing, klik ya!

Share panduan jalan ke Turki ini ke orang yang ingin kamu ajak, atau at least yang kamu “kode” in biar diajak. Silahkan tanyakan hal lain di kolom komentar, gue dengan senang hati akan menjawab πŸ˜‰

insalamina

Sedang berusaha menggapai impian keliling dunia dengan kerja remote. Gue dengan senang hati mengizinkan kalian menggunakan gambar atau sebagian post yang gue tulis, tapi tolong backlink atau tulis sumbernya. Gracias

Recommended Articles

322 Comments

  1. Kerja kerja oy, dia malah update wakakaakπŸ˜‚

    1. Wah terkini bgt ya anaknya, artikel baru dipublish langsung liat

      1. ka aku minta itinnya dong tolong send ke email aku ya nasjachs@gmail.com thanks ka bantuannya

        1. Kak aku jg mau dong itin nya…riaamirza@gmail.com

          Makasih ya kak

    2. Izin bertanya Mbak…meskipun sudah lama waktunya. tempat pemesanan tiket dari Izmir ke Istanbul apakah pemesanannya diTurki atau bisa dipesan dari agent agent diIndonesia

      1. aku langsung pesen di Turki, better langsung di sana aja. Bisa dilakukan via website, cek aja pake skyscanner nanti diarahkan ke web Online Travel Agent Turki

  2. Kok Keren sih Mba udah sampe Turki aja, BTW kalo boleh aku request, coba foto2 di Turkinya banyakin. Biar aku makin iri hahaha

    Jadiii… badget finally yg Mba keluarkan totalnya berapa? #beeeuh kepo beet dah

    Pengen banget main ke Hagia Sophia soalnya

    1. Alhamdulillah yaaaa, one day you will if you want to. Huhu iya nih foto ku ilang semua-_- jadi ini ambil dari yang udah pernah diupload aja di socmed *curhat.

      Lupa total pastinya, kisaran 17jt an++ kali ya untuk hampir 2 bulan All in

      1. Halo boleh itinerarynya ya ke esthercecil1312@gmail.com

        Thank you

      2. Kaaaa..
        Aku lagi plann untuk kesana, kalau kita apply e-visa dari sekarang bisa gg?

        1. apply visa h-2 bulan aja

  3. Wah Turki menjadi salah-satu destinasi impian.. postingannya sangat informatif, tapi alangkah lebih baiknya ditambahkan foto atau dokumentasi gitu ya, Mbak. Biar ngiler ssekalian πŸ˜€

  4. Kak tolong kasih tau langkah2 apa aja nih yg harus aku lakuin, setelah ketrima di turkey, global volunteer jugaπŸ˜‚ dan insyaallah berangkat februari awal. Kasih tau langkah dan tips2nya ya kak, biar bisa menghemat budget juga hehe. Tlg kirimin ke email aku ya kak, znurratri95 @gmail.com makasih bgt kak!

    1. langkah teknis dibidang global volunteer nya atau langkah supaya hemat? wkwk. Bingung nih kalo gini, mending kamu tanya, ntar aku jawab WQWQ

  5. Boleh dong minta itin nya kaka mau kesana insyallah bulan november hehe makasih

  6. So interest ! Boleh minta intin nya gak ? Hehe kirim ke gadingisme.design@gmail.com yaa heeh makasih

  7. Aku jg mau dong itin nya.. zemutakin@gmail.com makasih yaa..

  8. boleh minta itinnya dong saptiantono@gmail.com thanks yaa..

  9. minta tolong di share itin-nya ya di ardelia.ramadani@gmail.com

  10. sya mau itin nya yaa..di vitaawuu@gmail.com. Thanks

  11. Saya minta itin nya juga yah…di usiakbar26@gmail.com.terimakasih….

    1. sudah saya kirimkan. cek email Bang!

      1. ada kenalan guide ngk de ? om pingin jalan2 bln depan. sekalian tarif perhari berapa ?

  12. Boleh minta itinnya dek? tlg imel ya dek chantcute@gmail.Com

    1. boleh, udah aku kirim yaaa

  13. boleh minta itinerary nya juga kak ? ayanatalia@icloud.com
    terimakasih πŸ™‚

  14. Alo mb salam kenal, saya citra, bs tlg email ke citralim@yahoo.com terima kasih sebelumnya

    1. apanya mba? itin?

  15. Iya itin nya….makasih sblmnya

  16. Dek, kakak minta itinerary kamu waktu di Turki yah. Email kakak : skara_tjung@yahoo.com
    Thanks.

    1. done yaaa. Semoga bermanfaat!

  17. mau donk itinerary nya kirim ke jelly_wie@yahoo.com. thanks

  18. Makin tertarik buat ke turkiiii!!! Please send me the itinerary buat referensi wkwk dhelia.putri24@gmail.com

  19. Mau juga dong itinnya,,e-mail: astrid201256@gmail.com
    thanks y:)

  20. mau dong itin nya boleh minta tlg dikirimin ke lola_sandi@yahoo.co.id
    terimakasih banyak mbaaa

  21. mbaaa, aku mau dong intinerary nya.
    sherry.haryani@yahoo.com
    terimakasih banyak mba πŸ™‚

  22. Mba saya juga mau itinnya..
    terimakasih ☺️
    Yeyen.81@yahoo.com

  23. hello, boleh minta itinnya? πŸ™‚ sukses selalu yaa..
    izzatiaqmarina13@gmail.com

  24. Boleh tahu itin nya sis. ega.nugraha@gmail.com

  25. Esther Ketrin Malonda

    hai Author… thanks banget udah bagiin ceritanya.. boleh minta itinnya ga? estherketrinmalonda@gmail.com

    Thankyou

    1. sudaaaaah semuaaa cek email yaaaaaaaw

  26. hai insalamina..salam kenal..thanks banget sharingnya yaa…btw .link untuk masing2 kotanya baru istanbul yaa? hehehe
    mau itinnya yaa kalo boleh ke mitapinky@yahoo.com
    makasiiii

    1. HEHEHE Maafkan aku yang mager ini ya! Soon publish di blog ini (aamiin) Untuk itin nya tulis email kamu aja nanti aku kirim

  27. Salam kenal Mbak..
    Saya Santy… thx sharingnya.. Ditunggu sharing kota lainnya di Turki.
    Mau itinnya ya Mbak.. kirim ke ariena.rosanty@gmail.com
    Thx mbak..

    1. done. Salam kenal juga, Mbak.

  28. Halo kak, boleh minta itinnya kah? amirashafam@gmail.com thankyou πŸ™‚

  29. Helo Ms. Isalamina,

    Kerennn, saya minta itinerary.a juga ya ke Hanansahril@gmail.com
    Terima kasih..

    1. sudaah, kalau nggak masuk coba cek folder spam

  30. Hii.. mba.. Terima kasih sharingnya.. Mau jg donk itinnya.. blh yak.. 😁 (indah_kartika19@yahoo.com)
    Oiyaa, slama dsana pakai bahasa apa y mba? Inggris kah? πŸ˜…

    1. sudah dikirim yaa, cek folder spam juga. Iya pakai bahasa inggris hehe

  31. wah seru bgt, ga kliat gembel kok dan keren2 aja bacanya. . pgn cb solo ke turki, apalagi liat bangunan2 kunonya, msh planing nih biar ga bentrok ma kerjaan. aq mau dong dshare itinnya & budgetnya di myownimagination@gmail.com
    thank you ~

    1. sudah yaaa semuaaaa juga, kalau nggak masuk kemungkinan masuk spam wkwkkw

      1. salam kenal mba, apa benar bisa apply visa lewat e-visa? (yg kayak ke india)
        Jadi, dokumen kayak tabungan (rek koran ga perlu dong)
        tolong reply ya ke email saya windy.phosiri@gmail.com
        Terima kasih πŸ™‚

  32. halo mbak, dari izmir ke selçuk sama pamukkale transpornya pakai apa? thanks.

    1. aku mostly pakai bis sih, soalnya bis disana enak dan mudah juga petunjukknya

  33. halo mba,aku mau dong itinya huehehe:D

  34. meilenysitorus@gmail.com . mau itinnya ya . makasih

  35. halo mbak bisa minta itin nya ke email whitedecember22@yahoo.com aq rncn mau ke turki sekitar 10 hari rute ist-cappadocia-denizli-selcuk-bursa-ist ini kira2 masuk akal gak rute nya apa kelamaan di jalan? dari ist cappadocia mau naik pswt aja sisa nya by bus.

    1. kalau naik bis sih bisa aja tapi capek di jalan, karena destinasinya banyaak

  36. Mau itin nya yaa mbak, makasih @nussy.nsaown@gmail.com

  37. Kak, minta itin donk 😁😁
    Kirim ke lailynh99@gmail.com yaaa

  38. Boleh dong kak itinnya minta tolong dikirimkan ke tjuandha@gmail.com

  39. boleh minta itin nya? ke aditapermatasari02@gmail.com yaaaa
    thank you kak πŸ™‚

  40. Kaaak bagi itinnya doong ke aghnia.whibby@gmail.com makasiii

  41. Nicko angga goutama

    Boleh dong dikirim itinnya soalnya ada rencana mau ke turki juga ke nicko.goutama@gmail.com. terimakasih ya

    1. sudah dikirim, cek folder spam juga ya

  42. Halo kalo cuma 3 hari di turki untuk internet dsb apakah wifi di sana reliable dan ada dimana2 atau mending beli sim card sana ya? Thanks

    1. Tergantung kota nya, kalau di Istanbul untuk tempat makan dan toko ternama sudah menyediakan free wifi. Nah paling pas explore wisata nya saja yang harus bersabar tidak online dulu hehe

  43. Mau itinnya, kirim dong ke aasmartiana67@gmail.com.

  44. Nixko angga goutama

    Boleh dong dikirim itinerary nya ke turki ke email nicko.goutama@gmail.com

  45. hello, boleh minta itinnya? πŸ™‚ sukses selalu yaa..thanks
    yusran70088@gmail.com

  46. Hai kak. Bokeh minta itin nya email ke hyukay_daa@yahoo.com makasih ya kak.
    Oh ya mau tanya. Kalau untuk winter disana kira2 bagaimana yah kak untuk tempa wisata sekitar semingguan ? πŸ˜„
    Makasih kak

    1. Udah aku kirim ya, coba cek folder spam. Gimana apanya ya? tempat wisata tetap buka pas winter, enaknya ke Pamukkale bisa mandi air hangat

  47. mau juga donk itin nya😁
    rinisriwahyuni36@gmail.com
    tks

  48. Halo mba, boleh minta tolong dikirim file itenerarynya ke email saya triyani@gmail.com ?

    Terima kasih

  49. Hi,

    Boleh minta di share itti nya detail dengan naik apa saja ya — wuntujohn@yahoo.com

    Terima kasih.

    Best,
    John

  50. hi,
    blog nya keren banget, jd pengen ke turki. aman ga klo kesana sendirian?
    jadi pengen backpackeran juga. bagi itinerary nya boleh ke asa_iasn@yahoo.com
    makasih banyak

    addi

    1. aku kesana sendirian kok. hehe siap meluncur itin nya, cek folder spam jg

  51. Hai ka..salam kenal..boleh tolong kirim itin ke meifyireineloho@gmail.com..rencana aq kesana 7 hari ajah..Danke..

  52. Kak aku mau itinnya juga dong nonashylviana898@gmail.com
    Makasih kak sebelumnya😊

  53. Halo salam kenal, boleh minta Itinnya kak, ke email: marialiem20@yahoo.com
    terimakasih kak

    1. cek email yaaa (yang lain juga)

  54. HALLO Dik insalamina, salam kenal,
    saya rencana mau ke Turki bulan April kira-kira bisa ksih masukan ngak enaknya kita darimana dulu misalnya dari istambul ke izmir apa dari istambul ke Capodocia ? yg jauh dulu baru urut-2 sampai ke izmir dan istambul. atau enaknya itinnya sperti apa…?

    mohon di email ke : ratna.juwita@mncgroup.com
    terima kasih banyak atas masukannya, ditunggu…

    1. cek email ya Mbak, cek folder spam juga

  55. haloo mbaa salam kenal aku mau itinyaa jugaa dong, emailku : duatujuhmei@ymail.com

    1. salam kenal juga. Sudah aku email ya

  56. hallo, boleh share ittn kah? ini emailny faradilami.putri@gmail.com

    1. boleh, sudah aku email ya

  57. Mbak salam kenal ya dari julya di palembang boleh dong send itinary nya di agustinajulia42@gmail.com terimakasih

  58. kak, share donk, emailku aeerahime@gmail.com ya
    makasih

  59. Boleh minta itinnya mbak? tlg imel ya mbak, yusran70088@gmail.Com

    terima kasih

  60. boleh minta itinnya dong kak? minta tlg email ya kak
    audierahmani@gmail.com
    terima kasih banyak

  61. Halooo boleh ya tolong share itinnya ke anissa.rifka@gmail.com terima kasih!

  62. Mbak boleh minta itinnya…ke email putrizuseka@yahoo.com…terimakasih

  63. hallo..mau tanya untuk penukaran uang TL sebaiknya dr jkt atau pas di airport sana rate lebih bagus? thanks😊

    1. wah kalau di sini aku kurang tau, dulu pas aku tuker ada sih yg jual TL tp harganya mahaaal. Jadi aku lebih milih bawa usd yang banyak tukernya di Kota pas nyampe Turki. Tuker ke TL nya dikit aja, buat ongkos hehe

  64. halo mbakk,,,boleh share itinnya ke
    mergiana.laras@gmail.com,,,terimakasi

  65. Hi boleh minta itin nya ke vitaawuu@gmail.com. Thanks

  66. Neng boleh dong minta itin-nya, ke jajulirecord@gmail.com makasih banget

  67. Kak boleh minta itin nya? Kirim email kak ke sharondul9124@gmail.com

  68. halo kak , perkenalkan aku vera, aku rencana solo travelling wanita ke turki di bulan oktober ini , rencananya 14 hari disana…aku cukup deg-degan karena masih jarang cerita orang yang jalan ke turki hehe…apakah boleh minta itinnya? untuk jadi bahan inspirasi , dan apakah ada kontak line yang bisa dihubungi untuk bisa bertanya-tanya lebih leluasa?

    terima kasih kasih banyak kak

    1. emailnya apaa? nanti bisa ku kirim. Semua akun ku di dunia maya sama kok username nya :p

  69. bisa kirim itin nya ke kidod25 at yahoo dot com tq

  70. Evie Yulistyawati

    Salam kenal mbak … mohon dapat dikirim itinnya mbak ke evie.yulistyawati@gmail.com … terimakasih ya

  71. Hai kak salam kenal ya aku ada rencana ke turki bulan juni πŸ™‚ minta itinnya boleh? Kirim ke email aku ya nidiaqonita@gmail.com

    1. Salam kenal juga, sudah aku kirimkan via email yaa. Semoga berfaedah!

  72. Haiii boleh aku minta itinnya ,insya allah mau kesana oct tahun ini,doain ya bisa ky km salam kenal indri, nh email ku iindit@yahoo.com

    1. Salam kenal jugaaa, cek folder spam juga yaaa untuk emailnya

  73. Halo mbak.. minta itinnya ya mbak.. mau kesana pas hari pernikahan agustus nanti..
    alitoyotakaltim@gmail.com
    Makasih mbak

    1. waaaah honeymoon ya, udah aku kirimkan via email ya

  74. haii mbaak menarik banget deh fotonya. Lol. Haha.. Keren deh ulasannya jadi makin pengen kesanaa. Aku sm suami ada rencana kesana april besok nih. Sayangnya bukan buat bulan madu wkwk. Btw mau minta share rute naik turun pesawat ada ga ga biar murah gt dr jkt ke turki. Kl ada chitchat yu mbaa d email aku tomylinda10@gmail.com. makasih

    1. hihi thank you. Aku udah email yaa, untuk tiket pesawat cek aja di skyscanner, biasanya yg transit akan lebih murah.

  75. meilita syahputri

    Kerennn kaa… aku mau juga donk itinnya kaaa buat refrensi mau kesana pas honeymoon :)))

    Email aku : meilita_syah@yahoo.com makasiii ka :))

  76. kaak aku juga minta itinnya boleh yaa, ngiler sama postingannya kakak πŸ™
    ini emailku kak : skurniaayu@gmail.com
    grazie kaak

    1. wkwk makanan kali ah! udah yaa

  77. Ka pengen itinerary nya dong 😊

    1. emailnya?

  78. mbak bisa minta intinya dan mau nanya2 bisa? aksarailter@gmail.com

    1. bisyaaa, udah aku email ya. cek spam juga

  79. Interest nih… pengen itinerary nya ya…
    Kirim ke ni.madedesi@yahoo.com
    Terima kasih.

  80. Hallo, mba boleh itinnya dikirimkan ke indah_apt98@yahoo.com.
    Terimakasih.

    1. boleh doong, cek email yaaa

  81. Saya juga dong mau itinerary nya bisa tolong share ke rafika.arsyad@ymail.com. thank you

  82. hello, insalamina…thanks for the story you shared to us through this blog. it is so inspiring and wonderful. by the way, can you share me the itinerary as well as the budget via my e-mail melodysymphony7@gmail.com

    thanks a lot πŸ™‚

  83. Hai. Kebetulan banget ketemu blog ini. Saya Ghalib dan kebetulan sedang ikut program AIESEC juga di Yalova, Turki. Sebenernya pengen nanya sih, kebetulan rencana lagi ingin beli SIM card. Tapi kemarin nemu harga sim card nya sekitar 75 TL plus paket 5gb + 750min + 1000sms. Itu standar ga yah? Soalnya kok mahal banget yah :)) Kalo ada info boleh dong di share hehehe. Tesekkurler πŸ˜€

    1. kalo perdana emang mahal sih, apalagi udah ada paketnya. Tapi kamu hp nya udah di regist blm? kalo udah, beli aja gapapa menurutku

  84. Salam kenal mba.. Jadi pengen jalan2 k turki nih.. Boleh dunk kirim itin nya, ke amalia.trahmi@gmail.com. Terima kasih sebelumnya, mba.

    1. salam kenal juga! sudah dikirim yaw

  85. Hi kamu, saya Angel. memang sedang berencana untuk solo traveling.
    Saya mau yah itinerary nya please πŸ™‚ yulyta.angelita@gmail.com
    So much appreciate.. Stay health untuk bisa lebih jauh jalan2 nya yah..
    Thank you much

  86. Kak aku mau tanya tanya tentang cara masuk ke turki.
    Ini emailku
    Faenytristiani93@gmail.com

    1. tanya apaa? nanti ku jawab

  87. Hi Mba Salam kenal,

    Aku juga boleh dishare ya itinerary ke siti.asthina15@gmail.com

    Sekalian mau tanya-tanya mba:

    – lebih enakan mana yg didahuluin dari istanbul ke izmir kah atau istanbul ke kapadokya?
    – ada rekomendasi tur yg bisa digunain kah selam di kapadokya dan di Izmir?

    terima kasih ya mba

    1. Udah aku kirim ya itin nyaa. Kalau masalah enakan sebenernya tergantung ya, tergantung dapet tiketnya murahan yang mana? wkwkwk #anaklowbudget. Untuk rekomendasi tour nggak ada huhu aku ga nyari nyari tour soalnya disana hehe

  88. Mau itin nya yha mbak, makasih byk πŸ™‚ @sulastrin11@gmail.com

  89. Mba Boleh liat itinerary nya mba. boleh kirim by email ke purnamasari1031@gmail.com.
    trus kalo saya tanya tanya by email boleh di jawab ya mba.
    heheh makasih banyak sebelumnya

  90. halo, mbak…boleh kah minta kirim itinerary dan budget ke melodysymphony7@gmail.com…terima kasiih πŸ™‚

  91. Boleh dong kirim itin dan budget ke tiotiotioandiko@gmail.com

    1. sudaah dicek yaa

  92. halo mba,
    makasih banget tulisannya bermanfaatlah buat kita2 yg baru mau mulai, pas banget aku lagi nyari2 referensi soal ngebagpacker ke turkey dengan budget yang minim πŸ™‚
    boleh ya mba aku minta itinerary nya adhe_amq@yahoo.com πŸ™‚ makasih

    1. sudah ku kirim via email yaa

      1. makasih mba πŸ™‚

  93. Selamat siang , salam kenal Dik Insalamina, sy berencana liburan ala backpackeran bersama keluarga (2 org dewasa dan 2 anak usia 11 dan 8,5) buat April-Mei 2019. Sekarang sedang riset dulu dr beberapa pengalaman traveller.

    Bisakah tolong emailkan itinerary waktu perjalanan dik insalamina dulu ke biby.adinegara@gmail.com

    Terima kasih sebelum dan sesudahnya, salam

  94. Hi, boleh kirim ke email aku naelufarr@gmail.com

  95. Mba kirimin itinnya nya ya sijusutirto@gmail.com rencana sama istri , mau kesana. Tapi ane udah searching pesawat pake skyscanner multikota biar murah plus ikutin web qatarairways siapa tau promo 7-8jt udah pp

    1. Udah dikirim ya itinnya. Wuiii mantep tu kalau 7-8jt udah bisa PP. Semoga lancar bisa kesana! Aamiin

  96. Alhamdulillah dapat blog ini… Dan ngebahas tentang turki… Mb kalau mau cari tiket promo itu dimana ya… Boleh dong itine nya kirim ke rosan10415@gmail.com

    Oh nya kak biasanya kita dari indonesia mendaratnya di bandara apa ya kak…

    1. coba pake skyscanner, bisa lihat harga dari berbagai maskapai. Itinnya sudah dikirim yaaa.
      untuk penerbangan internasional biasanya mendarat di Attaturk Airport di Istanbul

  97. Halo mbaa.. Salam kenal.. Aku yuni..boleh minta dikirimin itinnya mba… Email :juniartisamad@yahoo.com….makasih mba cantikkkk

    1. Salam kenal jugaa. Sudah dikirim yaaa

  98. Share itinerary nya dong πŸ™πŸ™

  99. Boleh minta itinnya? Rencana awal tahun depan ke istanbul. Terimakasih
    Email : febryndra@gmail.com

  100. Halo salam kenal saya Fajar
    Rencana mau nge-bolang ke Turki dari Sudan (kebetulan nguli disini)
    Apakah harus persiapan Medical Insurance karena di footnote visa turki ada keterangan harus punya medical insurance selama di Turki
    Terima Kasih
    Kalau boleh itinerary juga dong πŸ™‚

    1. iya pake medical insurance ya/travel insurance

  101. Mba maaksih blog.nya menginspirasi sekali, klo tidak memberatkan saya boleh minta izin.nya mbaa kirim ke email uswah14uha@gmial.com
    Terimakasih banyak kakak

    1. sudah dikirim. Silahkan periksa email

  102. Salam kenal mbaa artikelnya informatif buat kita2 yg mau pergi ke turki ehe mba minta itin nya juga ya intisharnaa@gmail.com, terimakasi banyak mba:)

    1. Salam kenal juga, sudah meluncur ya itinnya (cek spam juga)

  103. Ka artikelnya abgus banget jadi ngiler 😒😒
    Oiya kaa, hostelnya itu apa campur? Karna saya berhijab ka :”) oiya kaa boleh minta itinya kah? Nurwahida20@gmail.com

    teşekkür ederim ^^

    1. di setiap hostel biasanya ada dua pilihan mau yg campur atau yang khusus perempuan. Di hosel itu juga ada 2 pilihan kamar kok, no worry

  104. thanks bangett sudah post pengalamannyake turki, btw boleh minta itinnya jugaaa? rizka675@gmail.com

    1. sudah dikirim yaa, silahkan cek email

  105. Miss, salam kenal,, sya ola… bisakah saya minta email itin nya? email ku olaotto8@gmail.com

    Thanks before,
    Ola

    1. sudah dikirim ke email πŸ™‚

  106. Dear mba, saya minggu depan solo traveling ke turki selama 7 hari. Boleh minta itin nya?
    aze.permana@gmail.com

    trimss udah sharing ya.

    1. boleh dooong

  107. Halloo tulisannya menarik and inspiring. Bolehkah minta itinerarynya ke rucitradeasy@yahoo.com? Terimakasih banyak!

    1. silahkan cek email!

  108. Hallo mbak yang cantik, boleh minta itinerarynya ke agustien70@gmail.com . Terimakasih

  109. hallo mbak, apa boleh minta itinnya kak? minta tlg email ya kak
    audierahmani@gmail.com
    terima kasih banyak, sukses selalu

  110. Haiii, boleh saya minta itinnya? Email ya leanny.badiana@gmail.com
    Thx in advance πŸ™‚

    1. boleh doong, sudah dikirim yaa

  111. Luar biasa perjalanannya, btw boleh bagi itinerary nya mbak?
    Email saya arvipradwika@gmail.com
    Makasih banyak ya…

  112. Asalamualikum
    Mbak mintak kirim etinerary ke turky ya mbak..
    Kepengen neh tau..
    Info ya fratama_1989_sandy@yahoo.co.id

  113. Hallo mbak boleh minta itinerary nya
    banser.hilda@gmail.com
    Terima kasih πŸ˜„

  114. salam kenaaal, bolehkah dikirimkan itinerarynya ke ameliadhiena22@gmail.com?? hehe makasih banyaak. oiya, kira2 lebih baik memakai pemandu mahasiswa atau cukup menyusun itinerary secara mandiri ya? terima kasih banyak sebelumnya!

    1. salam kenal juga πŸ™‚ siap itin akan di email yaa
      menyusun itin sendiri sebenenarnya sudah cukup kok, aku pun begitu hehe.

  115. Halo boleh kirim ya itinerarnya ke esthercecil1312@gmail.com

  116. Hallo kak boleh minta itinya
    meilindaanandhitap@gmail.com
    Makasih banget kak udh membantuπŸ˜‰πŸ˜Š

  117. Kak boleh minta itinnya, pak.trikresna@gmail.com. Sama boleh tanya2 untuk prosesnya…

  118. Selamat sore mbak..
    Bisa bagi iti nya ? Ke fmariasj@yahoo.com
    Thanks banget…

    Sekalian mau tanya ada ga ya yang mau bareng backpackeran .. 1 org aja ga apa kok…

  119. Hai Kakak…mau juga itin nya dunk, makasih πŸ™‚ email di yanism52@gmail.com

    1. sudaaah ku email, silahkan dicek

  120. Hiiii mba….
    Waaa terimakasih yaa sharingnya bermanfaat banget ni buat yang mau melancong ke Turki.. Ohya mba, mau nanya doong kalau ke Turki kan emg perlu visa yaa, nah kalau cuma transit negara aja apa perlu bikin visa juga? Misal, naik etihad trus transit di Dubai selama beberapa jam..apa perlu visa juga? Tolong bantu jawab yaa…maklum belum pernah melancong jauuh wkwkwkwk. Terimakasih.

    1. Kalau hanya untuk tinggal sementara kurang dari 15 hari di Turki hanya perlu visa on arrival. Jadi tidak perlu mengurus di Indonesia. Perlu atau tidaknya visa tergantung dari negara nya, untuk Dubai dibutuhkan visa, tapi kalau hanya transit DI DALAM BANDARA maka tidak perlu visa. Semoga membantu yaa

  121. Boleh minta itinnya mbak. Makassih banyak
    Aliisadikin27@gmail.com

    1. cek email!

  122. Halo mba, telat nih sy, udah tahun 2018…tapi sy masih tertarik sm itin dan rincian biayanya mba….mau buat budget juga nih biar bisa prepare dr sekarang….thx mba

    email ke ernasusan@gmail.com

    thx bgt mba

  123. dear sista, aku pengen kesana insha allah oktober ini , pas banget nemu blog kamu , boleh dong kirimin itinnya ke emailku , iindit@yahoo.com

    salam kenal yah ^^

  124. Asalaamu ‘alaikum.
    salam kenal mba Insalamina, sy berencana liburan ala backpackeran bersama keluarga (4 org dewasa ) ke Turki. Sekarang sedang cari ref dulu dr beberapa pengalaman traveller.

    kl berkenan tolong emailkan itinerary waktu perjalanan ke Turki-nya.

    sukses sll, mba

    sumantrimaxx@gmail.com
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya, salam

  125. mbak, saya juga pengen dibagi itinerarynya ke firfirly@yahoo.com. maksih banyak sebelum dan sesudahnya.

  126. Kak, bisa minta tolong kirim itinerary nya ke tjanlien_29@yahoo.com
    Makasi banyak ya.

    1. sudaah. Silahkan cek email ya

  127. Halo mbak insalamina, saya boleh minta itinery di turki ? Email saya : nanenurhayati@rocketmail.com. Terimakasih mbak.

    1. sudaaa. silahkan cek email

  128. hai mba…boleh email itinerary ke respatihayuhapsari@gmail.com. thanks before mba πŸ™‚

  129. tolong minta itin jga dong shay ke ardiankomala.ak89@gmail.com mw k turki jga blan oktober, insha Allah makasih ya

  130. Hallo, salam kenal,
    aku boleh itinerary ke ravitasani@gmail.com

    thanks

  131. Hi mbak,
    sy boleh minta itin + rincian biayanya kah ?
    mau buat budget biar bisa prepare dr sekarang….
    tolong ya mbak, kirim ke tan3tantri@gmail.com
    thx mba

    1. sudah aku kirim yaa, budget yang tertulis berdasarkan yang aku keluarkan kala itu. Tinggal diadjust saja nanti yaa

  132. halo salam kenal insalamina, boleh gabung minta itinnya kah ? hehe aku ada rencana april 2019 pas lagi ada tulip kan ya hehe? btw kalo kesana sendirian aman kah ? disana kamu full ngomong turki atau english? soalnya kayaknya rata” orang sana ga bisa bahasa inggris hehe. btw emailku wildafajriah@gmail.com tessekuler kiz πŸ˜€

    1. iya bener pas Tulip, lagi cantik cantiknya. Aku pas ke sana sendirian dan aman-aman aja. Selama di sana aku full pake bahasa inggris sambil dikit-dikit belajar basic Turkish. Di sana sama aja kayak di Indonesia, cari aja yang kelihatannya pelajar, kemungkinan besar bisa inggris. Untuk masyarakat umumnya bisa lah basic basic english. Mungkin yang susah ya kalau ke pasar tradisional dan penjualnya sudah agak tua

  133. Halo mba, boleh share itinnya?email saya: putifah@gmail.com… Terima kasih sebelumnya

  134. Boleh minta tolong kirim itin nya ke email ku ka? Thanks πŸ™‚
    lilihennia@gmail.com

  135. Halo kak, apa boleh bagi itinnya karena ada rencana travel untuk tahun depan, terimakasih sebelumnya πŸ™‚ email saya destielwinchest8@gmail.com

    1. sudah terkirim yaaaa

  136. boleh minta itinnya mbak ? email saya opartin24@gmail.com
    thanks yah sebelumnya.

  137. Omg im so interested to visit after reading your article ☺️😍
    Tapi harus nabung dr skrg ya berarti hehe karena spendnya pasti banyak hehe
    Boleh tolong email ke aku itin nya kak? Buat referensi kegiatan trip aku janti disana πŸ™‚ here is my email carenhk07@gmail.com
    Thank you

  138. Hai mbak… Salam kenal yaa.. Bs tlng share itin nya ke email saya πŸ™‚
    dinimaharani2111@gmail.com
    Terimakasih bnyak…

  139. Saya minta itin nya juga yah…di
    iamnewtoon@gmail.com

  140. Kak, boleh minta itin + budget nya gak? Saya mau merancang nihhh hehehhe ke wmail ya kak
    Saltiayasminn@gmail.com

    Terimakasih kak!

  141. Asalam, Mba tlg email aku donk, aku pgen nax2, aku plan k Turkish 5_20desember nnt, emailq marlisadewi14@gmail.com,
    Trims y Mba,
    Aki tggi emailx.
    Salam

  142. Hi Mba boleh dikirimkan itinnya? alamat email nya panggihrizki11@gmail.com
    Thankyou bantuannya 😊

  143. kak aq rencananya kesana awal november, minta itinnya please send to: jasmine_yash@windowslive.com.
    makasih kak!

    1. terkirim ya! silahkan cek email

  144. sore kak, boleh minta itinnya yaaa… Ke edwinnatalia@gmail.com
    Terima kasih banyak

    Selamat jalan jalan lagi ya kak,

    1. boleeh dong, sudah aku kirim yaa.

  145. Assalamu alaikum saya rencana pingin ke turki bareng suami.pingin traveling sendiri tanpa ikut tour,tapi saya blm tau gmn caranya,lisyasyaus@gmail.com

  146. salamualaikum Kak,,
    kok seru sih kak,, jadi makin excited buat nabung biar bisa journey to Turkey !!! wkwkwk, boleh di share itin nya gak kak?, ini email aku mardadavine09@gmail.com, thx kak,,

  147. Kak boleh minta itinerary nya gak?
    Kirim ke email windaputri5001@gmail.com
    Makasih sebelumnya 😊

  148. hai kaka saya juga mau rencana sih masih tahun depan yah barangkali ada yangpergi 2019 hii info yah

    mungkin oktober gtu

  149. ka..mau itinnya dong..minta tolong dikirim ke sitirezani@gmail.com

    oia mau nanya klo di indonesia nuker ke TL dmna ya? makasi

    1. sudah aku kirim yaa. Dulu aku tuker di golden money changer, di money changer besar biasanya ada. Sebelum tukar ada baiknya cek dulu rate terkini ya, karena jarang yg sedia lira jadi rate nya suka gak bagus. Dulu aku prefer tuker dikit aja, sisanya ambil dari atm di sana

  150. mbak, aku boleh minta itin nya ga ? tolong email ke aku ya ( elvadiana2010@gmail.com) mnakasih mbak,,,, πŸ™‚

  151. Turki memang luar biasa, berada di antara Eropa dan Asia. Sekali saya ke sana, masih ingin ke sana lagi, kangen sarapan kahvalti nya ada roti hangat, keju, salad, telur dadar, enak sekali. belum lagi peninggalan bersejarah yang masih terawat.
    53 hari di Turki? kayaknya cukup ya waktunya, karena saya 11 hari di sana terasa kurang dan maksain buat mengejar target list tempat wisata yang dikunjungi. hahaha.

  152. tolong dikirim itinerary nya ke alvin.mulyawan@gmail.com. terima kasih

  153. Muhammad Faisal Prakasa

    Minta itinerary nya dong kak, mumpung lira lagi turun2nya.. makasih kak sebelumnya
    Ini email saya kak faisalprakasa2000@gmail.com

  154. wah seru nih liburannya..bisa dicontek nih itinerary nya πŸ™‚

  155. Sistem, minta intin ke Turki boleh?
    zahrahilwaalvenia@gmail.com

  156. salam kenal kak…
    bisa minta itinnya dongg ke
    solichaindayati9812@gmail.com
    trimakasih.

  157. Mau donk itinnya… please send to daisy.nathalia0812@gmail.com
    Tingkyuuuu

  158. Halo, masih bisa minta itin ga nih? Bulan depan mau ksna rencananya hehe. Di email ya please anggrynta@gmail.com thankyouuh

  159. Mbak.. boleh dicontek itinerynya.. emailku widycapawaty@ymail.com
    πŸ˜‚ rencana 2019 mau nyoba main2 ke turki..
    Thankyou mbak..πŸ€—

  160. Boleh minta itin nya ka?
    tolong kirim ya ke akhyadi890@gmail.com

    Terima kasih banyak banyak. Oh ya waktu itu pp psawat nya brapa.. Saya kok belom nemu
    Plis info.. Makasih

    1. Waktu itu pake Qatar Airways. 12.5jt PP. Aku kirim email ya itinnya

  161. Kakak, may dong ittenary detailnya..solo traveling persmpuan disana Aman ya? G coba kunjungan Iran kah?

  162. Seriusan banget…solo traveling buat cewek Aman ya kak? Boleh minta ittenary detailnya?

    1. aaamaaan. sip aku kirim email ya

  163. hai kak boleh minta share itenary nya? sanny.teo@gmail.com
    terima kasih

  164. kak, kalau cewek nginep pakai aplikasi couchsurfing aman kah? minta referensi dong…oia, ittenary juga ke dee_y4p@yahoo.com bisa?
    makasih bantuannya πŸ™‚

    1. yang penting kita tetap awas, dan saran saya tetap milih host yg cewek juga

  165. Halo salam kenal. AKu juga ingin minta ittenarynya dong, boleh? Emailku wijayaoktavia@gmail.com ya. Makasih πŸ™‚

  166. Salam mba,

    Saya tersepona dengan erita jenjalan mba ke Turki, sayanya juga lagi cari info tentang perjalanan sana. Mohon dikirim juga ya mba, itinnya ke email saya dinihanifalatif@gmail.com Matur tengkiuh sebelumnya, keep traveling mba say =)

    1. itin sudah meluncuuur

  167. Halo salam kenal, boleh minta Itinnya kak, ke email: melati@simone.co.kr
    terimakasih kak

  168. kakkk mau dong di shared juga itin nya ke : imamspepenero@gmail.com..thx kak

  169. Hi Insalamina, I’m interested with ur story, mau dong di share itinerary nya hehe, thanks before ya…

  170. Kakk please send intin nya ya ke saltiayasminn@gmail.com

  171. Boleh minta itinerary? kirim ke achdarina@gmail.com
    Terima kasih

  172. Halo mba salam kenal
    Ada rencana ke turki bareng suami tp msih rencana sih hehe
    Boleh dikirimin itinnya mba ke email anasmia77@yahoo.co.id
    Makasih sblmnya mba
    Doain jg biar bisa kesna kyk mba 😊

    1. aamiiin, you will someday! Aku kirim yaa itinnya

  173. halo, salam kenal. boleh minta itin nya? disana orang2nya fasih inggris ga? disana ad tour lokal?

    1. Boleh πŸ™‚ kirim via email ya. Orangnya ramah-ramah, dan untuk bahasa inggris nya sama seperti di Indonesia, untuk pemuda nya rata rata bisa bahasa inggris

  174. hallo mbak cantik , mau juga dong yustianazaelani@gmail.com

    makasih sebelumnya πŸ™‚

  175. Panduannya kurang memandu, kak. Terkesan click bait jadinya, sengaja bikin judul menarik tapi isinya jauh dari itu.
    Nggak ada info sekilas obyek2 wisata apa aja yang bisa dikunjungi.
    Nggak ada rekomendasi hostel.
    Nggak ada info juga tentang transportasi dalam kota enaknya gimana, pake kartu atau beli satuan, atau malah bakal lebih banyak jalan kaki. Masing-masing kota pasti beda2, apalagi Istanbul sistemnya udah cukup kompleks.
    Nggak ada panduan penukaran uang, estimasi budget.

    Saya bukan hater ya, saya murni browsing buat mencari info. Pas nemu artikel ini udah seneng karena dari judul kayaknya pas banget. Saya lebih suka susun itinerary sendiri, nggak nyontek, jadi cuma butuh infonya aja.

    1. Makasih Gigi bungsu sudah mampir πŸ˜‰

  176. Hai mba.. salam kenal..
    Mba boleh minta itinnya?ni emailnya titiemutce@yahoo.co.id
    Kalau kira” budget 10jtan cukup nggak ya ke sana?hhee
    Kalau di istanbul harga makanannya bersahabat nggak mba? Terimakasih

    1. 10 juta tanpa pesawat sih cukup banget! Harga makanan di Istanbul sama seperti harga makanan di Mall Jakarta

  177. hallooo Mba… perkenalkan..sy styven dr NTT…

    bolehkah sy minta itinya Mba…???πŸ™πŸ™πŸ™

    email : kefieven@gmail.com

    makasi bnyk mba..

  178. Mba boleh minta itin nya juga, uphee26@gmail.com makasih … btw mba kl e visa itu Beneran prosesnya lwt online 3 hr beres ??

    1. iyaaa 3 hari kerja

  179. Kak, bisa tolong kirim itinnya? makasih

  180. Δ°nşallah 1tahun lagi mau ada rencana ke Rize Merkez hehe (doakan)πŸ˜‚
    Boleh dongya kak itin nya dikirim hehe rdeapus24@gmail.com. teşekkürler

  181. o ya kak. Bisa minta itinnya? ini email saya vettysikumbang@gmail.com
    Rencana saya jln Juli 2019.

    1. saya masih bingung transportasi dari Goreme ke Istanbulnya. Kalo naik peswt Pegasus, kita ke bandara apa? Bagaimana cara ke bandaranya?

  182. Waah biking ngiler bangeet deh kak postingannyaaa😍😍😍😍
    Wanna come there next time, yuhuu
    Boleh minta itinnya kak? Hehe
    Email saya : nabilayoraa@gmail.com

  183. Hi kak, minta itinerary nya ya πŸ™‚
    Mksh ☺

  184. seru yah eksplorasi Turki-nya..keren, kalau boleh saya bisa minta salinan intin nya ke eliaskenang@gmail.com, thanx so much πŸ™‚

  185. Kakk mintaa itinnyaa , dhiaulfikri@gmail.com, makasiiihh

  186. Halo kak Insalamina, waah perjalanannya seru, boleh minta itin-nya kak? abdullohmasud@yahoo.com
    Terima kasih kak, semoga sehat selalu biar bs jalan2 terus wqwqwq

    1. boleeh dooong, aamiin selalu bisa jalan-jalan

  187. mau bleh minta itinerary nya dong , thanks

  188. Kak boleh minta itin nya ?
    Rencana bulan juni 2019 ke turkey habis dari makkah. Tpi cuman 2 hari sih cukup ga ya ka ?

    Kirim email ya kak, marinirima09@gmail.com
    Terimakasih

    1. 2 hari bukannya lebih baik daripada tidak sama sekali? hehehhe

  189. Halo mbak, semoga sehat terus dan bs jalan2, mbak boleh dong minta itinnya, kirim ke abdullohmasud@yahoo.com
    Terima kasih

  190. Kaaakk minta itinerarynya dunkk

  191. Mbak mau dong itinnya di share ke ernatique@yahoo.com

  192. Kak, minta itin-nya ya
    Send ke noverizqi@gmail.com
    Makasih kak πŸ™‚

  193. Aah.. Mupeng.. Mau itin nya juga dong, sis.. Ke orchidofme@yahoo.co.id atau atika.maleh2@gmail.com

    Terima kasih πŸ™‚

  194. Waahh keren menarik…
    Boleh share itinnya? Skalian tips2 dsana ato t4 makan ato hostel utk budget mahasiswa :))
    Hehheee
    Bisa diemail kesini ya
    mahapany.ammar@gmail.com

  195. Pagi mbak… Mintak itinerary ya dong… Dan rekomendasi Hotel murah

    1. untuk hotel sekarang jauh lebih mudah, bisa cek booking com atau bahkan traveloka dan lainnya

  196. Bismillah
    Salam kenal ya mba…minta tolong share itinnya jg ya mba..buat gambaran kira2 nanti teknisnya gimana pas kami mau ke turki, in syaa Allah sekitar oktober nanti. Ke redroses1506@gmail.com. Terima kasih mba..

    1. itinnya sudah bisa didownload ya, link nya di artikel

  197. Mauu juga donk itinerary nya kak ke ariodwiokrano@gmail.com, oh iya kakak kapan kesana lagi, manatau bisa jadi guide kita… Hehehe, makasih sebelumnya telah jadi inspirasi kita yg pengen ke turki.

    1. sekarang sudah ada link nya ya di artikel bisa langsung didownload hehe

  198. Tanya donk Kak, untuk urus Visa Turki, apakah kita mesti punya tiketnya dulu?thanks

    1. iya, beli tiket dummy aja, bookingan aja tanpa bayar terlebih dahulu

  199. hello my sister.. perjalanan yang seru sekali, menantang..
    boleh minta itinnya juga?
    sekalian minta penjelasan lengkap tentang visa ya.. terimakasih..
    email ke masterplen@gmail.com

  200. Halo salam kenal. Seru baca blognya deh :).
    Gue ada rencana ke sana, cuma banyak yg bilang turkey ga aman kalau sendirian apalagi cewe, banyak penipunya. Is that true? Krn gue pengen bgt brkt, tp ngajak org ke turkey ga segampang ngajak ke ibukota kan ya πŸ˜…. Mohon infonya.
    Many thanks !

    1. hmm penipu kyknya ada dimana-mana deh wkwk, tetap harus waspada. Tapi aku bisa pede bilang kalau Turki aman buat cewek travelling.

  201. SelamΓΌn AleykΓΌm…
    Merhaba..

    kak… share itin ke hahaharomain@icloud.com, summer aku mau backpacker kesana hahahahaha…

    Terimakasih
    Teşekkür Ederim

    1. ada link nya di artikel, diklik ajaaa

      1. oh iya sudah trims

  202. oya kak perlu tidak di “miningitis” sebelum travel ke Turki???

    terimakasih…

    1. maksudnya vaksin meningitis

      1. tidak perlu

  203. Kak minta saran dong tempat2 yang bisa aku kunjungin yg menarik di turki apa aja ya?
    Trus bahasa di turki apa familiar dg inggris masyarakat di tempat2 umumnya?
    Trima kasih

    1. nggak beda jauh sama di Indonesia, tdak semua orang bisa berbahasa inggris dengan lancar namun umumnya para pemuda nya bisa berbahasa inggris

  204. kak saya boleh minta itinnya dong
    shaskya56@gmail.com

  205. Dek.. Boleh minta email nya.. Ada yang mau saya tanyakan.. Terima kasih..

  206. Haloo kak..
    Sehat terus ya,, makasih udh ngshare info menarik soal turki,, insyaallah ada niatan ke turki bareng temen, masih lama sbnrnya, 2021 sih..
    Tapi gpp, pngen liat intin nya ka insalamina..
    Klw berkenan, kirim ke Email ku ya kak..
    Andriyanishinta8@gmail.com

    Terimakasih 😁

  207. Selamat siang,
    Saya dan keluarga rencana akan ke Turki selama 7D6N bulan desember 19, berhubung waktunya terbatas sekali, mungkin saya bisa sedikit meniru Itinerary dari mba insalamina. Kalau boleh di share itinerary nya ya mba. Boleh dikirim ke emai s.diankartika@gmail.com

    Terima Kasih

  208. Assalamualaikum, ada rencana januari 2020 ini bakal berangkat sekitar 9 hari. Saya bisa minta dikirimkan itinerarynya, tolong di email ke sherryfebrizki@gmail.com

    1. link downloadnya ada di artikel kak

  209. Hallo ka..senang saya bacany sekitar negara turki makin mupeng z dengan keindahan negara turki..blh share itineraryny y ka..kirim ke aisyah.rizky@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.