Cara Apply Visa Korea Gratis Tanpa Agen Travel

Kembali di masa gue apply visa yang artinya travel again! Visa Korea merupakan salah satu visa yang terkenal susah didapatkan, dan visa korea lama keluar. Tapi tenang saja, nggak perlu putus asa, kamu bisa kok mengajukan visa korea sendiri tanpa agen travel.

Biaya Pembuatan Visa Korea

biaya pengajuan visa korea

Biaya pembuatan visa korea single entry sebesar Rp 576.000 dan biaya admin Rp 196.000. Harap diperhatikan semua pembayaran hanya menggunakan uang tunai, tidak bisa debit apalagi credit card.

Khusus untuk pengajuan mulai dari 1 Oktober hingga 31 Desember 2019, para wisatawan dibebaskan biaya visa single entry sehingga hanya perlu membayar biaya administrasi saja sebesar Rp 196.000.

Dokumen Syarat Pengajuan Visa Korea

Dokumen untuk syarat pengajuan visa Korea adalah sebagai berikut:

  • Pas Foto 3.5 cm x 4.5 cm berwarna 3 bulan terakhir (1 lbr)
  • Biaya Visa dan biaya admin
  • Paspor Asli dan 1 lbr FC halaman identitas Paspor
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Bukti keuangan (pilih dua) : SPT Tahunan, Slip Gaji 3 bulan terakhir, Mutasi rekening 3 bulan terakhir, Bukti kepemilikan (STNK) Kendaraan bermotor, Mutasi kartu kredit 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan bekerja / Surat keterangan Pelajar / SIUP (untuk wirausaha)

Lama Pembuatan Visa Korea

Biasanya membutuhkan waktu 6 hari kerja, ada yang lebih cepat namun tak jarang membutuhkan waktu lebih lama.

Jumlah Saldo yang Harus Dimiliki

Tidak ada syarat minimal saldo yang ditetapkan oleh Kedubes Korea maupun PT Korean Visa Center. Namun jika kita mengajukan visa melalui agen travel, maka rata-rata mereka mensyaratkan untuk memiliki saldo minimal 30 Juta rupiah atau minimal 1 juta dikalikan jumlah hari tinggal di Korea.

Misal kalian berencana tinggal selama 7 hari maka saldo yang harus dimiliki adalah 7 hari x 1 juta = 7 juta rupiah.

Gue sendiri hanya memiliki saldo 3 juta rupiah saat mengajukan visa, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada keharusan atau peraturan saklek mengenai saldo di rekening.

Walaupun begitu, gue tidak menyarankan untuk mengikuti kondisi gue dan menyepelekan status keuangan saat apply, karena status visa gue pun drama bikin deg-deg an bumi gonjang-ganjing, sempat mengira visa gue ditolak.

Tahapan Pengajuan Visa Korea di Korean Visa Center

Permohonan visa dapat dilakukan setiap Senin – Jumat mulai dari pukul 09.00 – 15.00. Silahkan datang menuju kantor Korea Visa Application Center (KVAC) yg berlokasi di lt. 5 Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

korean visa application center

Ambil nomor antrian dan mengantre untuk maju ke loket yg telah disediakan. Loket pertama adalah loket untuk pemeriksaan kelengkapan data. Jika dokumen yg telah dibawa dianggap blm lengkap, maka kita dipersilahkan untuk melengkapi nya.

Di KVAC terdapat fasilitas fotocopy, print, pengisian formulir dan foto studio. Semua fasilitas tersebut berbayar, untuk print dokumen dikenakan biaya Rp 5.000/lbr. Pastikan semua dokumen yang dibutuhkan lengkap dan dapat dibaca dengan jelas.

Setelah kelengkapan data sesuai, selanjutnya diharuskan untuk membayar biaya visa dan biaya admin pada loket kasir. Lalu kembali ke loket awal untuk menyerahkan bukti bayar. Selanjutnya kita diberikan tanda terima untuk pengambilan paspor dan menanti proses pengajuan hingga selesai.

Cara Memantau status Permohonan Visa

Setelah melakukan permohonan visa di PT KVAC, kalian akan mendapatkan struk tanda terima untuk pengambilan paspor. Jangan sampai hilang! Pada struk tersebut juga terdapat cara pengecekan status visa, sebagai berikut:

  • Akses situs www.visa.go.kr
  • klik English > Home page
  • Check Application Status > Check Application Status & Print
  • Klik Diplomatic Office > Pilih passport no
  • Masukkan no paspor, nama sesuai paspor dan tanggal lahir

Jika tulisannya under review maka artinya dokumen permohonan sedang dalam review kedubes dan membutuhkan +- 6 hari kerja untuk diperiksa. Jika tulisannya Approved, maka visa telah disetujui dan paspor dapat diambil di Korean Visa Center.

Pengambilan paspor dan visa dapat dilakukan setiap Senin – Jumat pada pukul 13.00 – 17.00. Tahapannya lebih sederhana, hanya mengambil nomor antrian lalu menuju loket yg tersedia. Waktu menunggu antrian sekitar 30 – 45 menit.

Selamat berjuang mengajukan Visa Korea! Jika ada yg ingin ditanyakan bisa melalui kolom komentar di bawah ya 🙂

3 Comments

  1. CREAMENO December 28, 2019
    • Yuyu January 5, 2020
      • insalamina January 5, 2020

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.