Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Belajar Digital Marketing Bersama RevoU

Gue rasa kalau kalian mampir ke artikel ini, berarti paling nggak kalian udah berada di tahap ‘consideration‘ untuk ikut kelas online RevoU. So, kalian udah tau lah ya apa itu Full-stack Digital Marketing RevoU 🙂

Semua berawal dari dua bulan penuh WFH di pertengahan tahun 2020, hal ini membuat keinginan gue untuk aktualisasi diri bangkit lagi. Gue mulai cari-cari kesibukan dengan berbagai hal, dari melukis cat air, buka online shop art supply, hingga akhirnya tertarik belajar digital marketing.

Proses Admission RevoU Digital Marketing Class

Pertama kali gue tau RevoU itu karena kakak gue ngasih tau konten instagram RevoU yang followernya gak seberapa itu. Dari kontennya aja, gue udah memprediksikan bahwa akun ini bisa grow dengan cepat.

Di akhir artikel kalian akan tau alasan kenapa yaiyalah itu akun bisa grow cepet, beserta caranya.

Begitu daftar melalui link website, gue mendapatkan email mengenai proses pendaftaran gue. Tes yang di lalui adalah…

1. Initial Assessment

Di sini akan diberikan pertanyaan mengenai numerical dan critical dengan waktu pengerjaan selama 2 jam, soal yang diberikan harus bisa kita kirimkan dalam waktu 24 jam. Waw, jujur first impression gue adalah…

“Apa-apaan ini mau ikut kelas udah kayak mau tes kerja atau tes kuliah aja”

Tapi dengan begini, gue jadi merasa tertantang dan yakin kalau gue masuk nanti, ini course emang berfaedah, bukan ecek-ecek.

2. Written and Video Assignment

Selang sehari, gue langsung dikabarkan kalau gue lolos tes pertama, dan selanjutnya diminta mengerjakan tes kedua. Kali ini dikasih waktu 48 jam untuk mengumpulkan tes tersebut.

Di tes kedua ini gue harus ngejelasin motivasi dan kenapa gue cocok buat jadi student RevoU, karena di sini kita menjelaskan apa saja ekspektasi yang didapatkan setelah mengikuti kursus digital marketing online ini. Tenang aja, di sini kalian gak ditanya apa kekurangan dan kelebihan kalian. Hehe.

Sedikit share pengalaman lucu, gue take video itu jam 6 pagi dengan kondisi gak tidur semaleman, bener-bener kayak orang mabok dan kesel karena ga bisa konsen banget buat ngomong lol. Mungkin kalau lagi iseng dan gabut, gue bisa kasih cuplikan video error gue #gakpenting

3. Interview

Selanjutnya setelah lolos kedua assignment tersebut, gue interview deh sama tim RevoU. Gue kebagian interview sama Matteo, CEO RevoU langsung! Waw, keren juga nih Co-Foundernya turun langsung buat milih student.

Aku terhura.

Selang sehari interview sama Matteo, masuklah email announcement bahwa gue terpilih jadi student RevoU Batch 3 dengan Job Guarantee 66% refund kalau gue ga dapat job yang berkaitan dengan digital marketing selama 6 bulan setelah lulus dari RevoU Labs program.

sempet sedih sedikit kenapa ga dapat 100% ya HAHAHA, ya siapalah aku ya kan. Tapi later on, gue tau kalau 66% adalah termasuk yg tertinggi, karena averagenya 33%. Baik, confidenceku naik hahaha

Lalu dari sekian proses yg cepet ini, lanjutlah ke proses yg paling lama, yaitu masalah menentukan pembayaran mau dicicil atau bayar lunas. Gue mikirnya aja sampe 5 hari sendiri 🙂 Maklum, pekerja kontrak hahaha keputusan yg lumayan besar dalam hidup.

Biaya Kursus Online Digital Marketing RevoU

Sewaktu gue dulu daftar (Juni 2020) harganya adalah 15 Juta Rupiah, dan yang gue tau harga early bid bisa lebih murah 3 Juta Rupiah. Lumayan banget, kan?

Kalau kalian serius untuk belajar digital marketing, gue sarankan save your seat now!

Sebagai alumni yang baik hati dan percaya bahwa edukasi adalah hak segala bangsa maka gue mau kasih kode referral yang bisa kalian dapatkan untuk diskon Rp 500.000

Aku baik, kan?

Ya yang baik RevoU sih sebenernya haha. Caranya gampang banget, di saat kalian mau isi form pendaftaran, cantumin aja nama gue (Intan Salamina) as your referrer. Kalau mau tanya-tanya dulu juga boleh DM instagram, email me: [email protected], atau message lewat Linkedin. *Untuk yg mau connect di linkedin bisa tulis di message ya, jadi gue bisa tau dan accept hehehe

Oke, lanjut ceritanya ya.

Empat hari kemudian, gue udh mulai orientation week, hari-hari gue dihiasi oleh Razi dan Matteo. Di minggu pertama ini adalah minggu yg paling menentukan, karena kalau gue nggak puas sama masa orientasinya, gue bisa aja cancel dan minta refund 100%.

Untungnya semua berjalan beyond my expectation, jadilah saya terjebak di kelas ini dengan mereka selama 3 bulan kedepan HAHA

belajar digital marketing di revou
Team 5 Highfive

Buat siapa sih Kursus Digital Marketing Online RevoU?

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, ikut kelas online digital marketing di RevoU juga cocok-cocokkan. Miriplah kayak nyari jodoh, kita nyari yang sevisi-misi, dan bisa support sama kehidupan yang kita pilih. So, menurut gue, ambil kelas ini kalau kalian adalah:

1. Jobseeker

Kayak gue. Sebenernya saat gue memulai kursus digital marketing itu gue masih full time kerja, namun memang sudah rencana untuk tidak melanjutkan kerja di bulan November. Jadi, gue merasa cocok banget untuk bangun skill beberapa bulan sebelum akhirnya jadi pengangguran, ya kan?

Kenapa gue bilang cocok untuk Jobseeker?

RevoU nggak cuma memberikan online course tapi juga ada fasilitas Job Guarantee seperti yang gue ceritain di awal. Terlepas nantinya kalian dapat Job Guarantee atau enggak, kalian tetap bisa mengikuti kelas bimbingan untuk mendapatkan kerja, RevoU Next namanya.

Di RevoU Next, kalian akan diajarkan untuk siap menghadapi hiring process, mulai dari pembuatan CV, nego gaji hingga masa orientasi pas pertama dapat kerja nanti. Nggak cuma itu aja, para jobseeker juga punya career coachnya masing-masing yang siap bantuin.

Seru banget gak siiih? mungkin akan dijelaskan lebih lanjut di artikel lain biar ga kepanjangan, cerita gimana akhirnya gue dapat kerjaan impian gue sebagai SEO/SEM Specialist kurang dari 2 bulan.

2. Business Owner

Sebenernya dari dulu gue selalu on-off untuk permasalahan dunia online shop, jadi begitu gue dapat materi dan insights selama di kelas, gue jadi terinspirasi buat ngeimplementasiin langsung ke kerjaan yang gue alami. Plus, kalau gue bingung gue bisa langsung tanyain selama kelas, diem-diem menyelesaikan problem pribadi HAHAHA.

Lumayan kan berasa konsultasi ke pakarnya gratis.

Alhamdulillahnya, gue berhasil mengimplementasikan pada online shop gue sendiri. Gue berhasil mendapatkan 400+ order dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan. Semua order datang dari social media paid ads, nggak ada akun instagram, gue cuma modal 1 landing page. Jujur ini awalnya cuma mau ngutak ngatik sendiri aja biar nggak lupa sama ilmunya.

Eh ternyata hasilnya lumayan juga buat modal nikah.

Doakan growing terus ya guyssss :’) *otw bikin akun instagramnya*

3. Yang Gatau Mau Ngapain

Daripada nyusahin emak-bapak, mending minta nyusahin sekaliiii lagi buat bayarin kursus ini, terus belajar yang serius.

Gue rasa Aloy masuk kriteria ini, hahaha. Nanti kalau dia baca, boleh deh klarifikasi langsung ya HAHA. Sewaktu RevoU pun dia ikut kelas data scientist di tempat kursus lain, padahal dia kerja full time. Tugas advance yang ga wajib selalu dikerjain, ketauan kan dia itu gatau mau ngapain sama waktu luangnya.

Ngaku aja deh Loy 🙂

Apakah RevoU adalah Pilihan Terbaik?

Tentu saja, gue agak khawatir dengan salah satu startup yang baru aja dibuat pada tahun 2018 ini.

Terus apa dong yang membuat gue yakin kalau RevoU bukan fake guru?

Preview materinya yang clear dan lengkap. Lalu pilihan instructornya yang merupakan penggiat digital marketing asli. Nah ini dia list beberapa instructor favorit gue di batch 3

1. Mas Ilman Akbar, SEO Lead at Glints

Sebenernya, awal gue tau Mas Ilman itu dari sebuah online course, beliau mengajar materi SEO for beginner. Dari situ, gue ngeliat cara ngajar Mas Ilman ini cocok dengan gue, mudah dipahami dan nggak ngebosenin.

Sayangnya, disitu belajarnya hanya satu arah dan gabisa nanya langsung. Udah gitu memang banyak hal-hal yang udah gue tau sebelumnya #sombong

Begitu tau Mas Ilman jadi salah satu instructor di RevoU, gue semangat banget. Materi yang diajarkan juga komprehensif, banyak best practise yang gue belum tau terutama dibagian technical SEO. Ternyata, SEO nggak melulu tentang keyword research dan keyword stuffing.

Mau tau lebih lanjut tentang Mas Ilman Akbar? Search aja namanya di google 😉

2. Teo Wijaya, Senior Growth Executive at RevoU

Lecture social media paid ads ini ngebuat gue semakin tertarik dengan performance marketing. Gue bisa ngebayangin hari-hari gue di masa depan akan berkutat dengan dashboard FB Ads Manager. Seru ngeliatin strategy yang direncanakan diimplementasikan lalu reportnya langsung keliatan.

Minggu social media ads ini berasa kurang sih bagi gue, kurang lamaaaaa, soalnya banyak hal yang masih mau gue “curi” dari Kak Teo. Ngajarnya juga paket komplit, nggak cuma sekadar setting account, ngeoperasiin ads manager dan sebagainya. Kalau cuma itu sih, tinggal nonton video free di youtube aja.

Di sini kita disuruh aktif untuk belajar mandiri, makanya hal2 teknis yang setting-menyetting itu seharusnya sekedar tutotialpun udah bisa. Nah kecuali ada hal lain yang butuh bantuan, bisa langsung ditanyain ke Team Leader atau tim RevoU.

3. Andrew, Head of Content Marketing (SEA) at iPrice Group

Instructor favorit selanjutnya adalah Kak Andrew di minggu content marketing. Materi yang memang sudah dinanti-nantikan dari awal. Gimana caranya bikin konten yang E-A-T dan juga menarik untuk khalayak umum. Sehingga secara sukarela mereka akan senang untuk membagikan ke networknya masing-masing.

Sulit sih untuk selalu bersemangat sepanjang kelas RevoU selama 3 bulan, di minggu content marketing ini adalah waktu dimana gue lagi exhausted banget. Ikutan kelas juga cuma nyalain laptop sambil rebahan, scrolling instagram, bahkan telfonan. Gak fokus.

Gue tau gue nggak harusnya gue ngelewatin kesempatan ini, untungnya Kak Andrew ngajarinnya super clear like a crystal. Gue cuma perlu nontonin recording lecture sebelumnya dan aktif nanya di lecture selanjutnya.

Dan tentu saja, bantuan Mas Rezky as a team leader sangatlah berguna huhu. So thankfull.

Sebenernya masih ada instructor favorit gue lainnya yaitu Mas Radhit, Social Media Lead di Tokopedia yang akhirnya jadi career coach gue. Gue belajar banyak mengenai cara handle social media secara organik. Berhubung dia career coach gue, diceritainnya ntar aja deh terpisah 😛

Kisah Kasih dan Suka Duka Selama Kelas Online

Inilah dia part terseru selama kelas online 3 bulan, berinteraksi dengan berbagai manusia di dalamnya.

Walaupun kelas ini dilakukan full online Senin-Jumat jam 7-9pm, jiwa-jiwa kami tak kuasa menahan gejolak ingin berjumpa. Walaupun nggak semua bisa kumpul sih, monmaap ada yg tinggal di Bali 🙁

Selama kelas kayaknya kita udah 3x offline meeting, ya nggak sih?

student at revou

Beruntunglah gue bertemu dengan teman-teman yang supportive dan seperjuangan. teman begadang ngerjain assignment sampai jam 3 pagi, kurang supportive apalagi coba?

Ya walaupun kebanyakan ghibahnya hahaha.

Dari mereka juga gue banyak belajar, mulai dari cara bikin podcast, ngatur time-management, sharing cara bikin website, rasanya kerja di startup, bisnis dan masih banyaaaaak lagi.

Materi yang Diajarkan Selama Batch 3

Selama 12 minggu, gue belajar berbagai hal mengenai digital marketing mulai dari landing page creation, Google Analytic, Socmed Ads, SEM, SEO, Content Marketing hingga CRM.

Materi dan kurikulumnya bisa aja berganti mengikuti perkembangan zaman ya bok. Seperti sekarang nih iklan TikTok sudah mulai banyak, dan di sini gue juga ngeliat banyak orang yang ‘gagal’ di TikTok lalu giving up.

Bisa aja di batch selanjutnya kalian akan belajar mengenai paid ads di TikTok bersama RevoU. Karena yang gue tau dan gue yakini, materi pembelajaran RevoU akan selalu up to date.

Di sini gue belajar buat membangun bisnis sendiri, bersama team 5 i (Highfive) gue mencoba membangun bisnis katering online yang dinamakan Kanebet. Dalam satu minggu, gue dan tim mampu mengumpulkan 30 leads dari Facebook Ads dan 58 leads dari Google Ads.

a good start, right?

landing page kanebet

Setelah belajar running campaign sendiri, gue dan tim ngelanjutin untuk creating digital presence secara organik melalui SEO dan social media organik. Di sini, gue yang ngaku blogger dari 12 tahun lalu dapat pembelajaran yang lebih mendalam.

Nggak nyangka, kesombongan gue ngaku-ngaku ahli SEO dan blog writing langsung terpatahkan. Pantes aja dua tahun lalu apply jadi SEO specialist bahkan content writer aja nggak keterima 🙂

Jangankan keterima, dipanggil interview aja nggak. Sekarang gue nggak lagi apply kerja aja dapat tawaran interview.

Terima kasih RevoU, mataku terbuka HAHAHA.

RevoU Review + Feedback

Jadi, gimana pengalamannya setelah menjalani kursus online digital marketing bersama RevoU?

Buat gue, ini adalah investasi terbesar dan terbaik yang pernah gue lakukan. Bayangin aja, di tengah pandemi gue malah rela mengeluarkan 15 Juta rupiah untuk online course selama 3 bulan.

Psst, buat kalian yang sukanya cuan mungkin kalian akan suka fakta ini.

Nyatanya, kurang dari setahun, gue udah balik modal dan untung 2x lipat. Kok bisa? Ya tentu aja bisa.

Saat menjadi student di RevoU, gue networking sama orang yang kerja di digital agency, dan begitu tau gue blogger, gue diajak kerjasama untuk campaign launching brand klien dia. Ada cuan.

Setelah lulus dar RevoU gue terpilih menjadi team leader di batch 4, di sini gue itungannya part time/freelance/you-name-it. Ada cuan.

Lalu, gue ikut program RevoU Labs dimana gue bisa “magang” atau kalau kata Razi, apprenticeship di sebuah perusahaan untuk mengimplementasikan apa yang udah gue pelajari. Ada profit sharing, alias cuan.

Setelah batch 4 selesai, gue kembali ditawarkan menjadi team leader di batch 5. Ada cuan.

Begitu gue udah mulai fokus nyari kerja di bulan Januari 2021, pertengahan bulan Februari gue udah masuk kerja. Ada cuan.

Udah cuannya?

Belom.

Gue bisa bagiin kode referral untuk calon student RevoU, kalian dapat cashback 500 ribu, gue dapat fee 500rb. Kamu cuan, Aku cuan.

Terus ada nggak feedback untuk RevoU? Tentu saja ada. Beberapa poin ini adalah kegelisahan yang gue alami dan gue rasa mungkin bisa membantu student di batch berikutnya:

  • Kerjasama dengan perusahaan lain untuk ngadain carreer day biar student bisa internship dan barangkali di-hire, jadi kayak ada hari dimana perusahaan dan student dipertemukan. Miriplah kayak perjodohan hahaha.
  • Revoulabs biar lebih variatif dengan stream lain, ga cuma performance marketing. Sehingga student yang mau belajar SEO, socmed marketing atau CRM bisa implementasikan ilmunya juga dan menjadi portofolio yang menarik ketika mencari kerja.
  • Sharing tentang student yang mau jadi freelance di RevoU Next, misal pembahasan rate card, platform, dsb.

Kalau kalian punya concern seperti feedback dari gue, bisa langsung ditanyakan ke admission teamnya, siapa tau mereka udah update kurikulum dan programnya.

Baiklah sekian review gue selama belajar online marketing bersama RevoU. Semoga dengan gue share pengalaman ini, kalian bisa semakin yakin dengan pilihan kalian.

Harapannya kalian yang masih bingung untuk ikut kelas atau penasaran kelasnya akan seperti apa, bisa sedikit punya gambaran. Gue paham banget rasanya berada dikegalauan untuk meyakinkan diri lanjut atau enggak, dan di internet infonya masih dikit banget!

Masih ada yang ingin ditanyakan? DM aja di instagram biar fast respon. Kalau kalian bener-bener serius nanti gue bisa kasih referral biar peluang masuknya lebih gede plus DISKON 500 ribu.

Jadi, siapa mau jadi student RevoU next batch?

2 Comments

  • Bagas
    Posted April 10, 2021 at 12:46 pm

    Wah seangkatan sama bang nadif dan bang willy ya?

    Reply
    • Post Author
      insalamina
      Posted April 14, 2021 at 3:57 pm

      yes bener banget!

      Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.