Resolusi Tanpa Wacana, Bagaimana Caranya?

Nggak berasa sudah berada di penghujung tahun 2017. Sudah siap dengan resolusi tahun 2018? Resolusi udah jadi kegiatan rutin setiap menjelang akhir tahun, demi menyambut tahun depan dengan lebih produktif dan gemilang bak kilauan kembang api. Begitu pun gue, demi kualitas diri yang lebih baik, gue menargetkan diri gue dengan resolusi-resolusi yang gue buat.

Sayangnya, nggak jarang juga resolusi menjadi wacana karena satu dan banyak hal. Siapa nih yang resolusi tahun 2018 nya adalah resolusi tahun 2017 yang belum tercapai, yang sudah direncanakan sejak 2016? Jiaah. Apa iya masih mau begitu terus? Sekarang waktunya kaji dan rombak ulang resolusi mu. Yuk siapkan kertas!

Apa resolusi tahun 2018 kalian? ini adalah resolusi tahun 2018 versi gue dan cara mewujudkannya

Resolusi Gue untuk Tahun 2018

Ada banyak hal yang ingin gue lakukan. Kalian bingung mau mulai menulis resolusi darimana? Mungkin bisa simak resolusi gue, semoga aja menjadi inspirasi atau kalaupun tidak, setidaknya tulis aamiin di kolom komentar ya ahahhaha.

1. Meraih Gelar Sarjana dan Wisuda

Impian gue yang satu ini wajib banget tercapai, gue sudah bersiap melanjutkan fase kehidupan gue yang baru selepas menjadi mahasiswa. Gue harus mulai untuk konsisten, tidak menunda-nunda, on time dengan deadline dan yang pasti menuntaskan apa yang telah gue mulai. Mulai dari saat ini gue lagi sering-seringnya begadang, belum lagi saat masuk masa studio nanti, wah bisa jadi gue tidak mengenal kata tidur. Berharap badan ini kuat menghadapi semua perjuangan meraih gelar Sarjana Doakan aku kawan.

Apakah ada dari kalian yang sampai jatuh sakit saat berjuang untuk lulus kuliah? Kalau ada, jangan lupa untuk segera mengonsumsi vitamin untuk memulihkan kondisi tubuh setelah sakit ya. Aku perhatian, kan?

2. Explore Negara yang Belum Pernah Dikunjungi

Setelah di tahun ini berhasil mengunjungi Brunei, Vietnam, Cambodia dan Thailand sebagai negara baru yang didatangi, tahun depan gue ingin menambahkan lebih banyak lagi!

Gue masih memiliki cita-cita untuk perpanjang paspor karena sudah penuh bukan karena sudah habis masa berlakunya. Jadi gue harus tetap jalan-jalan hahaha, biar ada hal yang baru dan memberikan excitement gue menargetkan diri gue untuk mengunjungi satu negara yang belum pernah gue kunjungi. Yang jelas, gue menargetkan di Benua Asia. Bukan karena gue gak pingin ke Yurop (baca: europe), tapi lebih memungkinkan gue beli tiket pesawat ke negara di Asia.

Walau begitu, gue sangat terbuka kok dengan undangan ke Europe, asal dibayarin. He he he.

3. Snorkeling atau Bahkan Diving!

Semasa menjalani perkuliahan, gue lebih sering melakukan aktivitas pendakian gunung. Lalu beberapa waktu lalu, gue mencoba untuk bermain dibawah permukaan laut, yaitu ke Pulau Tidung dan Pulau Harapan. Nyatanya, gue jatuh cinta juga sama aktivitas underwater.ย  Gue rasa, di tahun 2018 gue harus menumbuhkan bibit-bibit cinta pada aktivitas underwater.

Gue masih memiliki bucket list yang sudah direncanakan dari tahun 2013 tapi belum kesampaian sampai sekarang, yaitu berenang di laut Lombok. Iya, lama banget ya bucket list nya. Semoga resolusi gue beraktifitas di air akan menghantarkan gue ke timur Indonesia, khususnya Lombok. Hmm, atau kalian ada yang mau nemenin guys? Gue berencana untuk liburan ke pantai dipertengahan tahun, karena pada saat itu, laut lagi tenang-tenangnya, dan cuaca lagi bagus-bagusnya.

4. Update Post Seminggu Sekali

Ini nih agak berat, tapi harus diseriusin. Apalagi gue yang udah bertekad menseriuskan blog ini. Demi terbantunya para backpacker gembelita ku. Kalau kamu membaca ini di tahun 2018 dan saya belum update post baru dalam seminggu, tolong ditegur ya :’)

Selain post seminggu sekali, gue juga berniat menambahkan satu topik tambahan, yaitu o mdpl. Dimana kalian bisa menemukan catatan perjalanan, itinerary, maupun cerita pengalaman pribadi saat gue jalan-jalan ke pantai.

5. Explore Changi Airport

Walaupun gue udah ke Singapura sebanyak empat kali, tapi gue belum pernah berhasil mengeksplorasi semua fasilitas yang ada di Changi Airport. Gue rasa seru banget ya kalau bisa eksplor bandara nya aja hehe. Apalagi sekarang udah ada terminal 4 yang baru dan serba modern itu. Eksplorasi bandara di Changi juga bisa menjadi konten dan menunjang resolusi gue nomor 3 kan! hahaha

Ada yang udah pernah eksplorasi Changi Airport dan mencoba berbagai fasilitasnya? mari kita sharing di kolom komentar! Atau mungkin ada yang punya resolusi yang sama juga? Yuk lah kita ke Singapur bareng, mumpung ada tiket murah nih untuk tahun depan.

Cara agar Resolusi Tak hanya Wacana

Seperti yang udah gue bilang diawal, emang nyebelin kalau ternyata resolusi tahun baru hanyalah wacana belaka yang merupakan resolusi dari tahun sebelumnya. Agar resolusi mu terwujud dan terciptanya resolusi baru tiap tahunnya, gue punya beberapa tips yang bisa kalian simak:

1. Mencatat dan menempelkannya di dinding kamar

Hal paling utama adalah menuliskannya. Percayalah, kamu harus menuliskannya diatas selembar kertas. Bukan di notes handphone, apalagi di notepad laptop. Kedua cara terakhir boleh kamu lakukan setelah kamu menuliskannya diatas kertas sebagai pengingat. Kekuatan emosi yang dituangkan akan berbeda jika menulis dengan tangan dibanding mengetiknya. Jadi, coba sekarang ambil secarik kertas dan pikirkan apa resolusi yang ingin kalian capai di tahun 2018?

resolusi tahun 2018

Setelah menuliskannya, jangan lupa untuk tempel di dinding kamar ataupun ditempat yang sering kamu lihat. Jika kamu sering berpegian, taruhlah di dompet. Gambar kotak kecil di samping resolusi kamu, sehingga saat kamu sudah mencapainya kamu bisa memberikan centang atau mencoret resolusi tersebut. Percaya deh, efek mencentang atau mencoret itu sungguh menyenangkan. Ada kepuasan sendiri dan kepercayaan diri bahwa kita berproses mencapai resolusi tersebut.

2. Fokus pada beberapa resolusi yang memungkinkan dicapai

Resolusi mu nggak ada yang tercapai? Coba perhatikan kembali resolusi mu. Mungkin saja resolusi yang kamu tulis merupakan mimpi pencapaian dalam hidup. Ingat, saat ini kamu hanyalah menulis resolusi untuk tahun 2018. Artinya, resolusi itu harus bisa diwujudkan dalam satu tahun ke depan sebelum tahun 2019 datang.

3. Bersifat obyektif

Poin nomor 2 bukan berarti kamu tidak boleh memiliki resolusi yang tinggi atau besar. Boleh saja, asal kamu yakin bisa mencapainya. Tuliskan resolusi yang obyektif (yang mudah diukur). Apa jadinya kalau resolusi kamu tahun depan adalah, menjadi lebih pintar? Seberapa pintar? Bukan berarti tidak boleh memiliki resolusi menjadi lebih pintar. Tapi apa tolak ukurnya? Mendapat nilai 100 pada ulangan? Menjadi ranking 1? Atau menang lomba?

Sehingga kamu dapat dengan mudah mengetahui saat dimana kamu telah menggapai mimpi tersebut.

4. Buat rincian (misi) untuk mewujudkannya

Setelah menuliskan resolusi, sekarang saatnya menuliskan misi yang harus dilakukan menuju mimpi tersebut. Kalian boleh menuliskannya di buku/kertas lain. Gue pribadi punya buku jurnal yang isinya misi menuju menggapai mimpi. Walaupun tidak semuanya terlaksana, tapi gue lebih bisa memetakan mimpi gue dan tau kapan harus beralih kapan harus bertahan.

Jadi deep gini ya.

Misal nih, gue beresolusi untuk update blog post setiap seminggu sekali. Maka, gue akan mulai menuliskan ide-ide untuk menulis artikel. Hal ini untuk menghindari gue kehabisan konten di masa mendatang. Lebih baik lagi kalau gue sudah menuliskan draft tulisannya, atau malah meyelesaikannya. Sehingga gue bisa melakukan schedule post dan nggak perlu khawatir untuk kelupaan ngupdate.

5. Tetap Jaga Kesehatan

Jangan sampai sakit menjadi alasan tidak terciptanya resolusi mu. Kita tidak akan tahu kapan kesempatan mewujudkan resolusi akan datang. Pastinya kita harus selalu siap untuk mewujudkannya. Siapkan raga yang sehat. Selalu sedia Multivitamin Theragan-M dimanapun kamu berada.

Kalau sakit jangan lama-lama supaya kamu bisa kembali menjalankan aktivitas seperti biasa. Semenjak mengenal Theragran-M, gue selalu merekomendasikan Theragran-M sebagai vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan. Terbukti sewaktu temen gue ada yang sakit demam berdarah dan akhirnya cepat pulih. waw ๐Ÿ˜‰

Kenapa harus Theragran-M?

Theragran-M adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan dan juga vitamin untuk mengembalikan daya tahan tubuh setelah sakit. Multivitamin ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh saat masa recovery.ย Jadi, sakit jangan kelamaan ya, makan yang teratur dan dibantu oleh multivitamin andalan gue.

Kalian bisa mendapatkan produk ini di apotek terdekat, 1 strip terdiri dari 4 tablet. Ohiya, produk ini juga ada logo MUI yang berarti sudah terjamin halal. Cukup konsumsi 1 tablet sehari setelah makan.

6. Apresiasi Diri Sendiri

Jika kamu sudah mencapai salah satu resolusi mu, jangan lupa untuk mengapresiasi diri sendiri. Bentuk apresiasi diri bisa beragam, misal me time, days off atau pun nge-youtube seharian haha. Apresiasi diri penting untuk memberikan semangat pada diri sendiri, apalagi kalau tidak ada yang nyemangatin kan huhu.

Punya tips tambahan agar resolusi tidak hanya menjadi wacana? Yu tulis di kolom komentar. Sharing is caring.

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan olehย Blogger Perempuan Networkย dan Theragran-M.

19 Comments

  1. Dape December 5, 2017
    • insalamina December 6, 2017
  2. tofa December 6, 2017
  3. Ellyvia December 8, 2017
    • insalamina December 8, 2017
  4. Rahma Liasa Zaini December 8, 2017
    • insalamina December 8, 2017
  5. April Hamsa December 8, 2017
    • insalamina December 8, 2017
  6. Anggarani Ahliah Citra December 8, 2017
  7. ayunovanti December 9, 2017
  8. Muthi December 9, 2017
    • insalamina December 10, 2017
  9. Rahayu Pawitri December 10, 2017
  10. antung apriana December 11, 2017
    • insalamina December 11, 2017
  11. Prima Hapsari December 13, 2017
  12. Nissa AMS December 14, 2017
    • insalamina December 15, 2017

Leave a Reply