Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Liburan Musim Dingin di Korea Selatan

Sebelum mempersiapkan kebutuhan traveling saat musim dingin di Korea, ada baiknya kamu sudah melakukan pengurusan aplikasi visa korea selatan.

Kan syedih aja gitu, udah siapin ini-itu taunya visa ditolak 🙁

Jadi, udah siap untuk liburan musim dingin di Korea? Mantap, mari kita lanjutkan.

Di sini mau bahas fokus ke persiapan musim dingin nya ya, untuk Tips mendapatkan tiket pesawat murah bisa di cek di artikel terpisah hehe.

1. Budgeting selama liburan dan Itinerary

Agar bisa menentukan kisaran budget yang dibutuhkan, hal yg harus dilakukan adalah menyusun itinerary. Kegiatan apa saja yang ingin dilakukan selama liburan di Korea.

makanan khas korea

Kalau masih bingung, kalian boleh mencontek itinerary yang gue buat untuk 6 Hari 5 Malam. Tuliskan saja email kalian di kolom komentar ya.

2. Hunting Coat winter di Jakarta / Alternatif sewa

Bisa sewa melalui aplikasi Prelo atau cek ig @4RentJKt, gue sempet mau sewa di sana karena pilihannya lumayan banyak. Sayangnya, semua yg gue tanyakan coatnya tidak available untuk jadwal keberangkatan gue huhu. Memang sebaiknya sewa baju musim dingin dilakukan jauh-jauh hari.

pakaian musim dingin winter

Bagi yang sudah pernah liburan musim dingin mestinya tidak begitu berat, tapi untuk yang pertama kali melakukan perjalanan musim dingin maka agak boncos juga nih kak di perlengkapan musim dinginnya.

Coat termutah yg gue temukan merk H&M Divided harganya Rp 599.000. Gue pribadi lebih merekomendasikan beli di tempat-tempat seperti H&M, Pull and Bear, Stradivarius, Zara. Range harganya kisaran 600-1.5juta. Gapapa mahal dikit tapi jelas baru dan kualitasnya oke punya.

Dibanding maksain ke tempat-tempat murah kayak plaza semanggi, barangnya stok lama, harganya pun tetap di kisaran 500rb an ke atas. Namun, bagi yang jago menawar, mungkin kalian bisa beruntung di sini.

3. Baju Longjhon, Heatech, Legging Thermal

Menurut beberapa orang wajib untuk menggunakan baju themal selama musim dingin terutama jika kalian ingin main di area salju. Heatech fleece turtle neck bisa beli di Uniqlo. Saat promo harganya 99rb aja, normal price nya 149rb. Buat ganti-ganti gue beli 2pcs

baju winter korea selatan

Gue juga beli jaket fleece bulu lembut dengan size anak kecil! karena harganya jadi cuma 50% size dewasa, bersyukur punya badan agak mini. Jaketnya asli menghangatkan dan bisa gue jadiin coat juga. Harganya 199.000

Beli syal tebal di H&M seharga Rp 149.000 beli nya juga pas udah mau ganti season, jadi diskon cuma Rp 100.000

Legging Thermal gue beli di Shopee kisaran 53rb-78rb. Gue merekomendasikan legging thermal berbahan fleece (bulu) karena bahannya lebih tebal dan hangat.

Niatnya mau beli longjhon, tapi berhubung budget sudah ngepress, jadi memilih untuk mengandalkan legging thermal dan heatech saja lalu dilapis dengan baju-baju lain. Aku tetap survive, alhamdulillah.

Selain semua perlengkapan di atas, gue juga beli hoodie agak panjang di hardware Rp 248.000 untungnya diskon jadi cuma Rp 198.000

4. Aksesoris Pendukung Musim Dingin di Korea (Gloves, Bennie Hat)

Beli di Hnm harganya 149.900, tips nya adalah manfaatkan kode promo, rewards dan sebagainya. Gue beli bennie hat pake rewards dari grab 50rb, trs minta ke Kak Dape poin nya dituker voucher HnM 50rb juga. Jadi gue beli bennie hat cuma 49.900 hehe

perlengkapan musim dingin

Nggak taunya, pas mendekati hari H keberangkatan (Januari akhir) pakaian musim dingin udah pada on sale, jadi lah bennie hat gue kemarin harganya turun jad Rp 80.000 waw agak menyesal ya beli duluan.

Beli kaos kaki berbahan tebal bukan katun, gue pilih yg bahannya campuran nylon dan lycra. Maunya yg wool tapi mahal ah males HAHAHA. Harga nya Rp 64.900. Juga beli sarung lengan hingga ke telapak harganya Rp 30.000an

Sepatu boots yang lebih ke fashun aja dibanding manfaatnya HAHA. ganjen ya saya.

5. Penginapan Nyaman dengan Fasilitas Portable Wifi

Jangan cuma asal pilih penginapan instagramable, tapi pastiin juga surrounding dan fasilitasnya. Saat gue mencari penginapan murah di Korea Selatan, gue menemukan banyak sekali host yang menyediakan portable wifi untuk tamu nya.

Jadi, alangkah baiknya kalian juga memperhatikan hal ini. Lumayan banget menghemat untuk masalah internet. Rata-rata kuota yang disediakan juga unlimited dengan syarat FUP 1-2GB/hari.

Kalau hanya untuk whatsapp, maps, google dan sedikit instastory sih sangat cukup!

6. Simcard/Wifi Jika Penginapan Tidak Menyediakan

Jika kamu memutuskan untuk menginap di hotel/hostel/tempat penginapan lain yang tidak menyediakan portable wifi. Maka, kamu harus menyiapkan sendiri simcard/wifi portable.

Gue sangat merekomendasikan untuk membelinya atau menyewa nya dari Indonesia. Ada beberapa provider yang melayani pengambilan barang di Airport baik di Soekarno Hatta (Jakrta) ataupun di Bandara Seoul, Korea.

Simcard Korea Selatan juga bisa kalian dapatkan di berbagai marketplace, harga nya juga beragam tergantung paket untuk berapa hari.

7. Beli Tiket Wisata Seoul di Indonesia

Gue lebih memilih untuk beli in advance, selain ajang menabung juga bisa menghemat dan lebih praktis. Tiket wisata di Korea bisa dengan mudah dibeli di berbagai marketplace, contohnya Traveloka dan Klook.

Tiket wisata dari kedua platform di atas bisa lebih murah dibanding kalau kita beli langsung di sana. Selain itu, nggak jarang platform-platform tersebut memberikan promo tambahan. Jadi, sering-sering cek aja ya.

Leave a Comment

0.0/5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.