Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Annyeonghaseyo Korea, Pengalaman Pertama Menggigil di Negara Oppa

Seru bingit anjis. Cerita perjalanan Korea Selatan selama 6 Hari 5 Malam. Kalau kamu sudah baca artikel mempersiapkan liburan musim dingin ke Korea, berarti kamu siap melanjutkan baca itinerary Korea Selatan gue di artikel ini.

Buat yg mau nyontek itinerary ke Korea Selatan silahkan tulis email kalian di kolom komentar, nanti akan gue kirim itin ala gue ya! Biar lebih enak ke sana kemari nya gak ada yg bolak-balik.

Itinerary gue meliputi semua kegiatan di bawah ini.

Makanan yang Wajib Dicoba Jika Ke Korea Selatan

Terkenal dengan mukbang maka gak afdol kalau ke Korea tidak nyobain berbagai makanan khas nya. Dari sekian banyak makanan unik Korea, ini dia sebagian list makanan yang wajib kalian coba selama perjalanan ke Korea:

1. Mencicipi Gurita Hidup

gurita hidup makanan khas korea selatan

Sebagai traveller yang memiliki jiwa menyatu dengan lokal, maka gue memberanikan diri untuk mencoba makan gurita hidup-hidup. Pergi lah kami menuju Gwangjang Market di pagi hari dengan semangat untuk sarapan ekstrem.

Gwangjang Market kala itu lumayan sepi, entah karena isu virus Corona lagi hangat-hangatnya (kasus di Korea ada 2 orang) atau mungkin karena masih pagi aja.

makan gurita hidup di Korea Selatan

Gurita hidup ini memang lumayan merogoh kocek, harganya 15.000 Won atau setara Rp 198.000 untuk satu ekor. Kita bebas untuk memilih gurita mana yang akan kita santap, bahkan Ibu yang jualan ini pun seperti sudah tau kami akan norak, dia dengan pede nya memamerkan gurita untuk kita foto.

Tanpa basa basi, sang gurita disiram bumbu rahasia yang gue asumsikan kecap asin, terus dipotong kecil-kecil, lalu dihidangkan di meja kami dengan badan yang masih menggeliat.

2. Mencoba BBQ ala Korea

Trend makan daging bakaran ala Korea emang udah hits dari dulu, bahkan di Bandung pun ada Cafe ala Korea dengan sistem BBQ. Ada banyak banget pilihan tempat makan BBQ di Korea. Paling murah menu nya yang daging babi, tapi saya kan orang kaya ya, jadi belinya yg sapi aja deh.

bbq ala korea

Gue mencoba BBQ di daerah Hongdae, nama restorannya lupa HAHAHA. Rata-rata di sini kalau makan minimal pesan 2pax, nah untuk set di atas per orang sekitar KRW 12.500. Tentu saja makan nya pakai nasi, dan dagingnya extra banyak sampai bingung cara ngabisinnya.

3. Ayam Goreng BHC

Nyobain di cabang Myeongdong, rame banget antriannya sampe keluar-luar padahal di luar dingin banget sampe dibawain portable heater sama owner nya.

ayam goreng korea bhc
ayam goreng korea BHC

Memang agak disarankan untuk datang ke sini saat bukan jam makan, untuk menghindari keramaian. Umumnya orang Korea menikmati ayam goreng dengan minum Soju, berhubung gue orang Indonesia, jadi makan ayam nya sambil makan nasi. Gak deng, gue minum air putih aja 🙁

Pokoknya jangan remehkan ayam goreng Korea.

Jangan Lewatkan Wisata Seru Korea ini, Dijamin Worth it.

Sebenernya banyak banget tempat wisata dan aktifitas yang bisa dilakukan di Korea. Kali ini kita berfokus pada tempat-tempat yang wajib dikunjungi di Seoul dan sekitarnya saja ya.

1. Bermain Ski di Vivaldi Park Snow

itinerary korea selatan

Salah satu pengalaman tak terlupakan yang tidak akan disesali. Pertama kali liat salju dan langsung main ski.

Sangat direkomendasikan untuk kalian ambil kelas ski untuk beginner nya juga, guide nya fasih berbahasa inggris dan pinter banget ngajarinnya, udah gitu ganteng pula. Aku kan jadi semangat ya.

Pengalaman main ski ini rasanya seperti throwback ke pengalaman tak terlupa lainnya, yaitu naik balon udara di Cappadocia, Turki. Harga nya memang lumayan pricey, sekitar ± Rp 1 juta tapi percayalah worth it banget!

main salju di korea selatan
ski di vivaldi park korea selatan

Gue beli paket open trip dengan titik penjemputan di Stasiun Hongdae. Berangkat jam 7 pagi di saat masih gelap gulita, lalu bareng-bareng naik bis dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Bener-bener kayak perjalanan Jakarta – Bandung.

Main Ski sepuasnya hingga jam 4 sore, lalu berkumpul lagi untuk pulang bersama dengan bis yang sama. Bukannya kembali ke Hongdae, Gue dan Acid malah milih turun di Myeongdong, buat belanja!

Emang jiwa jastip kami menggelora sekali selama di sana.

2. Melihat Kota Seoul dari N Seoul Tower

Observatory deck N Seouk Tower

Gue sangat menyarankan untuk menggunakan bis dibanding Cable Car, selain lebih murah, juga bisa lebih cepat sampai!

Di dalam observatory deck N Seoul Tower kalian bisa mengirimkan postcard ke seluruh penjuru dunia. Cuman memang hanya tuhan dan tukang pos aja yang tau kapan postcard nya akan sampai.

3. Gyeongbokgung Palace

Gyeongbokgung Palace

Memang beruntung sekali gue datang ke Gyeongbokgung Palace saat hari tahun baru Korea atau Seollal. Semua pengunjung bebas mengunjungi istana tanpa biaya alias gratis hehe. Pada hari normal kalian cukup membayar 3.000 Won.

4. Nami Island

Cara menuju Nami Island Korea

Ada beberapa cara menuju Nami Island dari Seoul, salah satunya adalah menggunakan Kereta bernama KTX. Tiketnya bisa dibeli online melalui website Letskorail.com Harganya untuk sekali jalan sekitar Rp 70rb. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam.

Kalian juga bisa membeli Korail Pass jika melakukan perjalanan berkali-kali ke berbagai tempat yg jauh.

Sediakan waktu satu hari penuh untuk mengeksplor tempat wisata di sekitar Pulau Nami.

5. The Garden Morning Calm

tempat wisata di nami island

Sesungguhnya sebelum ke The Garden Morning Calm, kami berencana untuk mengunjungi Petite France yang memang terkenal itu. Hanya saja ada drama kelewat jadwal shuttle bis dan menunggu bis selanjutnya tanpa harapan.

Bener-bener mirip episode Spongebob yang nyasar sambil nungguin bis.

Akhirnya setelah menghitung waktu matang-matang, kami memutuskan untuk mengunjungi The Garden Morning Calm, sebenernya dengan sedikit bujukan dari gue juga. Gue berusaha meyakinkan Acid untuk udah ke The Garden aja hahaha.

the garden morning calm nami island

Biaya masuk The Garden Morning Calm sebesar KRW 9.500, sampai di sana sore hari menjelang maghrib. Suasana tempat wisata nya sepi banget!

Nah menurut google, waktu terbaik ke sana adalah malam hari karena akan ada lampu-lampu yang menyala hanya di musim dingin. Sayangnya, tiket kereta balik ke Seoul kita jam 7 malam, jadi mau gak mau kita harus kembali ke Stasiun Gapyeong sebelum itu. Sedangkan perjalanan dari The Garden Morning Calm itu jauuuh banget, sekitar 30 – 45 menit.

Tempat Belanja Barang Murah di Seoul, Surga nya Jastip

1. Myeondong Shopping Centre

Myeondong merupakan sebuah kawasan yang paling terkenal dikalangan turis, apalagi turis dari Indonesia ya. Mau cari skincare hingga street food pun ada. Hampir semua yang khas dari Korea Selatan ada di Myeondong.

2. Myeondong Underground

Pusatnya beli kaos kaki motif lucu-lucu dengan harga murah! Ini adalah salah satu barang best seller saat membuka jastip. Setiap akun jastip Korea pun sering jual kaos kaki lucu ini. Kalian bisa menemukan di setiap sudut Myeongdong underground. Nggak ada toko rekomendasi karena semua nya sama saja, hanya menjual berbeda-beda karakter/motif.

Selain itu, di sini juga terdapat tempat jualan album K-pop. Salah satu kategori produk jastip yang laris.

3. Hongdae

Beruntungnya lokasi AirBnB gue selama di Korea berada di Hongdae, bisa puas belanja ke Hongdae setiap malam hehe. Lokasi nya juga mudah dicapai dari stasiun MRT.

Di sini kalian bisa menemukan berbagai toko yang menjual case hp, baju fashion korea, softlen, skincare, aksesoris anting cicin dan banyak lagi.

4. Lotte Plaza

Lokasi nya memang agak jauh dari tempat tinggal, tapi worth to visit juga untuk belanja. Di sini juga jual berbagai album K-Pop dengan merchandise yang lebih lengkap.

Berapa Biaya Liburan ke Korea Selatan?

Sewaktu gue menyusun Itinerary Korea Selatan, gue pastikan juga untuk harga-harga yg harus dikeluarkan jadi bisa ketauan butuh berapa banyak uang jajan dalam bentuk won.

1. Basic Needs: Pesawat, Visa, dan Hotel

Merupakan biaya yang harus dikeluarkan sebelum keberangkatan ke Korea Selatan, yaitu:

Tiket pesawat  Rp 4.195.000

Visa Korea Selatan Rp 196.000

Biaya Hotel/penginapan Rp. 1.529.714 untuk 5 hari 4 malam

2. Tiket Wisata / Atraksi

  • Ski Rp 1.017.522
  • Korail Nami PP Rp 140.000
  • N Seoul Tower Rp 60.122
  • Entrance Nami KRW 13.000
  • Entrance The Garden Morning Calm KRW 9.500

Total Biaya Rp 1.492.144

3. Perlengkapan Musim Dingin

Perlengkapan musim dingin relatif banget buat masing-masing orang. Temen gue ga butuh ngeluarin duit untuk ini karena memang udah siap, punya barang-barang tersebut. Sedangkan gue butuh beli ini-itu, karena terakhir jalan-jalan musim dingin udah 9 tahun lalu.

pakaian musim dingin

Biaya beli perlengkapan nggak gue masukin untuk biaya liburan ke Korea Selatan, bisa kalian sesuaikan sendiri, dan untuk tips nya cek artikel persiapan musim dingin ke Korea Selatan yang pernah udah gue tulis.

4. Uang Jajan untuk Makan dan Biaya Tak Terduga

Biaya sekali makan di Korea sekitar 7.000 – 13.000 won, tergantung sedang berada di tempat turistik atau tidak. Demi penghematan, untuk sarapan kami biasanya beli makanan di minimarket 7eleven atau CU berupa mie instan, kimbap dan Onigiri.

  • Sewa locker KRW 6.000
  • Makan KRW selama 5 hari KRW 71.867
  • Jajan KRW 17.983

Total Biaya KRW 95.850 atau setara Rp 1.169.370

5. Portable Wifi / Simcard

javamifi portable wifi korea

Unlimited kuota dari JavaMifi seharga Rp 525.000 bisa untuk ramai-ramai, kalau diasumsikan dengan trip gue kemaren per orang kena Rp 175.000. AirBnb gue nyediain free portable wifi juga, jadi bisa kita anggap gratis aja untuk urusan internet.

6. Transportasi Kereta Selama di Korea

  • Beli Kartu KRW 4.000
  • Top Up KRW 35.000
  • Cable Car KRW 7000

Total Biaya KRW 46.000 atau setara Rp 561.200

7. Oleh-oleh atau Budget Jastip Jika Berkenan

Tempat-tempat yang umum untuk membeli oleh-oleh adalah berbagai macam skincare mulai dari Inisfree, MediHeal, Etude, dll. Toko-toko tersebut juga punya banyak promo khusus untuk turis, kalian tinggal tunjukkan paspor kalian saja.

Artbox juga bisa jadi alternatif untuk beli oleh-oleh, toko nya pun bisa ditemui dimana-mana. Artbox ini seperti toko serba ada kayak miniso ala Korea. Menjual berbagai pernak-pernik lucu nan menggemaskan.

tempat belanja di korea

Buat makanannya bisa cek ke store Honey Butter Almond di Myeongdong, snack satu ini super laris banget buat jastip. Jadi ya saya oleh-olehin saja.

Nah gue punya tips nih buat kalian yang mau ngasih oleh-oleh dengan biaya murah, kalian bisa beli snack di supermarket di Korea. Snacks apapun bahkan sekelas beng-beng yang cuma 2rb an aja udah bisa jadi oleh-oleh khas Korea. Tinggal cari yang produksi nya di Korea, selesai deh.

  • Masker dan skincare KRW 32.000
  • HBAF KRW 19.960
  • Artbox KRW 15700, kaos kaki KRW 4363
  • Lalamart KRW 7400

total oleh-oleh KRW 63.723 setara Rp 777.420. Nah sekian deh rekomendasi oleh-oleh Korea versi gue.

Oke, mari kita bahas sedikit mengenai jastip.

Budget jastip mungkin tidak akan gue share secara detail ya, sistem jastipnya pun lebih prefer yg DP dulu atau bayar lunas. Jadi nggak harus modal gede juga. Tapi untuk gambaran aja, omset jastip gue kemaren ± Rp 5 juta. Itu aku seorang ya, kedua temen ku yang lain beda-beda lagi omset nya hehe.

Profit nya? ya lumayan lah hehe. Kalau kalian ingin gue ceritakan pengalaman jastip nya bisa request di kolom komentar, mungkin gue akan tergugah untuk menuliskan artikel nya hehe.

Nah jadi total Budget ke Korea Selatan berdasarkan pengalaman gue kemarin adalah sebesar Rp 10.095.848 all in.

4 Comments

  • CREAMENO
    Posted March 31, 2020 at 11:32 am

    Wah ada BHC, itu brand favorit saya hihi, ohya menu paling terkenalnya purinkle boneless chicken dan maco-king nah kalau yang maco-king ini agak mirip sama ayam manis tapi gurih dan crispy 😀 maybe one day kalau ke Korea lagi bisa coba karena hampir semua orang kerabat yang datang ke Korea dan saya ajak makan menu itu pasti suka 😀

    Ditunggu cerita perjalanan berikutnya mba 🙂

    Reply
    • Post Author
      insalamina
      Posted March 31, 2020 at 9:11 pm

      emang enak banget sih huhu jadi kangen lagi, aku suka yg gurih dan crispy!

      Reply
  • Rohimah Melati
    Posted May 12, 2020 at 2:51 pm

    cara untuk kasih harganya kalau jastip itu gimana sih?
    misal harga kaus kaki 1000won. itu jualnya jadi berapa ya?
    ada rumusnya gak?

    Reply
    • Post Author
      insalamina
      Posted May 12, 2020 at 9:42 pm

      ini bebas sebenernya tergantung kesanggupan dan ketersediaan bagasi haha. Kalau aku kemarin 20% aja karena barangnya lumayan kecil bisa jastipin banyak. Untung yg harga dan size gede bisa lebih dimark-up lagi.

      Reply

Leave a Comment

0.0/5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.